3 Obat Herbal Paling Ampuh Untuk Atasi Kemandulan

Obat herbal untuk mengatasi masalah kemandulan disebut-sebut berkhasiat meningkatkan kesuburan pria. Banyak pasangan suami istri yang telah membuktikan khasiat obat herbal bahkan beberapa pasangan yang telah lama menikah tapi tidak kunjung memiliki anak akhirnya bisa hamil setelah secara rutin mengkonsumsi obat herbal.

Ada banyak jenis obat herbal yang umum digunakan mulai dari yang berbentuk kapsul, tablet dan bahkan beberapa obat tradisional seperti buah dan sayuran disajikan untuk mengatasi kemandulan pada pria.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Situs Family Doctor diketahui bahwa terdapat sekitar 15% pasangan suami istri yang mengalami kemandulan atau infertilitas. Dua per tiga dari kasus kemandulan tersebut disebabkan oleh pria atau kombinasi antara pria dan wanita.

Obat herbal untuk mandul

Pygeum tablet salah satu jenis obat herbal untuk atasi kemandulan. Foto: krippspharmacy

Kemandulan pada pria umumnya disebabkan oleh adanya kelainan pada organ reproduksi, bentuk dan jumlah sperma yang kurang, pengaruh obat, stres dan masalah kegemukan.

Untuk mengatasi masalah kemandulan tersebut saat ini ada banyak pilihan tersedia yang bisa digunakan pasien, bisa dengan menggunakan obat medis konvensional, penggunaan alat teknologi yang canggih atau bisa juga dengan penggunaan suplemen dan obat-obatan herbal.

Tetapi sebelum anda memilih jenis suplemen terbaik untuk meningkatkan kesuburan, anda sebaiknya ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui akar penyebab masalah kemandulan yang dialami.

Apakah ada masalah pada organ reproduksi atau kualitas sperma yang kurang bagus. Umumnya dokter akan memberi obat atau merekomendasikan jenis makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari untuk menyembuhkan masalah kemandulan yang dialami.

Jenis Obat Herbal Untuk Mengatasi Kemandulan Pada Pria

Sudah lama orang menggunakan obat herbal untuk mengatasi kemandulan. Meskipun saat ini sudah banyak terapis infertilitas konvensional, orang-orang masih sering mencari pengobatan alami untuk meningkatkan kesuburan mereka.

Berikut ini 3 jenis obat herbal paling ampuh yang umum digunakan kaum pria untuk mengatasi kemandulan dan masalah seksual lainnya.

Advertisement

1. Zinc

Disebut juga Seng, merupakan mineral yang sangat penting untuk metabolisme sel. Zinc diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, regenerasi sel dan produksi protein.

Menurut Dr Eric Yarnell, seorang dokter bidang Naturopati dan penulis buku Urologi Naturopathic dan Kesehatan Pria, “Seng adalah antioksidan yang berperan dalam fungsi reproduksi pria.”

Pria yang kekurangan seng cenderung memiliki jumlah sperma yang rendah dan volume semen yang sangat sedikit. Dengan meningkatkan kadar Zinc dalam tubuh, maka pria yang mandul kemungkinan bisa tertolong.

Zinc sangat membantu mengobati pria infertil dan membantu memperbaiki varikokel, pembuluh darah yang membesar di skrotum dan menyebabkan ketidaksuburan pria.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan seng sangat tinggi adalah tiram, daging, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu. Suplemen Zinc dalam bentuk kapsul, tablen dan permen juga sudah banyak dijual sebagai obat herbal alami.

2. Ginseng

Ada beberapa jenis ginseng yang terkenal yaitu Ginseng Siberia (Senticosus Eleutherococcus), dan Ginseng Amerika, Korea, dan Asia dari Genus Panax.

Eleutherococcus dan Panax memiliki unsur yang aktif dan sifat yang berbeda satu sama lain. Salah satu manfaat aktif dari ginseng ini adalah dapat meningkatkan kesuburan pria dan menyembuhkan pria yang mandul.

Panax umumnya digunakan untuk meningkatkan stamina fisik dan mental pria, serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut Dr. Yarnell, Ginseng Asia dapat meningkatkan jumlah sperma dan juga dapat meningkatkan motilitas sperma yang buruk.

Selain itu, Ginseng Asia juga dapat meningkatkan kadar testosteron secara alami sehingga berdampak pada gairah seksual yang meningkat. Bentuk ginseng yang umum dijadikan obat herbal untuk mengatasi kemandulan adalah teh cair dan kapsul.

3. Pygeum

Nama lain dari Pygeum adalah pohon prune Afrika, Pygeum Africanum dan Prunus Africana. Ramuan herbal ini digunakan untuk menyembuhkan pembengkakan prostat pada pria atau BPH, sebuah kondisi prostat yang membesar dan umum dialami pria berumur 40 tahun ke atas. Selain itu Pygeum juga biasa digunakan untuk mengatasi masalah impotensi dan infertilitas pada pria.

Pygeum mengandung unsur aktif seperti triterpen, asam ferulat, pitosterol dan tanin yang dapat mengurangi peradangan dan berinteraksi langsung dengan sistem metabolisme hormon pria.

Pygeum dapat membantu masalah kemandulan jika kondisi tersebut berhubungan dengan prostat dan impotensi. Pygeum umum digunakan dalam bentuk teh atau kapsul.

Jenis Obat Herbal Untuk Atasi Kemandulan Pada Wanita

Pola makan dan gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu utama terjadinya kemandulan pada wanita, selain karena adanya kondisi genetik atau kelainan pada alat reproduksi. Dengan memperbaiki diet dan gaya hidup banyak wanita yang dapat segera hamil dan melahirkan anak.

Selain menjalani gaya hidup yang sehat, beberapa wanita lain juga bisa sembuh dari kemandulan setelah mengkonsumsi suplemen alami atau herbal. Salah satu suplemen yang banyak dikonsumsi wanita mandul di Amerika Serikat adalah Fermented Cod Liver Oil yang bisa dibeli di Amazon.com.

Berikut ini beberapa obat herbal untuk wanita yang mengalami kemandulan, ingat untuk selalu berkonsultasi ke dokter sebelum membeli dan mengkonsumsi herbal-herbal tersebut:

1. Red Raspberry Leaf

Merupakan obat untuk meningkatkan kesuburan yang juga sangat baik digunakan selama masa kehamilan. Raspberry Leaf memiliki kalsium dan gizi yang tinggi dan merupakan tonik yang juga baik bagi rahim.

Raspberry Leaf tersedia dalam bentuk kapsul tapi bisa juga anda sajikan sebagai teh panas jika anda membelinya dalam bentuk daun.

2. Nettle Leaf

Nettle memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, berisi banyak klorofil yang sangat baik bagi kelenjar adrenal dan ginjal. Mengkonsumsi Nettle Leaf dapat mengurangi ketegangan dan menguatkan rahim.

Bahkan setelah kehamilan, herbal ini sangat berguna sebagai sumber nutrisi dan mencegah perdarahan karena kandungan vitamin K nya yang sangat tinggi.

3. Dandelion

Dandelion adalah jenis bunga yang sangat baik bagi kesehatan. Nama lain dari Dandelion adalah Randa Tapak, herbal ini mengandung vitamin A dan C serta banyak mineral. Bagian akarnya bermanfaat bagi hati dan daunnya dapat membantu membersihkan tubuh membuang racun.

4. Red Clover

Memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi dan mengandung banyak sekali jenis mineral yang dibutuhkan tubuh. Herbal ini diketahui dapat menyeimbangkan hormon dan mengembalikan kesuburan wanita.

5. Maca

Maca adalah tumbuhan yang sangat terkenal di seluruh dunia karena dapat meningkatkan kesuburan dan vitalitas pada pria maupun wanita. Saat ini Maca dapat diperoleh dalam bentuk bubuk maupun kapsul.

6. Vitex/Chaste Tree Berry

Obat herbal ini dapat membantu tubuh menjaga kelenjar hipofisis dan membantu memperpanjang fase luteal. Mengkonsumsinya secara teratur akan menurunkan prolaktin dan meningkatkan hormon progesteron yang dapat meningkatkan kesuburan wanita.

7. Natural Progesterone Cream

Kesehatan reproduksi wanita sangat berkaitan dengan organ dan kondisi hormon di dalam tubuh. Ketidaksuburan biasanya berkaitan dengan terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Hal ini terutama terjadi pada wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur yang akhirnya mengalami kekurangan hormon progesteron. Progesteron adalah hormon alami tubuh yang diproduksi saat seorang wanita memasuki masa ovulasi.

Menggunakan krim progesteron dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Saat ini ada banyak jenis krim progesteron yang bisa anda pilih. Gunakan yang terbaik atau konsultasi terlebih dahulu ke bidan atau dokter yang menangani.

Infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan hamil meskipun sudah menikah satu tahun dan aktif melakukan hubungan seks secara teratur tanpa alat konstrasepsi. Beberapa studi menunjukkan bahwa obat herbal adalah cara paling aman untuk mengatasi kemandulan pada pria dan wanita, selain faktor biaya yang terbilang murah juga sifatnya yang alami.

Jadi jika saat ini anda mengalami masalah dengan kesuburan dan ingin cepat mendapatkan anak, maka tidak ada salahnya anda mencoba beberapa obat herbal yang disebutkan di atas.


Komentar dan Tanggapan

  1. Gilang October 23, 2014
  2. euis handizah November 15, 2016

Tulis Komentar