Cara Memutihkan Wajah Dengan Air Beras

Lain kali saat Anda merebus beras untuk memasak nasi, pikir dua kali sebelum anda membuang air bekas cuci beras tersebut. Ternyata air beras kaya akan mineral dan vitamin untuk kecantikan kulit dan memutihkan wajah.

Para wanita jaman dulu telah menggunakan air beras selama berabad-abad untuk mempercantik rambut, wajah dan kulit mereka. Baca terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana air cucian beras dapat memutihkan wajah secara alami.

Apa Itu Air Beras?

Air beras dalam bentuk yang paling sederhana adalah air yang tersisa setelah digunakan untuk mencuci beras untuk memasak nasi. Air campuran beras dapat diencerkan dan bahkan difermentasi untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Air beras dapat digunakan untuk memutihkan wajah

Air beras dapat digunakan untuk memutihkan wajah

Air beras mengandung nutrisi yang dapat memperbaharui sel kulit bila digunakan untuk mencuci wajah. Tidak seperti produk perawatan wajah di pasar, menggunakan air beras adalah cara paling hemat dan ampuh merawat kulit dan memutihkan wajah.

Tidak banyak orang yang mengetahuinya memang, tetapi fakta ini telah dibuktikan oleh banyak riset. Studi mencatat bahwa air bekas cucian beras mengandung banyak nutrisi, antara lain 70% vitamin B3, 80% vitamin B1, 60% zat besi, 90% vitamin B6,  50% Fosfor, 50% Mangan, 100% serat, dan asam lemak esensial.

Selain itu, beras juga memiliki kandungan yang disebut oryzanol yang berfungsi membantu kulit menangkal radikal bebas.

Warna keruh pada air bekas cucian beras biasanya berasal dari kulit ari beras dimana kulit ari tersebut memiliki nutrisi seperti disebutkan di atas yang sangat baik bagi wajah.

Manfaat Air Beras

Air cucian beras telah digunakan sebagai salah satu pengobatan metode perawatan tubuh dari timur untuk menjaga kulit tetap lentur, menguatkan rambut dan memutihkan wajah.

Air sisa cucian beras memiliki beragam manfaat, antara lain :

Advertisement

  1. Menyembuhkan jerawat dan memudarkan noda hitam pada wajah
    Jerawat dan noda hitam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan remaja maupun orang yang beranjak dewasa. Khususnya wanita yang sedang mengalami masa haid akan mendapatkan banyak masalah tentang kedua hal tersebut. Untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa menggunakan air beras sebagai bahan cuci muka. Sedangkan untuk noda hitam Anda bisa menambahkan kunyit terlebih dahulu agar hasilnya optimal.
  2. Memudarkan warna belang dan mengencangkan kulit
    Tidak hanya menjadi obat jerawat alami, air beras juga dapat menyembuhkan permasalahan kulit belang sekaligus mengencangkan kulit. Tentu saja ini merupakan kabar gembira bagi orang yang sering pergi ke lapangan tetapi tetap ingin mempertahankan penampilan terbaiknya. Caranya cukup mudah, Anda bisa menggunakan kapas atau handuk untuk mengoleskan air cucian beras. Diamkan sekitar 20 menit dan lakukan hal tersebut secara rutin selama 2-3 minggu dan rasakan hasilnya.
  3. Mengatasi komedo membandel dan mengurangi keriput
    Komedo tampak seperti noda hitam yang kerap kali muncul di sekitar hidung. Hal ini cukup mengganggu bila Anda harus bertatapan secara dekat dengan lawan bicara.Selain itu, keriput di daerah mata juga dapat dikurangi dengan cara mencuci muka menggunakan air cucian beras. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menccuci wajah anda dengan air cucian beras dalam waktu yang lama dan teratur.

Langkah Mencuci Wajah Dengan Air Beras

Berikut ini beberapa resep cara menggunakan air beras untuk mencuci wajah.

Metode 1: Rebus air beras

Untuk membuat bahan facial wajah dari air bekas cucian beras, anda perlu merebus nasi seperti biasa. Setelah beras dibersihkan masaklah nasi tetapi dengan takaran air dua sampai tiga kali lebih banyak dari yang biasa anda gunakan.

Setelah nasi masak, saring sisa air. Air sisa berwarna putih dan mengandung nutrisi yang sangat banyak.

Saring air dan pisahkan dari beras. Simpan air tersebut dalam sebuah cangkir, penampakan air beras terlihat mirip susu.

Gunakan air tersebut untuk mencuci wajah atau merawat rambut anda. Simpanlah sisanya di kulkas dalam wadah tertutup. Air cucian beras ini bisa anda gunakan dalam satu minggu.

Metode 2: Metode cepat tanpa memasak beras

Cara kedua adalah menumbuk terlebih dahulu beras di dalam sebuah kain atau menggunakan alat lainnya untuk menumbuk. Setelah rata Anda bisa mencampurnya dengan air hangat dan diamkan selama 15 menit.

Pisahkan air dengan beras lalu gunakan air beras tersebut untuk membersihkan wajah dan kulit. Tunggu selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Langkah-Langkah Praktis Mencuci Wajah Dengan Air Cucian Beras

Selanjutnya, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan untuk mencuci wajah dengan air beras. Langkah pertama, Anda bisa memulainya dengan menyiapkan mangkuk dan memasukkan beras yang dimaksud.

Cuci bersih air yang pertama untuk menghilangkan zat kimia yang mengganggu. Jika tidak demikian, biasanya akan terjadi alergi atau infeksi ringan.

Langkah selanjutnya, tambahkan kembali air bersih dan rendam beras selama 30 menit. Setelah itu pisahkan antara beras dengan air rendamannya. Jadi Anda akan menggunakan air berasnya, bukan dengan beras secara bersamaan.

Mulai usapkan air tadi pada wajah Anda, usahakan untuk melakukannya secara merata. Setelah itu, beri pijatan secara halus pada bagian yang diolesi air beras untuk memastikan semuanya terkena secara merata.

Durasi untuk memijat wajah Anda usahakan tidak lebih dari 6 menit. Setelah itu diamkan selama 20 menit.

Terakhir, bilas wajah Anda dengan air bersih, usahakan bukan air hangat atau panas karena akan mengurangi manfaat air beras tersebut.

Keringkan bagian wajah dengan handuk yang diseka secara perlahan dan menepuk dengan halus. Hindari menggunakan handuk dengan kasar pada tempat wajah Anda karena akan memberikan iritasi ringan dan menghilangkan khasiat obat. Ulangi semua langkah secara rutin selama 2-3 minggu.

Jenis beras yang digunakan

Anda bisa menggunakan jenis beras apapun yang anda miliki seperti beras coklat, putih, merah, hitam, melati, atau apa pun yang Anda miliki.

Air Cucian Beras Sebagai Masker Wajah

Selain menggunakannya sebagai wadah cuci muka, beras juga bisa dibuat menjadi masker wajah. Masker ini bermanfaat untuk menghilangkan kotoran serta memutihkan wajah.

  • Cucilah beras dengan sedikit air.
  • Pisahkan antara beras dan juga airnya. Yang akan Anda gunakan adalah air beras tersebut. Simpan beberapa saat sembari Anda mencuci muka agar steril.
  • Setelah itu, barulah ambil air tersebut dan oleskan secara perlahan pada wajah Anda.
  • Setelah merata, diamkan masker selama kurang lebih 10-15 menit. Pastikan wajah Anda terasa lebih kaku dahulu sebelum melepas masker tersebut.
  • Jika sudah demikian, bilas wajah dengan air bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindari pertumbuhan bakteri kembali. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin minimal 3 kali seminggu.

Mencuci wajah dengan air beras selain dapat memutihkan wajah juga dapat menyehatkan kulit. Metode ini adalah perawatan kecantikan sederhana dengan hasil yang menakjubkan.

Cobalah melakukan metode ini selama seminggu dan lihat hasilnya, semoga bermanfaat. []

Komentar dan Tanggapan

  1. rihoro June 23, 2016
  2. laisa nisa September 19, 2016

Tulis Komentar