Waspada.. Tubuh Akan Mengalami Ini Jika Anda Tidur Kurang dari 5 Jam

Sampai tahun 1950-an kebanyakan orang berpendapat bahwa tidur adalah kondisi pasif yang tidak produktif. Saat itu aktifitas sehari-hari masih sangat sederhana sehingga jarang ada orang yang kurang tidur. Apalagi pada saat itu penelitian ilmiah tentang tidur belum begitu banyak sehingga orang juga belum paham manfaat tidur.

Tapi sekarang, orang sudah tahu bahwa otak justru sangat aktif saat sedang tidur. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sebagian besar orang sudah memahami bahaya kurang tidur bagi kesehatan fisik dan mental.



Kurang tidur di malam hari kini dipercaya dapat menyebabkan timbulnya beragam gangguan kesehatan seperti diabetes, hipertensi dan bahkan gangguan mental. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bahaya kurang tidur bagi kesehatan.

Bahaya Kurang Tidur (Begadang) Bagi Kesehatan

Akibat sering begadang dapat dirasakan secara langsung maupun gradual. Contohnya, kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kronis dan juga mempengaruhi kondisi mental anda.

Berikut ini 5 bahaya kurang tidur yang perlu anda ketahui:

  1. Tubuh mengalami penuaan dini

Kurang tidur menyebabkan kulit jadi kusam dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Sebuah penelitian pernah membuktikan hal tersebut. Penelitian dilakukan terhadap 100 responden yang diminta begadang selama 3 hari berturut-turut.

Peneliti lalu mengumpulkan 40 orang lain untuk memperkirakan umur para responden tersebut. Dan hasilnya adalah ke-40 orang tersebut menyebut usia yang jauh lebih tinggi dari usia responden yang sebenarnya.


 

Meskipun anda rajin merawat kulit tapi anda juga sering begadang atau tidur kurang dari lima jam setiap hari maka kulit anda akan kusam, wajah anda jadi bengkak, mata berkantung dan terlihat lesu dimana kesemua itu adalah tanda-tanda penuaan.

  1. Berat badan bertambah akibat kurang tidur

Orang-orang yang tidak mendapat tidur yang cukup atau tidur kurang dari 5 jam setiap hari lebih rentan untuk bertambah gemuk. Hal ini telah dikonfirmasi oleh sejumlah penelitian. Alasannya terletak pada otak yang tidak mendapat istirahat yang cukup, otak akan mengirim signal ke tubuh untuk menambah asupan energi.

Hasil penelitian menyebutkan, orang yang tidur kurang dari lima jam akan memasukkan lebih dari 300 kalori ke dalam tubuh keesokan harinya. Itulah sebabnya orang yang sering begadang malah semakin gemuk, dan seperti kita tahu, kegemukan atau obesitas sangat buruk bagi kesehatan.

  1. Hipertensi (Tekanan darah naik)

Tubuh saat tidur bisa diumpamakan seperti handphone yang sedang di cas, tidur berarti mengisi ulang energi pada tubuh sampai 100%. Setelah tertidur selama 6-8 jam, tubuh jadi terasa segar dan bersemangat.

Orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam seperti hp yang belum 100% sudah dicabut, akibatnya adalah tubuh jadi kurang berenergi. Orang yang kekurangan tidur atau sering begadang akan mengalami perubahan pada fungsi tubuh mereka, salah satunya adalah tekanan darah akan naik. Hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat kurang tidur.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 784 responden untuk mengetahui bahaya kurang tidur. Hasilnya adalah, responden yang mengalami fase tidur slow-wave sleep kurang dari 5 jam memiliki peluang yang sangat besar yakni 83% mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan

  1. Diabetes

Tubuh Anda seperti mesin yang membutuhkan perawatan konstan. Jika Anda kurang tidur, tubuh anda jadi lelah dan tidak dapat mengontrol kadar gula darah, yang merupakan risiko serius bagi timbulnya diabetes tipe 2. Demikian hasil penelitian oleh sejumlah ilmuwan dari Rumah Sakit Brigham and Women di Boston.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam mengalami penurunan jumlah insulin sebanyak 32%. Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas yang berfungsi mengatur gula darah. Inilah alasan mengapa orang yang tidurnya tidak teratur berpotensi mengalami penyakit diabetes.


 

WASPADA! Kurang tidur dapat menyebabkan diabetes, hipertensi, penuaan dini dan gangguan psikis. Click to Tweet
  1. Daya tahan tubuh lemah

Kurang tidur sama artinya kurang istirahat yang artinya tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktifitas. Dalam hal ini daya tahan tubuh akan melemah menyebabkan virus dan bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Meskipun anda makan yang banyak atau rajin minum obat jika tidur anda kurang maka anda mudah terjangkit penyakit.

  1. Kurang tidur sebabkan gangguan psikis

Tidur yang sedikit menyebabkan kelelahan dan suasana hati jadi buruk. Dalam jangka panjang, dapat menyebabkan depresi dan sejumlah gangguan mental lainnya.

Tubuh memiliki kemampuan unik untuk meregenerasi sel-sel dalam tubuh dan menyembuhkan dirinya sendiri. Sebagian besar proses-proses tersebut terjadi saat tubuh sedang beristirahat total atau tidur. Kurang tidur akan menghambat proses tersebut menyebabkan tubuh jadi lemah dan mudah sakit.

Dalam studi yang dilakukan terhadap manusia dan hewan, para ilmuwan menemukan bahwa tidur memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, metabolisme, memori, belajar, dan fungsi vital lainnya.

Berapa Banyak Tidur yang Kita Butuhkan?

Jumlah kebutuhan tidur setiap orang tergantung pada banyak faktor, termasuk usia dan jenis kelamin. Bayi umumnya memerlukan sekitar 16 jam sehari, sementara remaja membutuhkan sekitar 9 jam.

Bagi kebanyakan orang dewasa, 7-8 jam tidur malam adalah jumlah yang cukup meskipun beberapa orang mungkin hanya butuh 6 jam saja atau bahkan 10 jam tidur setiap hari.

Perempuan di 3 bulan pertama kehamilan sering memerlukan waktu tidur yang lebih lama dari biasanya. Jumlah kebutuhan tidur seseorang juga meningkat jika ia kurang tidur di hari-hari sebelumnya. Tidur terlalu sedikit menciptakan “utang tidur.” Jika anda tidur kurang dari 5 jam setiap hari, tubuh akan menuntut untuk dilunasi.

Demikian beberapa bahaya kurang tidur yang perlu diperhatikan. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan beri like dan bagikan ke teman yang lain terutama yang sering begadang atau kurang tidur.

Komentar dan Tanggapan

  1. mugiwaraari January 18, 2016
  2. junaidi November 7, 2016

Tulis Komentar