Ini Dia Ciri-Ciri Bedak Pemutih Wajah Yang Berbahaya

Karena ingin memiliki kulit wajah yang putih banyak wanita yang asal mencoba beraneka macam merek yang dijual di pasaran tanpa memperhatikan kandungan di dalam produk-produk bedak pemutih wajah tersebut.

Sudah banyak kasus yang bermunculan dimana seorang konsumen harus merelakan wajahnya menjadi rusak setelah menggunakan bedak-bedak pemutih wajah ilegal. Demikian juga sudah banyak diberitakan produk-produk kecantikan yang akhirnya dimusnahkan karena menyalahi aturan di Indonesia.



Besarnya pangsa pasar kecantikan di Indonesia membuat banyak pabrik dan produsen berlomba-lomba menciptakan produk atau bedak kecantikan baru dengan harapan produknya laku dipasaran. Sayangnya dalam banyak kasus, produk tersebut dijual tanpa label halal ataupun label legal dari BPOM.

Di sisi lain, banyak konsumen yang tertarik dengan produk pemutih wajah yang dijual dengan harga murah. Karena tidak bisa membedakan mana produk yang asli dan mana yang palsu akhirnya mereka membeli saja yang murah, padahal produk seperti itu kadang telah melalui proses yang tidak benar.

Satu-satunya cara yang bisa melindungi konsumen dari salah beli bedak pemutih wajah adalah dengan mencari tahu apakah produk tersebut sudah memiliki nomor register dari BPOM atau tidak. Selain itu konsumen juga perlu mencari tahu kandungan dalam bedak tersebut, jika ada merkuri sebaiknya hindari.

Merkuri adalah salah satu bahan kimia yang banyak ditemukan di produk kecantikan dan perawatan wajah. Zat ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh karena dapat menciptakan radikal bebas dan menjadi pemicu kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Demi kesehatan anda jangan sekali-kali menggunakan pemutih yang mengandung merkuri.

bedak pemutih wajah yang berbahaya

Ciri-Ciri Bedak Pemutih Wajah Yang Membahayakan


 

Ciri-Ciri Bedak Pemutih Wajah Yang Membahayakan

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara membedakan bedak pemutih wajah yang asli dan palsu. Adapun ciri-ciri bedak pemutih wajah yang berbahaya dan harus dijauhi adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan warna bedak

Salah satu cara mengetahui bedak pemutih wajah yang berbahaya adalah dengan melihat warnanya, jika warna bedak lebih mengkilap atau berwarna putih seperti mutiara maka anda harus curiga, mengapa?  Karena bisa jadi produsen bedak tersebut telah menambahkan banyak pewarna ke dalamnya sehingga bedak menjadi lebih menarik saat pertama kali dilihat oleh konsumen.

Oleh karena itu sebaiknya hati-hati dan jangan terpancing membeli bedak pemutih wajah yang terlihat sangat bersih dan putih mengkilat. Jangan juga tergoda dengan iming-iming bahwa bedak tersebut dapat membuat kulit wajah anda mengkilat.

Pada umumnya bedak asli yang tidak dicampur dengan pewarna biasanya berwarna biasa saja dan tidak mencolok.

  1. Ciumlah bau bedak terlebih dahulu

Ciri bedak pemutih wajah berbahaya adalah baunya yang sangat menyengat. Saat anda membeli bedak cobalah sedikit aroma yang keluar dari bedak tersebut, jika sangat menyengat hidung sebaiknya hindari.

Bau yang menyengat tersebut biasanya berasal dari bahan-bahan kimia yang sudah dicampurkan ke dalamnya dengan dosis yang melebihi takaran, tujuannya agar orang yang menghirupnya jadi menyukainya.

Jika ragu sebaiknya anda membawa bedak tersebut ke dokter atau ahli kecantikan untuk mencari tahu apa saja kandungan bedak tersebut. Dokter bisa menindaklanjutinya apakah anda harus berhenti atau boleh melanjutkan pemakaian.

Demikian ciri-ciri yang harus anda ketahui mengenai bedak pemutih wajah yang berbahaya, semoga dengan membaca serta menyimak artikel ini bisa membantu anda dalam memilih bedak yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Tulis Komentar