8 Jenis Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes Melitus

Menjaga asupan makanan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dengan sangat serius oleh penderita diabetes. Selain mengonsumsi makanan yang aman, penderita juga diwajibkan menjaga diet seimbang dengan memperhatikan beberapa jenis makan yang harus dihindari.

Beberapa jenis sayur dan buah pantangan diabates merupakan makanan sehari-hari yang sulit dihindari. Dalam hal ini dibutuhkan komitmen yang kuat dari penderita untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut.



Sebaliknya, penderita disarankan mengonsumsi makanan khusus penderita diabetes yang umumnya harus diolah sendiri seperti nasi merah, beberapa jenis sayuran dan buah-buahan.

Tidak semua buah boleh dikonsumsi, terdapat beberapa jenis buah pantangan diabetes yang harus dihindari penderita. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas jenis-jenis buah tersebut secara lengkap.

Mengapa Berbahaya?

Buah-buahan pantangan diabetes yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan perubahan kadar gula dalam darah karena nilai Glikemix Index (GI)-nya yang cukup tinggi.

Indeks Glikemik merupakan nilai yang yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan atau minuman menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi nilai GI makanan semakin berbahaya dia jika dikonsumsi penderita diabetes.

Beberapa buah diketahui memiliki GI yang sangat tinggi dan karena itu wajib dihindari. Beberapa dokter menyarankan hanya mengonsumsi sedikit saja dari buah-buahan ini untuk mendapatkan mineral dan vitaminnya, tanpa menyebabkan gula darah naik.


 

Bukan hanya buah, pada dasarnya semua penderita diabetes wajib menghindari makanan yang banyak mengandung gula, berkolesterol tinggi dan lemak lebih baik dihindari. Tidak hanya itu, jumlah asupan karbohidrat yang dikonsumsi juga harus mendapat perhatian khusus.

Hal tersebut dilakukan, agar kadar gula darah tetap normal, dan mencegah berbagai komplikasi akibat diabetes, yang dapat berkembang ketika kadar glukosa dalam darah tak terkontrol.

Jenis buah pantangan diabetes melitus

Jenis-Jenis Buah Pantangan Diabetes yang Wajib Dihindari

Terdapat cukup banyak makanan yang sebaiknya dihindari penderita diabetes, atau setidaknya dibatasi konsumsinya secara ketat, salah satunya buah-buahan.

Meski buah-buahan merupakan makanan sehat dan bergizi yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan, namun bagi penderita diabetes ada beberapa jenis buah justru fatal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut beberapa jenis buah pantangan diabetes melitus yang wajib dihindari: 

  1. Anggur

Anggur, mengandung purin dan gula sederhana yang tinggi. Buah ini merupakan salah satu buah yang harus dihindari penderita diabetes, juga penderita asam urat.  Penderita diabetes sebaiknya memilih melon atau jeruk, yang rendah gula dan purin.

  1. Pisang

Pisang dianggap sebagai makanan sehat, namun pisang bukan  buah yang cocok untuk penderita diabetes. Pisang mengandung purin, sekitar 60 mg per 100g porsi. Buah pisang juga mengandung gula fruktosa sederhana yang tinggi, sekitar 20 g dalam 100g pisang.

Makanan dengan kandungan gula tinggi bisa memicu lonjakan gula darah secara signifikan. Kondisi ini tentu sangat tak sehat untuk penderita diabetes.

  1. Mangga

Mangga adalah salah satu jenis buah pantangan diabetes yang jarang diketahui orang. Mangga disebut sebagai salah satu buah terenak di dunia, tetapi ‘raja buah’ ini harus dihindari penderita diabetes. Mangga mengandung gula yang tinggi. Mengkonsumsi buah mangga bisa memicu peningkatan gula darah pada pasien diabetes.

  1. Nanas

Nanas termasuk buah yang masuk ke dalam daftar buah yang terlarang untuk penderita diabetes. Dengan nilai GI yang tinggi, dalam semangkuk kecil nanas saja, bisa terkandung 20 mg karbohidrat. Tentu, ini makanan yang tak baik untuk penderita diabetes.

  1. Aprikot

Aprikot memiliki nilai GI yang tinggi, yaitu 57 dan menjadikannya sebagai salah satu jenis buah pantangan diabetes. Setengah cangkir aprikot berukuran sedang saja, bisa mengandung delapan gram karbohidrat yang nantinya akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

  1. Semangka

Dengan kandungan cairan yang banyak, sedikit serat dan kalori, semangka merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang baik. Namun, semangka merupakan buah yang terlarang untuk penderita diabetes, karena nilai GI-nya yang sangat tinggi, yaitu 72. Setengah takaran saji semangka, bisa mengandung lima gram karbohidrat.

  1. Pepaya

Mengkonsumsi pepaya sangat baik untuk menyehatkan pencernaan, karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun, nilai GI nya 59 serta tinggi karbohidrat dan kalori alasan mengapa penderita diabetes harus sangat membatasi mengonsumsi pepaya, jika tak ingin mengalami lonjakan tingkat gula darah. 

  1. Kismis dan buah-buahan kering lainnya

Penderita diabetes  sebaiknya tak mengkonsumsi kismis dan buah-buahan kering lainnya, seperti aprikot dan buah ara kering. Pengeringan buah akan membuat gula terkonsentrasi sehingga buah kering sangat kaya gula.


 

Jadi, mengkonsumsi buah-buah yang dikeringkan akan memicu kenaikan gula darah dengan sangat cepat. Ini tentu saja, tak baik untuk penderita diabetes.

Delapan jenis buah pantangan diabetes di atas mengandung banyak lemak, sodium, karbohidrat, dan kalori yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, gula darah yang tidak terkontrol, dan penambahan berat badan.

Itulah beberapa jenis buah yang seyogianya dihindari penderita diabetes. Bisa saja buah-buahan tersebut dicicipi, selama penderita diabetes bisa membatasi porsinya dan mengetahui takaran yang aman untuk kondisinya.

Pentingnya Diet Seimbang

Diet yang seimbang dengan menghindari atau menyertakan jenis makanan tertentu, sangat penting untuk menjaga diabetes supaya tetap terkendali.

Bila kadar gula darah belum terlalu tingggi, maka kita masih bisa makan makanan apapun dengan teratur. Namun, diet super ketat harus diberlakukan bila gula darah penderita diabetes sudah melonjak tak terkendali.

Menerapkan pola hidup sehat secara sehat dan seimbang merupakan salah satu cara untuk mengontrol diabetes. Sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengatahui makanan apa yang saja yang boleh dimakannya, dan makanan apa saja yang harus dihindari.

Sebaiknya, untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai kandungan gula dalam buah, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi dan mulai menyusun menu sehat yang aman dan menyenangkan.

Selain menerapkan pola diet yang seimbang, penderita juga bisa mengkombinasikannya dengan minum obat herbal diabetes yang umumnya aman dan dapat menjaga gula darah tetap stabil.

Demikian informasi singkat beberapa jenis buah pantangan diabetes melitus yang wajib dihindari oleh semua penderita agar terhindari dari komplikasi yang berbahaya.

Tulis Komentar