Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Menambah nafsu makan adalah salah satu cara menggemukkan badan secara alami. Dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak maka diharapkan massa tubuh juga meningkat sehingga tubuh tidak terlihat kurus lagi.

Makanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi tumbuh dan gerak tubuh. Pertumbuhan badan kita terjadi dari makanan yang disantap sehari-hari.


 

Di dalam tubuh, makanan akan diolah dan diambil sari-sarinya. Sari-sari makanan inilah nantinya yang akan menentukan pertumbuhan badan kita.

Cara menambah nafsu makan dengan tanaman obat.

Cara menambah nafsu makan dengan tanaman obat.

Tubuh terlihat segar dan berat badan ideal adalah ciri-ciri tubuh telah menyerap sari makanan dengan sempurna.

Jika kita tidak memiliki nafsu makan yang baik, maka bisa jadi tubuh kita sedang dalam masalah namun kita tidak menyadarinya. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka tubuh akan terasa lemas, konsentrasi terganggu dan mudah terserang penyakit.

Dengan menambah nafsu makan maka tubuh dapat melakukan regenerasi sel dengan cepat, sayangnya menambah nafsu makan bukanlah hal yang mudah bagi semua orang. Beberapa orang tetap malas makan dan tidak bernafsu mengkonsumsi makanan meski telah mengkonsumsi obat gemuk.

Sebenarnya, ada beberapa tanaman di sekitar kita yang dapat diolah menjadi jamu alami penambah nafsu makan. Apa saja tanaman-tanaman tersebut? di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas cara meningkatkan nafsu makan dengan mengkonsumsi jamu alami dari tanaman di sekitar kita.

Beberapa Tanaman Untuk Menambah Nafsu Makan

Kita sebenarnya bisa mendapatkan bahan tanaman menambah nafsu makan dengan mudah. Akan tetapi karena keterbatasan ilmu yang kita miliki kadang kita tidak tahu bahwa menambah nafsu makan tidak harus dengan obat-obat kimia.

Ada banyak sekali bahan-bahan yang biasa kita gunakan di dapur atau tanaman-tanaman yang mudah tumbuh di halaman kita justru memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan jika dikonsumsi secara rutin.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan secara alami:

  1. Temu ireng

Rimpang ini rasanya sangat pahit dan biasa dipakai sebagai tambahan dalam pembuatan jamu. Jika nafsu makan Anda turun, maka tumbuklah temu ireng lalu ambil sarinya dan minumlah.


 

Setelah beberapa kali minum jamu temu ireng ini, nafsu makan Anda akan bertambah dan makan pun menjadi nikmat. Dengan secara teratur mengkonsumsi sari temu ireng makan tubuh anda akan bertambah gemuk dan lebih berisi.

  1. Sayuran berasa pahit

Pada umumnya orang menghindari sayuran jenis ini karena rasanya yang tidak enak di leher. Banyak yang tidak tahu bahwa sayuran-sayuran yang rasanya pahit justru dapat menambah nafsu makan.

  • Pare – buah yang memanjang dengan tekstur seperti gelembung-gelembung padat di sekujur badan buah ini biasa dijadikan sayur atau biasa dimakan dengan cara direbus dan dikonsumsi dengan siomay. Pare memiliki banyak khasiat, antara lain menambah nafsu makan, membersihkan darah, mencegah kanker dan menghilangkan jerawat.
  • Daun pepaya – Makan buah pepaya, pasti enak rasanya. Namun jika kita makan daunnya, maka kita akan merasakan sensasi yang berbeda. Meskipun rasanya sangat pahit, daun pepaya juga bisa menjadi cara menambah nafsu makan secara alami. Jika ditumbuk dan di minum airnya, maka bisa mengusir masuk angin dan jika Anda tersiram air panas atau minyak panas, maka tumbukan daun ini bisa menjadi obat penyembuhnya bahkan tanpa meninggalkan bekas.
  1. Makanan pedas

Saat Anda kurang bergairah dalam urusan makan memakan, maka makanan pedas dapat menjadi solusi bagi kurangnya nafsu makan Anda. Anda bisa memadukan sambal dengan berbagai lauk yang Anda sukai. Cabe dan tomat memiliki khasiat meningkatkan selera makan dengan warnanya yang menantang dan rasanya yang panas.

  1. Konsumsi vitamin

Segala jenis vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Beberapa vitamin juga dapat menjadi cara menambah nafsu makan secara alami. Vitamin alami yang bisa kita dapatkan adalah dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Cara menambah nafsu makan secara alami_1Contoh diatas adalah beberapa sayuran dan tumbuhan jamu yang dapat bermanfaat sebagai penambah nafsu makan.

Maka jika Anda mengalami kurang nafsu makan, sebaiknya segera tangani dengan cara minum jamu atau makan sayuran penambah nafsu makan yang Anda suka.

Jika tubuh terus dibiarkan dalam kondisi malas makan maka asupan gizi yang masuk dalam tubuh tidak akan tercukupi, dan sebagai akibatnya badan akan terlihat kurus kering, dan mood untuk beraktifitas juga menjadi rendah.

Jika malas makan ini terjadi pada anak-anak, maka keadaan akan lebih berbahaya. Karena pertumbuhan anak sangat tergantung pada makanan yang masuk dalam tubuh. Anak-anak tumbuh tinggi dan besar karena makanan, dan kecerdasan yang mereka dapatkan juga berasal dari kandungan gizi dari makanan.

Jadi akan sangat berbahaya jika anak-anak tidak mau makan. Pada anak-anak biasanya diberi vitamin dan kemudian di minumkan paksa, atau dicekok. Cara menambah nafsu makan secara alami pada anak memang harus dipaksa, karena anak-anak tidak menyukai rasa pahit.

Cara ini sangat populer pada jaman dulu, dan khasiatnya pun tidak kalah dengan obat yang mengandung bahan kimia. Cara menambah nafsu makan secara alami ini sangat mudah dan tidak mahal bukan?

Komentar dan Tanggapan

  1. Galih September 9, 2016

Tulis Komentar