11 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Bagi yang bisa bertahan hidup lama biasanya membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Karena itu segala upaya perlu dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal terjadi.

Ada dua cara yang umum dilakukan dalam upaya mencegah penyakit ginjal yaitu deteksi dini dan intervensi medis selagi masih ada waktu untuk memperlambat perkembangan penyakit menjadi kronis.



Terdapat beberapa jenis penyakit ginjal yang umum dialami orang seperti infeksi pada ginjal, batu ginjal hingga penyakit ginjal kronis yang sulit disembuhkan.

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bagaimana akibatnya bila ginjal mengalami kerusakan fungsi (disfungsi), baik salah satu maupun keduanya.

Sebagai gambaran, penyakit ginjal bisa membawa orang hingga kematian bila tidak serius atau terlambat dalam penanganannya. Meskipun masih dalam angka yang relatif kecil, namun hal tersebut perlu menjadi perhatian bagi setiap orang agar menjaga kesehatan organ tubuh.

Seseorang yang mengalami penyakit ginjal biasanya identik dengan biaya pengobatan yang mahal. Hal tersebut dapat menjadi beban bagi sebagian besar orang, mengingat penyakit ini bisa diderita oleh semua kalangan.

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengulas lebih jauh tentang cara mencegah penyakit ginjal dan mengurangi risiko-risiko penyebabnya.


 

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Mencegah penyakit ginjal dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Tips Mencegah Penyakit Ginjal Kronis

Ginjal merupakan saluran eksresi bagi tubuh, yang membuang racun keluar dalam bentuk air kencing. Prinsip kerjanya adalah menyaring darah dan memisahkan zat yang kotor dengan darah asli.

Berikut ini beberapa tips cara mencegah penyakit ginjal kronis:

  1. Lakukan tes kesehatan secara rutin

Lakukan tes secara rutin setahun sekali untuk mengetahui perkembangan gangguan pada organ ginjal

  • Tes urin untuk mengetahui apakah Anda memiliki kelebihan protein, glukosa, atau darah dalam urin.
  • Tes darah untuk melihat apakah tekanan darah Anda meningkat.
  • Tes glukosa untuk mengetahui apakah Anda memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah Anda.
  • Meminta tes kreatinin untuk mengukur jumlah sampah dari aktivitas otot. Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, kreatinin meningkat.
  1. Kontrol diabetes, tekanan darah tinggi dan jantung 

Penyakit ginjal identik dengan ketiga penyakit di atas. Akan tetapi, pada umumnya penderita tidak akan menyadarinya karena penyakit ginjal kronis biasanya muncul tanpa gejala yang berarti.

Untuk mengatasinya, Anda perlu sedini mungkin mengobati ketiga jenis penyakit tersebut terlebih dahulu, baik dengan bantuan makanan, obat, maupun olahraga yang dilakukan secara rutin.

Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa ada perkembangan positif yang signifikan agar Anda bisa terhindar dari masalah ginjal.

  1. Hindari asupan garam berlebih

Seperti halnya gula, garam termasuk makanan tidak sehat yang dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal jika dikonsumsi berlebih.

Kandungan makanan yang kaya akan garam dapat meningkatkan potensi penyakit batu ginjal. Pada kondisi yang ringan, batu ginjal bisa diatasi dengan sendirinya, namun Anda membutuhkan sejumlah operasi bila batu ginjal sudah sangat keras dan masiv.

Hal tersebut dikarenakan kandungan Natrium yang dimiliki oleh garam ternyata menjadi pemicu paling besar untuk terjadinya batu ginjal.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih berfungsi menjaga suhu dan metabolisme di dalam tubuh. Kehilangan air maka akan menimbulkan dehidrasi pada seseorang. Salah satu cara mencegah penyakit ginjal adalah minum air putih yang cukup.

Jika tubuh kekurangan sejumlah cairan, maka ginjal juga akan bekerja lebih keras. Bila dibiarkan dalam waktu yang lama, maka ginjal bisa mengalami infeksi.

Konsumsilah air sebanyak 3 liter per hari untuk mencegah penyakit ginjal di kemudian hari. Anda tidak perlu khawatir, air tidak memiliki efek samping apapun.

  1. Buang air kecil secara teratur

Jangan pernah menahan air kencing saat waktu untuk membuangnya telah tiba. Ginjal merupakan tempat penyaluran limbah dari darah agar segera dibuang.

Jika Anda menyimpan limbah tersebut terlalu lama, maka bisa saja terjadi penumpukan limbah, sehingga menyebabkan penempelan beberapa limbah pada dinding ginjal.

Oleh karena itu, segeralah buang air kecil jika ingin. Namun, jangan terlalu dipaksakan bila tidak bisa membuang air kecil karena akan berdampak buruk bagi fungsi ginjal.

  1. Makan dengan benar

Makanan yang dikonsumsi bisa saja mempengaruhi kondisi ginjal Anda. Misalnya, jika Anda terlalu banyak konsumsi protein, maka akan berdampak buruk bagi pola ginjal.

Selain itu, makanan cepat saji juga dinyatakan sebagai makanan yang berbahaya karena dapat merusak ginjal secara permanen apalagi jika dikounsumsi terus-menerus.

Untuk mencegah penyakit ginjal kronis, maka mulailah perbanyak konsumsi sayur akan memberikan kandungan yang seimbang dalam satu hari.

  1. Hindari minuman soda

Minuman berkarbonasi dan mengandung soda misalnya, akan membuat ginjal menjadi rusak dan tidak berfungsi.

Orang yang terlalu sering konsumsi minuman tersebut, maka bisa ditandai dengan gejala awal kencing yang berdarah.

Anda harus mengimbangi dengan pola makan dan olahraga yang teratur bila ingin ginjal tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, air kelapa juga baik sebagai minuman penyeimbang yang menjaga ginjal pada kondisi normal.

  1. Berhenti minum alkohol dan stop merokok

Alkohol dan rokok ikut berperan penting dalam kerusakan ginjal. Nikotin yang dibawa oleh darah akan sangat berbahaya bila disaring oleh ginjal.

Beberapa di antaranya akan menempel secara kuat dan memberikan dampak infeksi atau batu ginjal dalam keadaan yang keras.

Bila Anda adalah perokok berat, sangat disarankan untuk mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi. Jika tidak, Anda bisa menyeimbangi dengan aktif berolahraga.


 

  1. Olahraga rutin untuk mencegah penyakit ginjal

Olahraga selain menjaga metabolisme tubuh juga dapat mengurangi risiko penyakit ginjal di kemudian hari. Untuk melakukannya, Anda bisa memulai dengan olahraga yang murah tapi meriah, misal jogging atau brisk walking.

Penderita penyakit ginjal juga perlu melakukan olahraga rutin. Beberapa jenis olahraga yang cocok bagi penderita penyakit ginjal adalah jogging dan aerobik.

Lakukan aktivitas tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab, ketika Anda berolahraga, eksresi akan dibantu dengan keringat yang keluar dalam tubuh. Hal tersebut secara tidak langsung membantu ginjal agar tidak bekerja keras.

  1. Hanya konsumsi obat yang diresepkan dokter

Beberapa obat bisa dibeli langsung karena diperjualbelikan secara bebas. Mengonsumsi obat-obatan tersebut dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Cobalah meminta saran kepada dokter sebelum mengonsumsi obat, khususnya yang memiliki antibiotik di dalamnya.

Selain itu, multivitamin juga berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah yang lama. Maka, Anda perlu berkonsultasi juga dengan dokter untuk mendapat saran yang terbaik.

  1. Waspadai minuman berenergi, herbal, suplemen dan jamu

Selain suplemen, konsumsi jamu juga dipercaya dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal seseorang. Pasalnya jamu mengandung berbagai jenis zat yang tidak diketahui asal usul dan takarannya.

Obat herbal yang belum mendapat ijin resmi dari pemerintah, juga bisa dicurigai memiliki zat yang berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu, cobalah batasi konsumsi kedua hal dan meminum air sebagai penyeimbang kesehatan tubuh. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mencari solusi untuk mencegah penyakit ginjal kronis.

Komentar dan Tanggapan

  1. dean July 9, 2016
    • Yue July 24, 2016
  2. paul mauregar lalong August 6, 2016

Tulis Komentar