LUAR BIASA! Jus Ini Atasi Rambut Rontok Secara Alami, Begini Cara Meraciknya

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sulit dihindari terutama jika kita menjalani rutinitas yang tidak sehat dan memiliki pola makan yang tidak dapat mencukup nutrisi tubuh. Dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas cara mengatasi rambut rontok menggunakan bawang.

Jus bawang adalah salah satu obat tradisional terbaik untuk mengatasi rambut rontok dan tipis. Kandungan di dalam bawang seperti sulfur dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan merangsang folikel rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut yang rontok.

Sulfur adalah salah satu penyusun utama dari rambut. Agar bisa tumbuh dengan subur, rambut membutuhkan kolagen dan keratin. Banyak asam amino (pembentuk protein) mengandung sulfur, begitu pula protein keratin juga memiliki asam amino yang mengandung sulfur dalam jumlah yang banyak.

Penyebab Rambut Rontok

Penanganan rambut rontok dilakukan berdasarkan faktor-faktor penyebabnya, apakah karena faktor hormonal atau karena sebab lain seperti asupan nutrisi, kerusakan akibat bahan kimia, atau efek samping dari obat yang dikonsumsi. Karena itu langkah pertama dalam mengatasi rambut rontok adalah mengetahui penyebabnya.

Pada wanita penyebab rambut rontok umumnya karena faktor hormonal pada waktu-waktu tertentu seperti di masa menstruasi, saat hamil dan saat menggunakan salah satu metode kontrasepsi.

Berikut ini beberapa faktor penyebab rambut rontok:

  1. Pengaruh nutrisi
  2. Bahan kimia di salon
  3. Alopesia areata
  4. Pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi
  5. Efek psikologis
  6. Menjalani kemoterapi

Sebuah studi menemukan bahwa bawang dapat mengobati sekaligus mengatasi rambut rontok pada pria maupun wanita. Hal ini karena kandungan sulfur di dalam bawang yang sangat banyak. Selain itu, bawang juga disebut-sebut dapat mengatasi masalah lain pada rambut seperti ketombe, infeksi pada kulit kepala dan rambut beruban.

Pada tahun 2002 yang lalu, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Dermatology menyebut penderita alopecia areata (rambut rontok) dapat disembuhkan menggunakan jus bawang yang telah diolah. Penelitian dilakukan terhadap masalah kerontokan rambut yang dialami ribuan sukarelawan.

Untuk mengatasi rambut rontok dan menipis, peneliti membagi mereka ke dalam dua kelompok besar. Kedua kelompok diberi dua jenis obat, kelompok pertama diberi jus bawang sementara kelompok kedua hanya sebotol air keran biasa. Kepada peserta diberitahu bahwa yang mereka gunakan adalah obat penumbuh rambut.

Advertisement

Dalam jurnal tersebut disebutkan mereka yang menggunakan jus bawang mengalami tingkat kesembuhan yang lebih tinggi dibanding kelompok yang hanya diberi air keran saja, dimana jus bawang terlihat bereaksi lebih besar terhadap peserta pria dibanding wanita.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Jus Bawang

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Jus Bawang

Cara Membuat Jus Bawang dan Madu untuk Mengatasi Rambut Rontok

Jus bawang yang akan kita buat tidak untuk diminum melainkan dioleskan ke rambut dan kulit kepala. Sebagai bahan tambahan, kita juga menggunakan madu dalam ramuan ini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Bahan-bahan:

Bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat ramuan rambut rontok adalah sebagai berikut:

  • 1 siung bawang putih atau merah
  • Madu
  • Pisau
  • Blender
  • Saringan
  • Mangkuk
  • Minyak esensial (opsional)

Cara Mengolahnya:

Setelah semua bahan di atas sudah terkumpul, sekarang saatnya kita membuat ramuan tradisional untuk mengatasi rambut rontok sebagai berikut:

  1. Bawang dikupas dan dipotong kecil lalu dimasukkan ke dalam blender untuk dihaluskan.
  2. Saring bawang yang sudah diblender.
  3. Tambahkan 1 sampai 2 sendok teh madu ke jus bawang.
  4. Opsional, tambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak lavender.

Sekarang jus bawang dan madu yang anda buat sudah siap digunakan. Berikut ini beberapa tips cara menggunakan jus bawang untuk mengatasi rambut yang rontok.

Cara penggunaan:

  • Pijat halus rambut dan seluruh kulit kepala menggunakan ramuan ini.
  • Tutup rambut dengan handuk dan biarkan semalam, atau paling lambat 30 menit.
  • Bilas rambut Anda keesokan harinya.
  • Lakukan perawatan rambut rontok ini setiap hari selama dua bulan atau sampai anda merasa puas dengan hasilnya

Tips:

  • Jika tidak memiliki blender, anda bisa memarut bawang dan menyaringnya untuk mendapatkan ekstraknya. Untuk meremas, Anda dapat menggunakan kain tipis. Anda juga dapat menggunakan juicer.
  • Untuk menghindari agar mata tidak pedih saat mengupas bawang, dinginkan bawang dalam freezer selama sekitar 15 menit dan kemudian baru memotongnya.
  • Untuk mengatasi rambut rontok dan menipis dengan lebih cepat, tambahkan minyak esensial seperti rosemary, lavender, peppermint atau minyak lain yang sejenis yang bermanfaat bagi pertumbuhan rambut.
  • Anda juga dapat menambahkan beberapa jus lemon atau air mawar untuk menutupi bau bawang.

Merawat rambut agar lebih lembut sesungguhnya tidaklah susah, saat ini ada banyak obat dan ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami dan menjadikannya lebih sehat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Anda bisa menggunakan obat penumbuh rambut yang banyak dijual di pusat perawatan rambut atau bisa juga mengolah sendiri bahan-bahan yang digunakan seperti membuat jus bawang.

Komentar dan Tanggapan

  1. asep December 16, 2015
    • Admin December 23, 2015
  2. Ikatanaka December 24, 2015
    • Admin December 25, 2015
  3. mugiwaraari January 18, 2016
  4. eko junaidi January 25, 2016
  5. Siti Gandarum February 2, 2016
  6. Siti February 10, 2016
  7. panut effendy August 24, 2016

Tulis Komentar