7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Salah satu masalah yang umum dialami orang berkaitan dengan wajah adalah keriput akibat penuaan. Karena itu banyak orang terutama kaum wanita yang mencari cara mengencangkan kulit wajah secara alami.

Mengencangkan kulit wajah akan membuat kita terlihat awet muda, wajah tidak terlihat kendur dan kenyal. Dalam pergaulan tentu hal ini sangat baik dan positif.



Wajah yang tidak terawat akan menyebabkan orang sulit bergaul di tengah tuntutan zaman yang serba modern saat ini. Hal itu juga dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang ketika masuk ke dalam lingkungan sosial.

Penampilan pada wajah bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya wajah kotor dan kulit wajah mulai lentur atau keriput. Lenturnya kulit wajah merupakan momok yang cukup menakutkan mengingat semakin dewasa seseorang, maka potensi mengalami kelenturan kulit akan semakin tinggi.

Khususnya perempuan, mereka juga mengalami pubertas yang dibilang cepat, maka akan mengalami kelenturan kulit yang lebih cepat dibanding seorang laki-laki.

Kelenturan kulit wajah dipengaruhi oleh senyawa tubuh yang disebut kolagen. Senyawa ini merupakan protein yang bertanggungjawab atas kekencangan kulit tubuh.

Tips Mengencangkan Kulit Wajah yang Kendur Secara Alami Agar Awet Muda

Semakin bertambahnya usia dan pola hidup yang tidak benar, akan menurunkan jumlah produksi kolagen. Akibatnya, kulit tampak lentur dan beberapa di antaranya mengalami kekeriputan.


 

Bagi Anda yang mengalami keadaan seperti itu, atau ingin menghindari keadaan di atas, artikel ini akan mencoba memberikan solusi yang tepat.

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara alami, tanpa repot harus mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut.

  1. Masker Wajah

Masker wajah adalah menu favorit dan andalan bagi para wanita untuk menjaga kulit wajah tetap kencang. Banyak masker wajah yang dijual di kompleks pertokoan dengan harga yang terbilang mahal.

Akan tetapi, Anda bisa membuat masker wajah sendiri menggunakan bahan yang lebih higienis dan harga yang terjangkau. Untuk manfaat dijamin masker tersebut tidak kalah baiknya dengan masker yang diproduksi secara massal.

Anda bisa memilih beberapa alternatif bahan masker wajah, antara lain kayu cendana, campuran putih telur dan lemon, campuran madu dan susu, serta pisang.

Untuk kayu cendana, Anda bisa mencampurkannya dengan air mawar (rasio 1:1). Setelah itu cukup oleskan pada wajah. Yang kedua juga dapat Anda gunakan dengan cara mencampur putih telur.

Hal demikian berlaku pada kedua cara terakhir. Untuk menggunakannya, tunggu hingga 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Cara muda mengencangkan kulit wajah secara alami

  1. Facial Massage

Merupakan jenis pijat wajah. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke wajah Anda. Jangan khawatir dengan masalah keuangan, pijat wajah dapat dipelajari dan dipraktekkan sendiri tanpa perlu pergi ke salon. Sedangkan untuk mempelajarinya tidak dibutuhkan waktu yang lama, hanya konsentrasi sejenak.

Caranya adalah menggunakan tangan untuk memijat ke arah melingkar. Posisikan hal tersebut ke atas dan ulangi sekitar 15-20 menit setiap hari.

Pijat wajah akan membantu menunda keriput di wajah dan mencegah munculnya garis-garis halus pada wajah. Gunakan pelembab kulit untuk memudahkan Anda dalam proses pemijatan sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

  1. Olahraga

Banyak wanita mengalami kulit yang lentur setelah menjalani satu program diet atau setelah melahirkan. Hal tersebut bukanlah momok yang kemudian harus dihindari bagi para wanita.

Olahraga merupakan jawaban yang tepat untuk mengembalikan kekencangan pada kulit wanita. Sebab, ketika Anda rutin berolahraga, maka anda dapat meningkatkan kekencangan kulit karena mendorong jaringan ikat untuk berperan aktif kembali.

Olahraga yang paling baik dan efisien adalah jogging maupun jalan cepat. Sediakan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, Anda perlu melakukannya secara teratur, minimal 3 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kulit agar tidak mudah lentur kembali setelah tidak berolahraga selama beberapa minggu atau hari.

  1. Diet

Diet pada umumnya merupakan faktor penyebab kelenturan kulit karena turunnya berat badan dengan jumlah tertentu (biasanya cukup banyak).

Namun, diet ternyata juga bisa menjadi jawaban untuk menjaga kekencangan pada kulit wajah. Caranya adalah dengan memilih makanan dan minuman yang memiliki gizi tinggi, dan ganti makanan yang banyak dikonsumsi sehari-hari dengan makanan yang lebih sehat.

Misalnya mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3 tinggi untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Anda juga bisa mengganti menu makan dengan oatmeal supaya tidak kekurangan asupan energi di samping Anda mendapatkan kesegaran kulit.


 

Anda juga bisa mengkombinasikan dengan berbagai jenis minuman yang baik untuk kesehatan, karena memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang besar.

  1. Mandi air asin

Air yang mengandung garam (red: air asin) memiliki manfaat untuk membantu mengencangkan kulit. Sebab, garam sendiri memiliki manfaat untuk membuang kotoran dan racun dari kulit.

Untuk menggunakannya, sediakan 2 sendok teh garam (biasanya garam laut). Campur garam tersebut ke dalam bak mandi, kemudian nikmati rasanya ketika mandi. Lakukan hal tersebut secara rutin.

  1. Lindungi kulit dari matahari

Matahari memiliki radiasi UV yang sangat tinggi. Terlalu lama berada di bawah terik matahari memberikan efek keriput dan penuaan dini pada kulit.

Sebab, radiasi yang ditimbulkan oleh sinar UV akan membunuh sel-sel kulit, demikian juga kulit wajah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan masker atau berjalan dengan membawa payung.

  1. Jangan Merokok

Merokok selain membawa pada penyakit kronis ternyata memberikan efek pada penuaan kulit wajah. Sebab, rokok yang masuk ke dalam tubuh akan merusak kalogen dan juga sel-sel kulit, termasuk wajah.

Sebisa mungkin untuk menghindari merokok. Bila Anda perokok pasif, cobalah untuk menghindarinya selama beberapa saat serta diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Selain 7 tips di atas, anda pun bisa menggunakan jeruk nipis untuk merawat kulit wajah secara alami. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin c yang sangat tinggi yang dapat mengencangkan kulit wajah yang kendur.

Demikian beberapa informasi singkat bagaimana cara mengencangkan kulit wajah secara alami, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. masker colina June 19, 2017

Tulis Komentar