Cara Menghilangkan Jerawat Batu dari Wajah Secara Alami

Dari begitu banyaknya jenis jerawat, jerawat batu adalah yang paling menakutkan semua orang. Hal ini disebabkan karena untuk menghilangkan jerawat batu kadang membutuhkan waktu yang sangat lama, dan kalaupun sembuh terkadang menyimpan bekas-bekas jerawat di wajah yang tidak sedap dipandang.

Jerawat batu berbentuk benjolan besar, memiliki warna yang sangat mencolok, serta bertekstur kasar. Kemunculan jerawat batu umumnya disertai dengan rasa nyeri karena adanya peradangan.



Karena jengkel, banyak orang yang nekat memencet jerawat menggunakan jari, padahal jari tidak steril, akibatnya timbul bekas luka di wajah yang sulit disembuhkan.

Hingga saat ini, cara mengatasi jerawat batu yang paling efektif adalah dengan melakukan pemeriksaan pada dokter kulit agar penyebab utamanya bisa diketahui sehingga pengobatan yang dilakukan bisa lebih akurat.

Tapi karena metode ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka banyak orang yang merasa berat untuk melakukannya.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena jerawat batu masih bisa dihilangkan dengan ramuan-ramuan alami. Selain cukup murah, metode ini juga sangat memungkinkan untuk dilakukan sendiri.

5 Jenis Ramuan Tradisional untuk Menghilangkan Jerawat Batu

Ada banyak obat alami jerawat yang bisa anda gunakan tapi khusus untuk menghilangkan jerawat batu anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti telur, kunyit, mengkudu, minyak argan, hingga baking soda sekalipun.


 

1. Telur

Umumnya, masker telur sering digunakan untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah. Tapi anda bisa juga menggunakan masker telur untuk menghilangkan jerawat batu. Caranya dengan mencampur putih telur dengan madu, lalu kocok hingga rata.

Lalu oleskan ramuan ini pada bagian yang memiliki jerawat batu. Jika anda melakukannya secara rutin, maka endapan kotoran dan sel kulit mati penyebab jerawat batu ini bisa diatasi dengan cepat.

2. Kunyit

Kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan serta infeksi yang terjadi pada wajah, khususnya untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Dengan kemampuan ini, maka kunyit dipercaya bisa meringankan pertumbuhan jerawat batu.

Cara mengolah kunyit menjadi obat jerawat batu cukup mudah, tumbuklah kunyit hingga halus, kemudian campur dengan beberapa tetes air jeruk nipis. Terapkan pada wajah anda yang ditumbuhi jerawat batu. Lakukan secara rutin maka jerawat batu bisa hilang dengan cepat.

Menghilangkan jerawat batu secara alami

Menghilangkan jerawat batu secara alami

3. Mengkudu

Mengkudu sudah sangat terkenal dengan kemampuannya dalam menjaga kecantikan wajah. Bahkan saat ini banyak produk kecantikan maupun suplemen yang menggunakan buah mengkudu sebagai bahan dasarnya.

Nah, bagi anda yang memiliki jerawat batu, sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi jus mengkudu. Tapi usahakan agar konsumsi jus mengkudu ini tidak menggunakan tambahan gula atau pemanis buatan lainnya sebab dapat mengurangi kemampuan mengkudu dalam menyembuhkan jerawat batu.

4. Minyak Argan

Cara mengatasi jerawat batu selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak argan. Minyak ini asli Maroko dan belakangan menjadi populer di dunia kecantikan. Namun pastikan agar anda menggunakan minyak argan yang asli, yaitu yang memiliki ciri khas bau kacang dan tidak ditempatkan di dalam botol bening.

Minyak argan mampu menghilangkan jerawat batu dengan cepat bahkan tidak meninggalkan bekas sekalipun. Anda bisa membeli minyak ini di apotik atau membelinya secara khusus melalui toko online di internet.


 

5. Baking Soda

Penggunaan baking soda untuk mengobati jerawat batu mungkin akan terdengar aneh mengingat baking soda adalah bahan untuk membuat kue. Tapi menariknya, baking soda ternyata memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membersihkan wajah, termasuk dalam hal mengatasi jerawat batu sekaligus menghilangkan bekas-bekasnya.

Cukup campur ½ sendok teh baking soda dengan garam dan air secukupnya, lalu oleskan pada jerawat. Ramuan ini cukup efektif untuk mengeringkan jerawat batu. Meski demikian, jangan terlalu sering menggunakan perawatan ini karena kandungan baking soda bisa mengikis lapisan kulit wajah.

Penyebab Jerawat Batu

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami

Selain mencoba metode di atas, penting bagi anda untuk memahami apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari jerawat batu. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan dari jerawat ini bisa dicegah di kemudian hari.

Pada dasarnya, jerawat batu bisa disebabkan karena kulit seseorang yang memang super sensitif sehingga rangsangan-rangsangan dari luar berpotensi menimbulkan peradangan dan berujung pada munculnya jerawat batu.

Selain itu, faktor gen atau keturunan juga berperan besar dalam menyebabkan masalah ini. Jika orang tua anda pernah memiliki masalah jerawat batu, maka wajar saja jika anda pun mengalaminya.

Faktor lain yang menyebabkan jerawat batu adalah penggunaan produk pembersih wajah yang tidak higienis, faktor makanan, proses regenerasi sel-sel kulit yang tidak normal, kesalahan dalam pemilihan produk kosmetik, serta kebersihan wajah yang tidak terjaga dengan baik.

Demikian beberapa tips cara menghilangkan jerawat batu secara alami menggunakan ramuan tradisional. Semoga artikel ini bisa menjadi alternatif pengobatan bagi anda yang merasa sudah menyerah dengan pertumbuhan jerawat batu, selamat mencoba.

Komentar dan Tanggapan

  1. Bima sakti March 8, 2016
  2. muhammad hairul May 28, 2016
  3. shinta September 27, 2016
  4. Memey November 9, 2016
  5. Hands January 13, 2017

Tulis Komentar