5 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Secara Alami

Komedo dan jerawat yang muncul di wajah sangat mengganggu penampilan dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri di lingkungan sosial. Itulah sebabnya meski tidak membahayakan bagi kesehatan banyak orang yang berusaha mencari cara menghilangkan komedo dengan cepat dan aman.

Saat ini ada banyak cara menghilangkan komedo yang umum digunakan orang, mulai dari cara medis yang mahal sampai dengan penggunaan bahan-bahan alami dan tradisional yang juga efektif mengatasi komedo dari wajah.



Kedua cara ini terbukti ampuh menghilangkan komedo meski proses yang digunakan tidak sama. Kosmetik dapat mengatasi komedo secara instan sementara bahan-bahan alami dapat menyembuhkan komedo dan jerawat secara alami.

Komedo adalah bintik-bintik gelap dan kecil yang tumbuh di kulit wajah akibat dari terjadinya penyumbatan pada pori-pori.

Komedo merupakan tahap awal timbulnya jerawat, mereka terbentuk sebelum bakteri muncul dan menyerang pori-pori kulit. Pada umumnya, komedo akan berkembang menjadi jerawat yang dikenal dengan istilah pustula atau papula.

Menghilangkan komedo secara alami

Menghilangkan komedo secara alami

Selain akibat bakteri, pertumbuhan komedo dan jerawat juga disebabkan oleh lonjakan hormon yang menstimulasi kelenjar sebum yang mengakibatkan terjadinya produksi minyak berlebih. Pada umumnya kasus seperti ini terjadi pada pria dan wanita berusia remaja.


 

Mengatasi masalah wajah yang satu ini perlu kesabaran dan penanganan yang tepat. Dan cara yang paling tepat dan mumpuni menghilangkan komedo di wajah adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sebab dengan menggunakan bahan alami dan tradisional, maka proses menjadi lebih aman.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dari Wajah

Cara menghilangkan komedo secara alami

Cara menghilangkan komedo dari wajah secara alami

Menggunakan resep tradisonal dan bahan alami untuk menghilangkan komedo menjadi pilihan banyak orang karena merasa lebih aman dan tentu saja hasilnya sangat memuaskan jika dibandingkan dengan bahan-bahan kosmetik berbahan kimia.

Tapi pilihan tetap ada di tangan anda sebab beberapa orang juga mendapatkan manfaat yang nyata dari penggunaan bahan kosemetik tersebut.

Baca juga: 20 Jenis Obat Alami untuk Menghilangkan Jerawat Secara Permanen

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan komedo dari wajah menggunakan bahan alami.

1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang umum dan sangat mudah di dapatkan di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa daging buah pepaya mengandung senyawa yang dapat menghilangkan komedo dan menyembuhkan jerawat.

Cara pembuatan cukup mudah yaitu dengan menjadikan daging pepaya sebagai masker wajah. Caranya, haluskan buah pepaya yang sudah matang, kemudian campur dengan sedikit madu dan susu.

Aduk hingga merata dan terapkan masker tersebut pada wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

2. Putih telur

Selain pepaya, putih telur juga sangat ampuh mengatasi komedo dengan cepat. Caranya yaitu dengan menyediakan telur, ambil putihnya saja. Kemudian oleskan putih telur tersebut ke bagian wajah secara merata.

Atau jika Anda hanya ingin menggunakan pada bagian wajah Anda yang sering berkomedo cukup digunakan di daerah tersebut saja. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

3. Lemon

Lemon juga merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat dapat menghilangkan komedo secara alami dan cepat. Ini karena lemon memiliki kandungan vitamin C yang banyak, selain itu ada kandungan lain yang juga bermanfaat, diantaranya yaitu kandungan flavonoid dan juga asam sitrat.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat menggunakan buah lemon cukup mudah. Caranya yaitu peras buah lemon dan ambil airnya saja. Oleskan air perasan lemon tersebut di bagian wajah yang berkomedo.

Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur. Saat bangun pagi Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air bersih.


 

Menghilangkan komedo dengan buah lemon

Menghilangkan komedo dengan buah lemon

4. Air garam

Garam adalah salah satu bumbu wajib dapur. Selain sebagai bumbu dapur, ternyata garam memiliki manfaat untuk mengatasi komedo. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan garam ke dalam air hangat.

Gunakan air garam tersebut untuk membasuh wajah Anda. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cara menghilangkan komedo ini dapat Anda lakukan setiap hari secara teratur.

5. Kulit jeruk

Kulit jeruk juga bermanfaat untuk menyembuhkan komedo yang ada di wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan kulit jeruk di bagian wajah yang berkomedo.

Komedo akan mulai terangkat, gosok secara perlahan. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan kulit jeruk ini sangat aman dilakukan.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah komedo yang sedang menghantui Anda. Memiliki komedo di wajah memang bukan hal yang menyenangkan. Bahkan dengan adanya komedo rasa percaya diri Anda akan berkurang. Sehingga untuk menyembuhkan komedo di wajah gunakanlah bahan-bahan alami tersebut di atas secara teratur.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga sedikit ulasan mengenai cara menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Komentar dan Tanggapan

  1. Maulidya rahmad September 23, 2016
  2. mangku giweng November 22, 2016
  3. Femi July 6, 2017

Tulis Komentar