6 Cara Menghilangkan Gatal di Kepala Secara Alami

Apakah anda sering menggaruk-garuk rambut dan kulit kepala anda karena gatal? Rambut gatal memang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, apalagi jika Anda bekerja di lapangan yang terkena sinar matahari secara langsung, tentu dapat membuat rambut Anda semakin kering dan gatal.

Rambut adalah bagian tubuh yang sering juga disebut mahkota kecantikan. Ada beberapa jenis permasalahan yang berhubungan dengan rambut yang banyak dikeluhkan orang, diantaranya adalah rambut rontok, rambut beruban dan juga rambut gatal.



Sesungguhnya yang gatal tersebut bukanlah rambut melainkan kulit kepala, terkadang semakin digaruk semakin gatal. Jika kulit kepala terus digaruk, maka dapat terjadi luka yang akan memperparah kondisi rambut Anda.

Untuk dapat menghilangkan rambut gatal, diperlukan cara khusus dan tepat. Karena jika Anda salah dalam memilih cara menghilangkan rambut gatal, rambut Anda justru akan semakin gatal.

Penyebab rambut gatal sendiri sangat bermacam-macam, mulai dari ketombe pada kulit kepala, kulit kepala kering, kista sebaceous, sedang mengalami kecemasan yang berlebih, jarang merawat rambut, jamur dan infeksi virus, pola makan yang buruk, alergi hingga karena adanya kutu rambut pada rambut kepala Anda.

Masing-masing penyebab memiliki cara yang berbeda-beda dalam penanganannya, sehingga untuk menghilangkan rambut gatal, Anda harus mengetahui dulu penyebabnya agar penanganan dapat dilakukan secara tepat.

Baca juga:


 

Menghilangkan rambut gatal akibat ketombe dan kutu

Menghilangkan rambut gatal akibat ketombe dan kutu

Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kepala dan rambut yang gatal:

1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah minyak yang dihasilkan oleh pohon melaleuca yang banyak tumbuh di Australia dan sangat jarang bisa ditemui di negara lain termasuk Indonesia. Saat ini anda bisa mendapatkan minyak pohon teh yang diproduksi oleh beberapa perusahaan kecantikan seperti Mustika Ratu.

Minyak pohon teh mengandung anti jamur alami yang kuat, anti-inflamasi dan memiliki sifat anti bakteri, sehingga dapat digunakan untuk mengobati gatal pada kulit kepala. Berikut ini cara menggunakan minyak pohon teh untuk menghilangkan gatal pada rambut:

  • Campur 10 sampai 20 tetes minyak pohon teh ke dalam satu setengah cangkir sampo bayi dan gunakan setiap hari ketika keramas sampai kulit kepala anda membaik dan tidak gatal lagi.
  • Cara lain yang bisa digunakan dalam mengolah minyak pohon teh adalah dengan mencampur 2-3 tetes minyak pohon teh ke dalam satu sendok makan minyak sayur, kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan lakukan pemijatan secara merata, lakukan terus selama satu atau dua minggu.

2. Coconut Oil

Minyak kelapa dibuat dari kelapa segar yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menghilangkan gatal-gatal pada rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa yang dioleskan ke kulit kepala akan membuat kulit kepala tetap lembab dan mencegah terjadinya gatal-gatal akibat terlalu kering.

  • Cuci rambut dan bilas kemudian oleskan sedikit saja minyak kelapa ke kulit kepala. Biarkan kepala menjadi lembab selama 30 menit, kemudian cuci dengan shampoo hingga aroma khas minyak kelapa tersebut hilang. Lakukan tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.
  • Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memanaskan minyak kelapa sampai meleleh, kemudian campur ke shampo Anda sebelum mencuci rambut.

3. Pisang

Ternyata pisang yang sering kita jumpai sehari-hari juga memiliki khasiat menghilangkan gatal-gatal pada kepala. Sifat pisang yang lembab sangat membantu kulit kepala dari kekeringan dan dapat mengurangi ketombe dan peradangan yang mungkin timbul.

Cara mengolahnya, tumbuk dua buah pisang lalu campur dengan satu buah alpukat matang. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan juga rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Minyak Wijen

Minyak wijen memiliki kadar gizi yang sangat tinggi, kadar minyaknya dapat secara efektif mengobati rambut gatal akibat kulit kepala kering. Berikut ini cara menggunakan minyak kepala wijen.

  • Panaskan sedikit minyak wijen lalu diamkan sampai suam-suam kuku.
  • Pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak wijen tersebut setiap malam sebelum tidur. Untuk hasil terbaik, pijat kulit kepala dengan ujung jari Anda selama minimal 10 menit, lalu bungkus kepala menggunakan handuk panas dan biarkan selama sekitar 10 menit. Diamkan minyak tetap pada kulit kepala sepanjang malam.
  • Sampo dan bilas kulit kepala dan rambut secara menyeluruh di pagi hari. Lanjutkan perawatan ini selama diperlukan.

5. Witch Hazel

Witch Hazel berasal dari ekstrak kulit kayu semak jenis Witch-hazel (Hamamelis virginiana) yang banyak tumbuh di Amerika Utara. Witch Hazel memiliki zat alami yang dapat meringankan gatal-gatal pada kulit kepala terutama jika gatal-gatal tersebut disebabkan oleh pewarna rambut atau akibat terlalu sering menggunakan pengering rambut.

  • Campurkan witch hazel dengan dua sendok air.
  • Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda dan lakukan pemijatan secara menyeluruh. Biarkan selama beberapa menit.
  • Cuci dan bilas rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.

6. Minyak Jojoba

Minyak jojoba berasal dari ekstrak tumbuhan botanikal Simmondsia Chinensis yang banyak tumbuh di area padang pasir Arizona dan Meksiko.

Minyak jojoba sangat bermanfaat sebagai pelembab alami untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala. Struktur molekul minyak jojoba sangat mirip dengan minyak yang dihasilkan tubuh atau sebum, membuatnya sangat efektif dalam menjaga kelembaban dan peremajaan kulit kepala.

  • Oleskan sedikit minyak jojoba ke kulit kepala dan pijat secara merata. Lakukan selama beberapa menit sebelum tidur. Biarkan sepanjang malam.
  • Saat bangun tidur di pagi hari, cuci rambut dengan sampo dan bilas.
  • Ulangi seminggu sekali untuk hasil yang maksimal

Lakukan salah satu dari 6 metode di atas secara kontinyu. Jika satu cara dianggap belum ampuh menghilangkan rasa gatal di kepala, maka gunakan cara lain sampai didapatkan metode yang paling cocok dengan rambut anda.

Baca juga:

Mengatasi Rambut Gatal di Kepala Akibat Ketombe dan Kutu

Sepeti telah dijelaskan di atas, untuk mengobati dan menghilangkan gatal-gatal di kepala maka terlebih dahulu anda harus mengetahui faktor penyebabnya, apakah akibat kulit kepala yang terlalu kering, atau karena ada ketombe dan kutu.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa gatal di kulit kepala akibat ketombe

Menghilangkan gatal di rambut

Menghilangkan gatal di rambut

Mengatasi rambut gatal akibat ketombe cukup sulit dilakukan, meskipun Anda menggunakan berbagai macam jenis shampoo.

Mungkin banyak orang yang sudah berganti-ganti shampoo untuk memusnahkan ketombe tapi ketombe tidak kunjung hilang. Di sisi lain, berganti-ganti shampo juga dapat merusak rambut Anda.

Cara yang efektif untuk menghilangkan rambut gatal akibat ketombe adalah menggunakan jeruk nipis. Buah yang satu ini sudah dipercaya sangat efektif menghilangkan ketombe.

Zat yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada kepala, sehingga kepala Anda akan lebih bersih dan tentunya tidak akan terasa gatal lagi.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan rambut gatal sangatlah mudah, yaitu:

  • Belah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras jeruk dan ambil air perasan sebagai masker rambut.
  • Oleskan air perasan secara merata dan pijat kepala secara perlahan.

Selain menggunakan jeruk nipis, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan rambut gatal. Lidah buaya memang memiliki manfaat yang besar bagi kecantikan dan kesehatan, salah satunya adalah untuk merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi gatal pada rambut adalah dengan menggunakan lendir pada daging lidah buaya. Lendir dapat Anda ambil dengan menggunakan sendok. Anda dapat menambahkan sedikit madu pada lendir yang sudah Anda ambil. Campurkan kedua bahan sampai tercampur merata. Menghilangkan rambut gatal dengan lidah buaya dapat Anda lakukan sebelum Anda melakukan keramas. Gunakan secara rutin agar hasil yang Anda rasakan dapat maksimal.

Selain jeruk nipis dan lidah buaya, anda bisa juga menggunakan masker buah-buahan untuk membuat rambut Anda tidak gatal lagi. Contoh buah yang dapat digunakan sebagai masker rambut adalah alpukat dan pisang.

Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi yang berguna untuk regenerasi sel rambut yang rusak, sementara alpukat memiliki sifat melembabkan rambut dan kulit kepala yang kering. Kedua buah tersebut memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah dihaluskan. Berikut ini cara membuat masker rambut dari alpukat dan pisang:


 

  • Haluskan kedua buah tersebut dan campur menggunakan blender dengan komposisi 1/2 buah alpukat dan satu buah pisang.
  • Setelah keduah buah telah tercampur secara merata, jadikan masker rambut lalu bungkus rambut dengan handuk. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih.

Menghilangkan gatal pada kulit kepala akibat kutu

Dalam banyak kasus, rasa gatal pada rambut bisa juga disebabkan oleh hewan kutu yang hidup dan berkembang biak di rambut. Kutu adalah jenis hewan parasit yang hidup dengan cara menghisap darah pada kulit kepala. Jika tidak segera dimusnahkan, kutu akan semakin banyak dan bahkan bisa menular ke teman atau anggota keluarga yang lain.

Pada umumnya rambut yang memiliki kutu terjadi karena kurangnya kesadaran dalam merawat rambut. Jarang dicuci atau sering tidur di bantal yang tidak bersih. Kutu bisa juga disebabkan karena tertular oleh pasangan atau teman tidur satu bantal.

Jika rambut gatal Anda karena kutu rambut, maka penanganan yang dilakukan juga berbeda. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kutu dari kepala, yaitu:

1. Gunakan sisir kutu

Metode ini yang paling sering dan paling mudah dilakukan. Cukup menyisir rambut menggunakan sisir khusus sehingga kutu di kepala akan berjatuhan dan mati.

2. Obat kutu

Jika sisir kutu tidak berhasil mengurangi atau menghilangkan populasi kutu di rambut maka anda bisa menggunakan obat kutu. Saat ini ada beberapa obat kimiawi yang dapat digunakan untuk membunuh kutu yang bersarang di rambut Anda.

Menghilangkan rambut gatal akibat kutu harus segera dilakukan agar kutu tidak terus berkembang biak. Karena jika sudah berkembang biak, maka cara menghilangkannya juga membutuhkan tenaga yang ekstra.

Demikian beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit kepala akibat kulit kepala kering, akibat ketombe dan karena kutu. Temukan faktor penyebab rasa gatal tersebut dan pilih cara penanganan yang cocok seperti telah dituliskan di atas.

Komentar dan Tanggapan

  1. tana February 11, 2016
  2. Maria Agustiana Sribudhi Setya Ningrum Wiwid Winardi April 11, 2016
  3. lestari saputri May 9, 2016
  4. eviyanah June 23, 2016
  5. Yendri Efita May 12, 2017

Tulis Komentar