Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dalam 5 Menit Tanpa Obat

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah tekanan darah yang terbaca di atas 140/90 mmHg. Jika anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi yang diderita maka anda perlu memperhatikan pola dan gaya hidup sehari hari anda. Apakah sudah sehat atau belum.

Pada dasarnya tekanan darah berfluktuasi secara alami sepanjang hari. Apa yang anda makan atau sedang anda pikirkan akan berdampak pada angka-angka tekanan darah anda.



Dan jika anda divonis menderita penyakit tekanan darah tinggi maka anda dituntut melakukan perubahan pada gaya hidup seperti menjalani diet rendah lemak dan mulai aktif berolahraga.

Tetapi ada kalanya anda mengalami situasi dimana tekanan darah mendadak naik dan anda harus segera menurunkan tekanan darah anda sesegera mungkin sebab jika tidak dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih berbahaya.

Dalam situasi seperti ini dokter biasanya telah memberi obat penurun tekanan darah yang secara instan dapat menstabilkan tekanan darah dengan cepat.

Sayangnya obat semacam ini juga sangat berbahaya terutama jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Efek yang paling sering ditimbulkan adalah berkurangnya fungsi organ tubuh yang lain seperti ginjal dan hati.

Jadi bagaimana cara menurunkan tekanan darah dengan cepat tanpa obat-obatan?


 

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit gaya hidup. Mengalami hipertensi menempatkan penderita pada risiko mengalami sejumlah kondisi medis yang serius seperti stroke dan penyakit jantung.

Berikut ini cara menurunkan tekanan darah tinggi dalam 5 menit tanpa obat-obatan (lihat gambar di atas):

1. Sentuhlah dengan lembut titik di bawah daun telinga anda (titik 1). Lalu tarik jari tersebut sampai ke bawah mendekati tulang selangka (titik 2). Lakukan gerakan jari tersebut dengan lembut, jangan memijat atau menekannya terlalu keras. Ulangi poin ini sebanyak 10 kali.

2. Titik ketiga yang perlu diperhatikan terdapat di wajah di dekat daun telinga pada jarak 0,5 cm dari telinga ke arah hidung (titik nomor 3 pada gambar).

Titik ini harus dipijit dengan ujung jari sekitar 1 menit pada kedua sisi wajah. Lakukan pijatan dengan keras tapi tidak sampai menimbulkan rasa sakit. Pijatan bisa dilakukan searah jarum jam atau tidak, yang penting anda merasakan ada tekanan pada titik tersebut.

Metode ini diperkenalkan oleh seorang dokter dalam klub sepakbola Rusia bernama Lu Huns dalam usahanya menjaga agar tekanan darah semua atlit di klubnya tetap stabil.

Menurut Lu Huns, setelah menjalani perawatan di atas, tekanan darah akan kembali normal. “Yang terpenting adalah aliran darah yang tepat,” ujar Lu Huns.

Pengobatan China percaya bahwa hal yang paling penting adalah menjaga aliran darah tetap mengalir lancar ke otot dan jaringan dengan tepat. Jika terjadi stagnasi darah di satu tempat maka pada saat itu pula perkembangan sebuah penyakit akan dimulai.

Cara Terbaik Menormalkan Tekanan Darah Secara Alami

Pengobatan China untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Pengobatan China untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Kabar baik bagi penderita hipertensi, saat ini ada beberapa metode sederhana dan out of the box yang dapat menormalkan tekanan darah.

Berikut ini beberapa tips dalam menurunkan tekanan darah menjadi normal dan terhindari dari hipertensi:

1. Berjemur sinar matahari

Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti dari University of Edinburgh menemukan bahwa orang yang terpapar sinar UV mengalami penurunan yang signifikan dalam tekanan darah bahkan sebelum tubuh mereka memproduksi vitamin D.

Alasannya, “sinar matahari mengubah nitrat yang tersimpan di dalam kulit menjadi oksida nitrat, sebuah senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah,” kata penulis studi Richard Weller, MD.

Meskipun Anda masih harus menggunakan tabir surya setiap hari, Dr. Weller mengatakan temuan ini dapat menjelaskan hubungan antara sinar matahari dan risiko lebih rendah dari penyakit jantung akibat penyempitan pembuluh darah.

2. Mengunjungi kebun binatang

Ketika orang-orang dalam sebuah studi di Jepang mengunjungi kebun binatang, tekanan darah sistolik mereka (angka atas) turun sebanyak 6%, dan diastolik mereka (angka bawah) mengalami penurunan sebesar 8%. Mengapa?

Ternyata mengamati hewan akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, menyebabkan tubuh lebih santai, menurunkan tekanan darah dan membantu mengatasi lonjakan adrenalin yang disebabkan oleh stres.

“Kita tahu bahwa kehangatan dan interaksi manusia sangat penting dalam mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah,” kata John Elefteriades, MD, kepala bedah kardiotoraks di Rumah Sakit Yale New-Haven. “Hewan dapat melayani hal yang sama,” Ujarnya.

3. Bermeditasi di tempat kerja


 

Karyawan yang melakukan meditasi di kursi kantor mereka selama 15 menit setiap hari menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah, menurut sebuah studi terbaru dari Australia.

“Meditasi dapat menenangkan sistem saraf simpatik-bagian fight-or flight,” kata Dr Elefteriades. Efeknya mirip dengan mengurangi produksi epinephrine, sebuah hormon yang meningkatkan tekanan darah Anda.

4. Memeluk pasangan

Cinta benar-benar adalah obat. Wanita yang sering memeluk pasangan mereka cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang hidup kurang kasih sayang, sebuah studi dalam jurnal Biological Psychology mengungkapkannya.

Manfaat tersebut mungkin berasal dari hormon oksitosin, yang tidak hanya membantu Anda merasa tenang, tetapi juga dapat meredam aktivitas sistem saraf simpatik di jantung dan pembuluh darah Anda, kata penulis studi Kathleen Cahaya, PhD.

5. Menggenggam grip

Memukul treadmill bukan satu-satunya olahraga yang dapat menguatkan jantung. Latihan isometrik seperti meremas pegangan seperti pegas handgrip selama 2 menit dan diulang sampai mendapatkan total 12 sampai 15 menit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan pastinya tanpa obat-obatan.

Demikian hasil penelitian dari American Heart Association dalam sebuah studi. Mengapa? setelah Anda melakukan kontraksi pada otot selama beberapa menit, maka tubuh harus memulihkan aliran darah ke tangan- yang dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Saat Anda mulai menjalani gaya hidup yang sehat, berarti Anda telah berinvestasi pada kesehatan anda. Mengurangi berat badan, aktif berolahraga dan makan dengan benar dapat membantu menurunkan tekanan darah anda dan menang melawan hipertensi.

Tulis Komentar