6 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Minyak atau sebum di wajah berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya luar seperti polusi dan debu yang akan masuk ke dalam pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit juga mampu menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit menjadi lebih kenyal.

Akan tetapi kadang kala karena beberapa faktor internal ataupun eksternal tubuh memproduk terlalu banyak minyak pada wajah yang akhirnya menimbulkan masalah baru seperti muka jadi berjerawat, wajah jadi mengkilap karena minyak sehingga tidak enak dipandang.

Kelebihan minyak di wajah akan menyebabkan kurangnya rasa percaya diri saat tampil di depan umum karena wajah akan terlihat kusam dan mengkilap. Wajah berminyak juga dapat menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah.

6 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

6 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Akibatnya pori-pori di wajah akan tertutup dan timbullah jerawat. Jika ada bakteri yang masuk maka kemungkinan terjadi infeksi dan akhirnya muncul parut dan bekas jerawat parah.

Penyebab Wajah Berminyak

Seperti dijelaskan di atas, ada dua hal yang menyebabkan wajah berminyak yaitu faktor internal seperti lonjalan hormon atau sedang stres dan faktor eksternal seperti makanan berlemak dan salah menggunakan kosmetik. Berikut ini beberapa faktor penyebab wajah berminyak yang perlu anda ketahui:

  • Makanan berlemak
  • Hormon tubuh yang tidak seimbang
  • Salah dalam memilih kosmetik
  • Keturunan atau genetis

Wajah berminyak menyebabkan wajah jadi kusam dan berjerawat. Anda bisa memilih banyak metode untuk mengurangi minyak di wajah anda tetapi langkah terbaik yang sebaiknya anda lakukan adalah mengetahui dengan pasti faktor penyebab minyak berlebih dan kemudian menghindari penyebab tersebut.

6 Cara Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak

Bagi anda yang sampai saat ini mengalami masalah wajah berminyak, berikut ini 6 tips cara merawat wajah berminyak dan berjerawat:

1. Mencuci wajah

Cucilah wajah dengan air bersih untuk menghindari minyak berlebih di wajah anda, caranya ialah dengan mencucinya menggunakan sabun khusus muka sebanyak 2 kali sehari. Cucilah dengan sabun namun jangan berlebih karena dapat mengikis lapisan kulit wajah dan akan berbahaya apabila terpapar sinar matahari bahkan produksi minyak juga akan bertambah banyak.

Advertisement

2. Minum air putih

Air putih memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia. Minumlah 2 liter air dalam sehari untuk menjaga metabolisme tubuh, sebab di saat kegiatan yang ekstra terjadi tubuh yang banyak mengandung air akan mengeluarkan minyak lebih sedikit.

3. Putih telur

Perawatan muka berminyak selanjutnya ialah dengan menggunakan putih telur sebagai masker. Caranya dengan memecahkan telur dan pisahkan kuning dan putih telur lalu kocok putih telur sampai berbusa. Oleskan ke wajah dan biarkanlah mengering lalu selanjutnya bersihkan dengan menggunakan air hangat.

4. Menggunakan air hangat

Handuk kecil yang dicelupkan ke dalam air hangat kukuh yang telah dicampur sedikit garam dapat juga digunakan untuk merawat wajah berminyak. Usapkan secara perlahan di area wajah dan rasakan sensasi kesejukannya sebab air hangat akan membuka pori wajah dan garam akan mengangkat kotoran pada wajah anda.

5. Menggunakan tomat/timun/kentang

Ketiga buah di atas dapat digunakan sebelum tidur, caranya dengan dicuci terlebih dahulu lalu iris dari salah satu buah tersebut. Usapkanlah ke wajah anda dan biarkan sampai kering, keesokan harinya usaplah wajah anda dengan menggunakan handuk dan air hagat. Kemudian langkah terakhir bilaslah wajah anda dengan menggunakan air dingin karena ini dapat menutup kembali pori wajah anda.

6. Daun seledri

Selain menjadi penyedap makanan, daun seledri juga dapat digunakan untuk merawat wajah berminyak dan berjerawat. Seledri sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak pada wajah.

Caranya dengan memotong kecil-kecil daun seledri dan masukkan dua gelas air dan tunggu sampai mendidih. Oleskanlah pada wajah anda secara merata dan tunggu sampai benar-benar meresap dan lanjut bilas dengan membersihkan wajah.

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, anda juga bisa menggunakan pelembab alami khusus kulit berminyak. Pelembab ini sangat baik dalam mengendalikan produksi minyak di wajah.

Demikian informasi singkat mengenai penyebab wajah jadi berminyak dan tata cara merawat wajah berminyak dan berjerawat, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar