Makanan Sehat Setelah Melahirkan Agar Tubuh Tetap Sehat

Advertisement

Setelah melahirkan, umumnya seorang Ibu akan memiliki wajah pucat, hal tersebut lumrah terjadi mengingat banyaknya darah yang dikeluarkan saat melahirkan anak. Agar kondisi sang Ibu cepat pulih pasca melahirkan maka dia membutuhkan makanan sehat yang dapat mengganti darah yang terbuang tadi dalam waktu singkat.

Apa saja makanan-makanan sehat pasca melahirkan yang dapat memulihkan kesehatan dan kesegaran sang Ibu? Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan yang cocok untuk Ibu muda setelah melahirkan.

Sebenarnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah melahirkan sama pentingnya dengan saat kehamilan, makanan yang masuk ke dalam tubuh pasca melahirkan akan langsung mempengaruhi tingkat energi tubuh.

Makanan sehat setelah melahirkan

Makanan sehat setelah melahirkan

Karena itu pastikan sang Ibu mendapatkan jumlah vitamin yang cukup untuk diri dan bayinya. Makanan sehat sangat berguna untuk mengembalikan energi yang hilang setelah melahirkan, di sisi lain bayi juga membutuhkan gizi dari Ibu yang kuat dan sehat

Makanan sehat dari produk susu rendah lemak

Produk susu adalah salah satu makanan penting selama menyusui. Selain mengandung protein, vitamin B dan vitamin D, produk susu juga adalah salah satu sumber kalsium terbaik.

Jika anda menyusui maka ASI yang anda keluarkan akan sangat bagus untuk pembentukan tulang bayi anda. Untuk hasil maksimal, minumlah tiga cangkir susu setiap hari.

Susu yang baik agar tetap sehat setelah melahirkan adalah produk susu dengan kadar lemak yang rendah, jenis susu seperti ini memang pada umumnya diperuntukkan untuk Ibu yang sedang menyusui anaknya. Sang Ibu mendapat asupan kalori dan protein yang tinggi sementara anak tetap mendapat nutrisi yang cukup.

Daging sapi tanpa lemak

Seorang Ibu yang baru melahirkan butuh tambahan energi untuk memulihkan kondisinya, kekurangan zat besi akan menguras energi sehingga sulit baginya memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi. Oleh karena itu, sang Ibu butuh makanan yang kaya zat besi seperti daging sapi tanpa lemak yang mengandung protein tambahan dan vitamin B 12 yang cocok buat ibu menyusui.

Memakan daging sapi sebaiknya dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip food combining terutama dalam hal kombinasinya. Makanlah daging sapi hanya dengan sayuran agar pencernaan tetap lancar dan tidak terhambat.

Advertisement

Telur

Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D yang sangat bermanfaat untuk menjaga tulang tetap kuat dan membantu tulang bayi tumbuh. Rutin mengkonsumsi telur merupakan cara sehat setelah melahirkan yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu.

Makanlah dua butir telur setiap hari yang dicampur dengan segelas susu, aduk rata dan minum selagi hangat. Lakukan kebiasaan tersebut selama satu bulan maka kondisi Ibu setelah melahirkan akan segera pulih.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, pilihlah telur yang diperkaya DHA untuk meningkatkan tingkat asam lemak esensial dalam susu Anda. Anda juga bisa mengolahnya sebagai telur rebus atau telur dadar untuk santap siang dan malam anda.

Makanan sehat lain yang baik untuk Ibu setelah melahirkan adalah kacang-kacangan dan bubur kacang ijo. Makanan tersebut akan memperlancar peredaran darah dan akan memperbanyak ASI untuk bayi. Dengan makanan tersebut maka Ibu dapat memulihkan kesehatannya kembali dengan cepat dan segar bugar setelah melahirkan.

Demikian sedikit informasi mengenai makanan sehat setelah melahirkan untuk para Ibu agar kebutuhan gizi anak dan dirinya tetap terpenuhi, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. rhomy rahman March 14, 2012

Tulis Komentar