Melangsingkan Badan Secara Alami Dengan Food Combining

Food combining untuk melangsingkan badan merupakan salah satu metode yang cukup populer saat ini, terutama di tengah-tengah semakin maraknya makanan instan dan tidak sehat.

Seperti namanya, food combining mengkombinasikan jenis makanan dengan berbagai macam variasi dan tata cara makan yang benar.

Tidak seperti jenis diet yang lain, metode food combining tidak terlalu mempedulikan jumlah makanan yang dikonsumsi, selama kombinasinya benar dan dimakan di waktu yang benar maka diet tersebut sudah benar.

Diet food combining agar tubuh jadi langsing

Diet food combining agar tubuh jadi langsing

Adapun jenis kombinasi makanan dengan metode food combining disusun dengan cara memadukan antara daging, sayuran dan buah-buahan, dimana porsi untuk daging sendiri lebih sedikit dibandingkan dengan porsi sayuran.

Tujuan utama melakukan diet food combining adalah menjadi sehat. Adapun cara mengolahnya adalah dengan membuat salad.

Jadi dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan cara yang benar akan memberi kesempatan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri dari penyakit dan mencari berat yanf ideal bagi tubuh.

Manfaat Food Combining

Banyak pelaku food combining yang mengaku mengalami penurunan berat badan yang drastis setelah menjalani gaya hidup tersebut. Karena hasilnya yang luar biasa tersebut maka metode ini dengan cepat menjadi populer terutama di kalangan wanita.

Food combinig adalah salah satu jenis diet yang mengajarkan pola makan yang benar dan sehat. Apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh, bagaimana memakanannya dan kapan waktu yang tepat dimakan. Karena manfaatnya yang besar, saat ini food combining dikenal sebagai salah satu cara melangsingkan badan secara alami.

Metode yang paling terkenal dari diet ini adalah memisahkan makanan yang mengandung protein hewani dengan semua jenis karbohidrat. Sehingga saat makan, Anda tidak boleh mengkonsumsi nasi dengan ikan secara bersamaan.

Advertisement

Anda juga tidak boleh lagi makan bakso yang enak tersebut. Mengapa? karena bakso adalah penggabungan antara daging dengan tepung. Jika ingin makan daging maka konsumsilah dengan sayuran. Jika ingin makan nasi atau roti makan konsumsilah dengan protein nabati seperti tempe.

Adapun beberapa tahapan metode food combining yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan adalah sebagai berikut:

  1. Awali dengan secangkir air jeruk nipis

Jika Anda ingin melangsingkan tubuh dan menurunkan berat badan, maka Anda bisa mencoba teknik atau metode food combining dalam keseharian anda.

Air jeruk nipis adalah minuman pembuka untuk teknik food combining yang dijalankan. Pertama-tama awali hari anda dengan mengkonsumsi air jeruk nipis hangat di pagi hari. Jadikan perasan jeruk nipis tersebut sebagai minuman pertama anda saat bangun tidur.

Air jeruk nipis ini selain menyegarkan, juga bisa membakar lemak lebih cepat. Minuman jeruk nipis ini juga berfungsi sebagai minuman tonik liver. Dengan rajin meminum perasan jeruk nipis hangat setiap pagi hari, akan membangkitkan semangat Anda sepanjang hari.

  1. Sarapan buah

Adapun pola food combining untuk melangsingkan badan selanjutnya adalah sarapan buah-buahan. Mengapa memilih buah di pagi hari? karena buah-buahan lebih mudah dicerna.

Di pagi hari, umumnya energi pada tubuh lebih banyak dihabiskan dalam proses pembuangan zat sisa metabolisme setelah semalaman bekerja. Dengan mengkonsumsi buah yang lebih mudah dicerna berarti membantu efisiensi sistem pencernaan.

Buah yang baik sebagai sarapan adalah yang memiliki rasa manis, mengandung serat tinggi dan berair. Hindari memilih buah-buahan cempedak, durian, pisang, dan nangka sebagai menu sarapan di pagi hari Anda.

Supaya tidak lapar, konsumsi buah bisa dilakukan secara repetitif atau berulang-ulang setiap satu jam.

  1. Menu makan siang dan malam

Jika di pagi hari Anda telah mengisi perut dengan mengkonsumsi jeruk nipis yang hangat dan dilanjutkan dengan konsumsi buah saat sarapan, maka saat tepat tengah hari anda boleh makan siang dengan menu bebas. Begitu juga saat makan malam.

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan dalam metode food combining adalah anda tidak boleh mengkonsumsi protein dan karbohidrat secara bersamaan. Sebagai contoh, jika Anda mengkonsumsi ikan atau makanan dengan kandungan protein hewani, maka anda tak boleh menggabungnya dengan nasi.

Pasangan tepat daging adalah sayuran. Enzim dalam sayuran akan membantu sistem pencernaan dalam mengolah daging yang masuk ke dalam tubuh.

Saat makan malam, apabila Anda ingin mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat maka Anda dapat memadukannya dengan sayuran, tempe atau tahu.

  1. Makan dengan tenang

Salah satu syarat untuk menjalankan pola diet food combining adalah makan secara tenang. Sebaiknya saat Anda sedang makan, Anda harus duduk dengan tenang, hindari terlalu banyak bergerak.

Jangan menonton televisi atau membaca koran sambil makan. Aktifitas multitasking saat makan akan mengganggu kerja sistem syaraf. Makan tidak tenang adalah penyebab mengapa banyak orang yang tetap merasa lapar meskipun sudah makan.

Selain itu, kunyahlah makanan dengan tenang dan lembut. Para ahli food combining menyarankan untuk mengunyah makanan sampai 25 kali sebelum ditelan. Cara ini berguna untuk merangsang air liur dalam memproduksi enzim pencernaan yang dibutuhkan.

Menelan makanan yang betul-betul telah hancur berarti membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh supaya tidak bekerja terlalu keras dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

  1. Makan dengan kenyang

Syarat melakukan pola diet food combining lainnya adalah Anda bisa mengkonsumsi makanan sekenyang-kenyangnya. Anda tak perlu mengurangi porsi makan sedikit mungkin. Namun perlu diingat, konsumsilah makanan dalam porsi yang wajar.

Tujuan melakukan diet food combining adalah agar tubuh jadi sehat, adapun badan jadi langsing hanyalah bonus yang didapatkan karena pola makan yang benar tersebut.

Selain food combining, anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk melangsingkan tubuh secara alami, misalnya menggunakan resep dari jeruk nipis atau dengan mengkonsumsi beberapa resep tradisional lain agar perut jadi langsing dan rata.

Bagi anda yang ingin melangsingkan badan secara alami atau ingin mengecilkan  perut buncit tanpa harus menjalani diet yang keras, anda bisa mencoba melakukan metode food combing.


Tulis Komentar