Kenali 6 Gejala Gagal Ginjal Berikut Ini Sebelum Terlambat

Penyakit ginjal kronis atau yang biasa disebut gagal ginjal merupakan suatu keadaan ketika ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Gejala gagal ginjal sebagian besar dapat diketahui secara dini melalui pemeriksaan fisik dan tes laboratorium.

Gagal ginjal dapat berupa kerusakan pada fungsi ginjal, kelainan jaringan, maupun komposisi urine dan darah atau tes pencitraan ginjal yang dialami seseorang selama lebih dari tiga bulan.



Berdasarkan data riset Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2013, sebanyak 0.2% dari total penduduk Indonesia mengalami gagal ginjal.

Sementara data lain menyebutkan bahwa pada tahun 2014 pasien gagal ginjal yang melakukan cuci darah paling banyak disebabkan hipertensi yaitu sebanyak  37%, diikuti oleh diabetes 27% serta kelainan bawaan 10%.

Baca juga: 16 Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Gejala-Gejala Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal sebenarnya masih dapat diatasi asalkan kita mampu mengindentifikasi gejala dininya. Nah, agar penanganan gagal ginjal tidak terlambat, ada beberapa gejala gagal ginjal yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Tubuh Menjadi Lebih Mudah Lelah


 

Ginjal merupakan salah stau organ vital yang memiliki sistem kerja yang sangat teratur. Selain berfungsi sebagai saluran ekskresi, fungsi lain dari ginjal yakni memproduksi hormon eritropoietin.

Hormon tersebut bertugas untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar mampu memproduksi sel darah merah yang berfungsi membantu proses metabolisme.

Nah, ketika ginjal mengalami penurunan dalam memproduksi hormon eritropoietin, produksi sel darah merah dalam tubuh pun berkurang, alhasil tubuh menjadi lebih mudah lelah. Kekurangan sel darah merah atau anemia juga dapat menjadi gejala gagal ginjal awal.

2. Perubahan Warna dan Pola Air Seni

Ginjal memiliki fungsi menyaring seluruh cairan dalam tubuh serta mengeluarkannya melalui saluran kencing. Ketika ginjal kita mengalami masalah, maka akan terjadi perubahan pada pola dan warna air seni seperti:

  • Adanya gelembung pada urine
  • Kebiasaan buang air kecil pada malam hari
  • Warna urine menjadi lebih pucat
  • Volume buang air kecil semakin sedikit
  • Terdapat darah dalam urine
  • Serta kesulitan buang air kecil.
Gejala gagal ginjal kronis

Gejala awal gagal ginjal

3. Sakit Punggung

Gagal ginjal biasanya tidak terlalu menampakkan gejalanya pada tahap awal. Ketika ginjal sudah tidak mampu melakasanakan tugasnya dengan sempurna, biasanya bagian punggung atas akan terasa nyeri.

Rasa sakit yang luar biasa pada area punggung dan pinggang tidak jarang membuat penderitanya tiba-tiba tidak mampu menggerakkan badan, terutama pada malam hari.

4. Bengkak di Area Mata

Pembengkakan di area mata biasanya menjadi gejala gagal ginjal serius. Pada tingkat ini, ginjal sudah tidak mampu menyaring racun dalam tubuh dengan baik, akibatnya terjadi penumpukan protein yang berlebihan pada beberapa organ, termasuk mata.

Protein yang menimbun dalam tubuh akan menimbulkan bengkak di bagian mata. Jika gejala gagal ginjal sudah mencapai tahap ini, ada baiknya Anda segera meminta pertolongan dokter.

5. Bengkak di Area Tungkai

Selain mata, area tungkai juga sering mengalami pembengkakan pada penderita gagal ginjal. Kondisi ini disebabkan oleh sisa protein dalam tubuh yang tidak mampu terurai dengan sempurna.

Namun, perlu diingat bahwa tungkai bengkak tidak selalu berkaitan dengan gejala gagal ginjal. Itulah sebabnya Anda harus segera mendapatkan perawatan medis jika gejala yang satu ini sudah terjadi cukup lama agar dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat sesuai diagnosis penyakitnya.


 

6. Muncul Ruam Pada Kulit

Ginjal yang tidak mampu bekerja dengan sempurna akan meninggalkan racun dan limbah tubuh yang dapat menimbulkan berbagai keluhan mulai pembengkakan hingga munculnya ruam pada kulit.

Ruam dan gatal ini biasanya muncul di area kulit punggung, tungkai, dada, hingga kepala. Jika sudah terlalu parah, obat pereda gatal biasa pun tidak mampu meredakannya.

Tahap selanjutnya dari kegagalan fungsi ginjal adalah CKD atau penyakit ginjal kronis. Pengobatan penyakit ini biasanya melibatkan cuci darah atau cangkok ginjal.

Mengapa Menderita Gagal Ginjal

Ginjal Anda adalah sepasang organ yang terletak ke arah punggung bawah Anda. Fungsinya adalah menyaring darah dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Gagal ginjal kronis terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah. Banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan ginjal dan fungsi, seperti:

  • Paparan racun karena polusi lingkungan
  • Akibat penyakit akut tertentu
  • Mengalami dehidrasi berat
  • Trauma pada ginjal
  • Pengaruh efek samping obat anti biotik

Tubuh akan mengalami kesulitan mengeluarkan toksin/racun dari dalam tubuh jika ginjal tidak dapat berfungsi normal. Dalam jangka panjang organ ginjal rusak dan menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Semoga dengan mengetahui beberapa gejala gagal ginjal di atas, kita dapat segera melakukan penanganan medis agar tidak muncul berbagai penyakit komplikasi lain akibat gagal ginjal.

Agar ginjal kita dapat tetap berfungsi dengan baik, biasakan untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh serta hindari minuman-minuman yang mengandung pewarna dan zat kimia berbahaya.

Tulis Komentar