Daftar Makanan yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit gaya hidup dan genetik yang terjadi dalam jangka panjang dan ditandai dengan kadar gula dalam darah yang sangat tinggi.

Untuk menjaga agar kadar gula darah tetap normal, semua penderita perlu mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Karena itu semua penderita perlu mengetahui jenis makanan yang cocok untuk diabetes.



Salah makan akan mengakibatkan gula darah naik dan menimbulkan beberapa kondisi medis seperti pusing, kelelahan dan yang paling gawat adalah serangan jantung.

Pola makan yang benar adalah hanya mengonsumsi makanan sehat dan menghindari semaksimal mungkin berbagai makanan olahan yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi.

Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan penderita diabetes yang aman dikonsumsi.

Buah dan Sayuran Adalah Makanan Penderita Diabetes yang Paling Aman

Makanan penderita diabetes adalah jenis makanan rendah gula dan rendah lemak. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat memicu diabetes apalagi jika kita sudah memiliki gen diabetes dalam tubuh yang diwariskan dari orang tua kita.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang erat hubungannya dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Menjalani gaya hidup yang sehat, dan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu kita terhindar dari penyakit tersebut.


 

Lalu makanan apa saja yang aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut ini beberapa daftar makanan penderita diabetes yang aman dikonsumsi.

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang berdaun agak gelap dan sangat dianjurkan bagi penderita penyakit diabetes. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan dalam sayur bayam terdapat lutein. Lutein inilah yang berfungsi untuk menetralkan kembali kandungan gula dalam darah.

Makanan penderita diabetes yang aman dikonsumsi

Makanan penderita diabetes yang aman dikonsumsi

2. Beras merah

Beras merah sering dianjurkan oleh dokter dalam menangani pasiennya yang terkena penyakit diabetes. Dokter lebih menganjurkan mengonsumsi beras merah dibandingkan dengan beras putih biasa karena pada beras merah kandungan karbohidratnya lebih sedikit daripada beras putih.

Selain itu, beras merah lebih banyak mengandung serat sehingga beras merah tidak menyebabkan penderita cepat mengantuk. Sementara orang yang mengonsumsi beras putih cenderung lebih cepat mengantuk. Rasa mengantuk akan menyebabkan orang lebih cepat tidur setelah makan sehingga akan memicu naiknya kadar gula dalam darah.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar juga adalah salah satu makanan penderita diabetes yang aman. Kandungan dalam ubi jalar yang berguna untuk mengurangi kandungan gula dalam darah adalah HbA1c. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk pencernaan.

Kandungan glukosa dalam ubi jalar juga lebih rendah daripada kentang sehingga ubi jalar dapat digunakan untuk menggantikan kentang.

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa rasa khawatir. Pasalnya, brokoli mengandung senyawa yang bernama sulforaphane. Senyawa sulforaphane ini berguna untuk melindungi dan mengatasi kerusakan dinding pembuluh darah yang diakibatkan oleh diabetes. Fungsi lain dari senyawa ini juga dapat sebagai kontrol kadar glukosa dalam darah.

5. Ikan

Ikan ternyata juga dapat dikonsumsi oleh orang yang terkena diabetes. Namun ikan yang digunakan untuk dikonsumsi adalah ikan yang banyak mengandung Omega 3 seperti ikan salmon. Mengapa demikian?

Omega 3 yang terkandung dalam ikan dapat digunakan untuk mengatasi peradangan. Selain itu, dengan mengonsumsi ikan, tubuh akan lebih cepat kenyang karena kandungan protein yang banyak pada ikan. Beberapa jenis ikan yang disarankan untuk penderita diabetes adalah ikan salmon dan ikan tuna.

6. Buah-buahan

Rata-rata, buah adalah makanan yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes karena buah memiliki kandungan gula yang alami dan tidak menimbulkan efek samping.

Ada beberapa buah yang direkomendasikan untuk orang yang terkena diabetes, antara lain adalah buah naga, alpukat, mengkudu, papaya, belimbing, jambu air, dan apel hijau.

7. Sayuran

Beberapa jenis sayuran lainnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah tauge, kangkung, kacang merah, kacang tanah, sawi hijau, selada, dan sayur pare.

Demikian daftar makanan penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Makanan tersebut bersifat referensi, pilihan tetap di tangan anda bagaimana memilih makanan yang enak sekaligus sehat.


 

Konsumsi makanan dengan karbohidrat yang tinggi berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah tapi meski demikian anda tidak perlu menghindari jenis makanan tersebut sama sekali. Anda hanya perlu memilih dengan benar jenis karbohidrat apa yang aman.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, penderita sakit kencing manis juga disarankan untuk mengonsumsi obat alami diabetes melitus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilihlah Makanan Dengan Serat Tinggi

Secara umum batasilah sumber karbohidrat dari bahan olahan seperti roti tawar, pasta, nasi putih, minuman soda, permen, fast food, junk food dan berbagai jenis makanan ringan yang banyak dijual di toko-toko.

Fokuslah pada makanan karbohidrat serat tinggi yang dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. Makanan ini umumnya membutuhkan proses lebih lama dalam pencernaan sehingga insulin tidak terlalu banyak diproduksi.

Contoh makanan serat tinggi adalah makanan dari bahan biji-bijian seperti nasi merah, roti gandum, sereal dengan biji yang utuh (whole grain)

Selain mengonsumsi makanan, ada baiknya penderita diabetes dapat melakukan kegiatan yang dapat mengatasi diabetes seperti olahraga secara rutin, memperbanyak minum air putih setiap hari, menghindari makanan yang dilarang untuk penderita diabetes, dan melakukan tips untuk mengobati penyakit diabetes lainnya.

Diabetes adalah penyakit yang cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan benar. Bahkan penyakit ini sering kali mengakibatkan kematian bagi para penderitanya. Di Indonesia sekitar 10 juta orang mengidap penyakit ini dan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Diabetes tidak bisa disembuhkan dan sampai saat ini belum ada satu pun obat paten yang dapat menyembuhkan penyakit ini sampai tuntas. Pada tahap tertentu, penderita diabetes wajib mendapat suntik insulin yang bertujuan untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.

Demikian informasi singkat daftar makanan penderita diabetes. Silahkan share informasi ini ke teman atau anggota keluarga yang menderita diabetes.

Tulis Komentar