15 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Diabetes Melitus

Ada banyak faktor penyebab diabetes yang jarang diketahui orang. Salah satunya adalah mengonsumsi aneka makanan dan minuman yang berpotensi memicu kadar gula darah meningkat.

Meminimalkan atau menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu diabetes bisa membantu memperkecil risiko terkena diabetes sejak dini. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan dan minuman penyebab diabetes melitus yang wajib dihindari atau dikurangi.



Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman penyebab diabetes melitus yang tidak kita sadari :

  1. Permen

Permen diolah dengan menambahkan bahan pemanis dan pengawet makanan. Meski kadar gulanya kecil, dan hampir tak terasa, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa berefek meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

  1. Jus Buah Kemasan

Tahukah Anda, jus buah bisa menyebabkan diabetes? Jus buah kemasan yang dibuat di pabrik mengandung gula halus dan pemanis buatan khusus untuk makanan.

Makanan dan minuman penyebab diabetes melitus

Makanan dan minuman penyebab diabetes melitus

  1. Kentang Goreng

Kentang goreng bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik dengan cepat, karena banyaknya kandungan minyak dan karbohidrat padatdalam kentang goreng. Bila Anda penyuka kentang, sebaiknya ganti kentang goreng dengan kentang rebus atau kentang kukus.


 

  1. Roti Tawar Putih

Di balik tampilannya yang menggoda, bahan pembuat roti putih yaitu bahan pati alami, bisa memicu risiko meningkatnya kadar gula dalam darah dan jumlah kalori. Karbohidrat dalam roti sangat kompleks dan di dalam tubuh sulit diolah untuk proses metabolisme. Sehingga otomatis tubuh membutuhkan lebih banyak insulin.

  1. Nasi Putih

Nasi putih salah satu makanan pemicu diabetes karena nilai indeks glikemik yang tinggi. Jumlah karbohidratnya cukup tinggi bisa memicu kadar gula darah lebih gampang naik. Mengurangi nasi salah satu upaya untuk memperkecil risiko diabetes melitus.

  1. Minuman Bersoda

Di Amerika minuman bersoda menjadi salah satu penyebab meningkatnya risiko diabetes militus di kalangan remaja. Kandungan zat pemanis buatan dan gula tambahan dalam minuman bersoda disinyalir menjadi penyebab meningkatnya kadar gula darah dengan cepat.

  1. Susu

Kandungan lemak yang cukup tinggi dalam susu, akan meningkatkan reaksi tubuh terkena resistensi insulin. Resistensi insulin, adalah kondisi tubuh membutuhkan banyak insulin untuk memecah kadar gula darah, namun tubuh tak tak memiliki cadangan insulin yang cukup. Untuk orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi susu yang rendah lemak.

  1. Daging Merah

Daging merah, merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kalori dan kolesterol yang tinggi.  Selain itu lemak jenuh menyebabkan tubuh akan menyerap lemak lebih banyak, namun organ pencernaan sulit mengolahnya. Mengkonsumsi daging merah berlebihan bisa menyebabkan diabetes, jantung dan stroke.

  1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji, banyak dipilih orang karena faktor kepraktisan. Namun, makanan cepat saji terdiri dari makanan yang digoreng, daging mentah dan nasi justru akan memperbesar angka gula darah.  Jadi, sebaiknya mengkonsumsi makanan cepat saji tidak terlalu sering dan dalam porsi yang  lebih kecil.

  1. Kismis

Dibalik rasanya yang manis ternyata kismis bisa menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat. Ini disebabkan karena kismis mengandung gula alami yang berasal dari buah-buahan. Itulah mengapa kismis bisa menjadi makanan berbahaya bagi penderita diabetes.

  1. Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi, ternyata bisa menyebabkan tubuh memerlukan insulin dalam jumlah yang lebih tinggi. Lalu, bila tubuh tak bisa memenuhi kebutuhan insulin,  kadar gula tak bisa masuk dalam sistem metabolisme.


 

Kondisi ini bisa menjadi faktor risiko tubuh terkena diabetes. Gemetar, tubuh tak nyaman dan emosi tak stabil merupakan gejala awal yang perlu menjadi perhatian bagi pencinta kopi.

  1. Daging Babi

Daging babi mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan tubuh dalam kondisi peradangan. Peradangan bisa membuat tubuh tak lagi bisa memproduksi insulin yang cukup.

  1. Apel

Dalam apel terdapat anti oksidan yang tinggi dan dipercaya bisa menigkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai jenis kanker.

Namun, mengkonsumsi apel dalam jumlah besar setiap hari justru bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes. Ini disebabkan kandungan karbohidrat apel yang sangat tinggi, dapat membuat tubuh mengalami resistensi insulin.

  1. Mangga

Tahukan Anda mengkonsumsi buah mangga secara berlebihan bisa mengebabkan diabetes? Dalam jumlah terbatas mangga bisa memberikan manfaat kesehatan. Namun mengkonsumsinya tiap hari, justru memicu risiko diabetes karena kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi.

  1. Mie

Tepung, bahan utama pembuat mie yang mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Selain itu, mie sulit dicerna dalam organ pencernaan, sehingga menyebabkan karbohidrat yang terkandung dalam mie sulit terserap tubuh yang mengakibatkan tubuh membutuhkan insulin lebih banyak.

Penderita diabetes atau kencing manis memerlukan perawatan harian secara kontinu seperti memantau kadar gula dalam darah, hanya mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Mengontrol berat badan Anda adalah salah satu aspek penting lainnya dalam mengelola diabetes tipe 2. Dengan hanya mengurangi 1 kilogram berat badan akan sangat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol glikemik, mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL, dan menurunkan tekanan darah penderita.

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman penyebab diabetes melitus atau penyakit gula yang harus dihindari atau dikurangi konsumsinya.

Tulis Komentar