Makanan yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan organ penting, yang berfungsi untuk menyaring darah dan membuang racun dari tubuh. Ginjal yang terlanjur bermasalah sangat mudah kambuh akibat faktor eksternal seperti lelah atau pengaruh makanan yang dikonsumsi. Itulah sebabnya penderita gagal ginjal harus menghindari makanan pantangan tertentu.

Makanan pantangan penderita penyakit ginjal biasanya sulit dihindari karena merupakan makanan sehari-hari seperti nasi atau gandum. Tetapi mau tidak mau makanan-makanan tersebut harus dihindari agar penyakit ginjal tidak kambuh. Mengapa penderita ginjal memiliki makanan pantangan?



Kedua ginjal kita adalah organ penting yang melakukan berbagai fungsi untuk menjaga darah tetap bersih dan seimbang secara kimiawi. Beberapa kali sehari, semua darah dalam tubuh akan melewati ginjal. Setiap harinya, kurang lebih 200 liter darah diuraikan oleh ginjal, yang menyaring sekitar dua liter bahan sisa serta air berlebihan.

Begitu pentingnya fungsi ginjal, sehingga bila ginjal mengalami gangguan, tubuh akan mengalami masalah serius. Tubuh akan keracunan oleh sampah sisa penguraian darah. Ini disebabkan karena sampah tidak bisa dikeluarkan sehingga akan menumpuk di dalam tubuh.

Ginjal yang terlanjur rusak tidak bisa berfungsi normal. Jika terdapat makanan pantangan yang masuk ke dalam tubuh, ginjal tidak bisa mengurainya dengan baik, akibatnya kondisi ginjal akan semakin buruk.
Jenis makanan pantangan penyakit ginjal

Makanan Pantangan yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Ginjal

Ginjal yang mengalami penurunan fungsi, harus segera diobati, bahkan jika diperlukan harus melakukan cuci darah. Selain melakukan pengobatan rutin, penderita gagal ginjal juga harus memperhatikan pantangan makanannya. Pola makan yang sehat, sangat penting untuk diterapkan bagi penderita gagal ginjal.

Seseorang yang mengalami kelainan dan kerusakan ginjal, harus mengatur asupan makanannya secara ketat dan mematuhi pantangan makanan. Biasanya penderita penyakit ginjal, tidak boleh memakan makanan dengan kandungan kalium dan protein yang tinggi. Begitupun dengan makanan dengan kandungan karbohidrat dan mineral yang tinggi.


 

Apa saja makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal? Berikut ini listnya:

1. Nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat utama bagi sebagian besar dari kita. Terkadang, sehari tak memakan nasi, terasa seperti belum makan. Namun begitu, bagi penderita penyakit ginjal, nasi bukanlah karbohidrat yang cocok untuk dikonsumsi.

Dalam nasi terkandung gula yang akan menimbulkan rasa haus saat mengonsumsinya. Oleh karena itu nasi termasuk makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal.

2. Gandum

Selain nasi, gandum juga adalah bahan makanan pantangan penyakit ginjal. Roti yang terbuat dari gandum atau sereal harus dihindari. Bagi penderita ginjal, karbohidrat dari gandum tidaklah cocok, sebab tidak bisa dicerna oleh tubuhnya.

Bagi orang sehat, gandum adalah makanan yang sehat, namun bagi penderita ginjal gandum adalah makanan pantangan yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi sama sekali.

3. Kentang

Kentang juga merupakan sumber karbohidrat yang harus dihindari oleh penderita ginjal. Memakan kentang akan menyebabkan rasa haus yang membuat seseorang ingin minum banyak air, agar makanan dapat dicerna dengan baik.

Sedangkan bagi pasien penyakit ginjal, tidak boleh minum air terlalu banyak. Karena tubuh tidak mampu mengeluarkan air lewat urine, kelebihan cairan justru bisa menyebabkan komplikasi yang tak diharapkan.

4. Telur

Telur merupakan makanan pantangan penderita penyakit ginjal yang harus dihindari. Kandungan protein tinggi dalam telur, akan sulit disaring oleh ginjal yang mengalami penurunnan fungsi. Sehingga, makanan yang ginjal itu sendiri.

5. Umbi – umbian

Kelompok makanan ini mengandung gula dan protein. Sehingga umbi-umbian seperti singkong dan ubi, terlarang bagi penderita ginjal, karena akan menyebabkan rasa haus yang lumayan.

6. Daging

Daging termasuk makanan pantangan penyakit ginjal. Semua jenis daging, seperti daging sapi dan ayam mengandung protein hewani yang tinggi. Jenis makanan ini cukup sulit disaring tubuh penderita penyakit ginjal. Bagi penderita ginjal, disarankan mengkonsumsi daging ikan yang mengandung omega 3

7. Cokelat

Cokelat mengandung fosfor dan potasium tinggi, yang bisa menyebabkan gagal jantung bila dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Kandungan potasium yang menumpuk dan tidak tidak dikeluarkan dari tubuh akan melemahkan denyut jantung, membuat detak jantung tak stabil hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.

8. Keju

Keju yang merupakan makanan hasil olahan susu, juga tak boleh dikonsumsi penderita ginjal. Penderita penyakit ginjal wajib berpantang makan keju.

Keju mengandung kalium, fosfor serta kandungan potasiumnya tinggi. Kalium harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Sedangkan, makanan yang mengandung banyak fosfor bila menumpuk dalam aliran darah, akan menyedot kalsium dalam tubuh.


 

9. Sayuran

Sayuran mengandung banyak mineral dan nutrisi, yang justru tak boleh dikonsumsi banyak-banyak oleh penderita gagal ginjal.  Banyak mineral dalam sayur yang sulit dicerna oleh ginjal yang sudah mengalami penurunan fungsi atau yang sudah rusak. Sehingga, mineral-mineral yang tak bisa dicerna itu bisa menumpuk di paru-paru, yang bisa berakibat fatal.

10. Buah – Buahan

Orang sakit, seringkali disajikan buah-buahan karena kandungan mineralnya yang tinggi. Namun, hal itu tidak berlaku untuk penderita penyakit ginjal. Justru kandungan mineral yang banyak dalam buah tak bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Apalagi, sebagian besar buah-buahan juga mengandung potasium, diantaranya : semangka, jeruk, alpukat, pepaya, dan pisang.

11. Gorengan

Makanan yang digoreng merupakan makanan yang harus dihindari penderita penyakit ginjal. Minyak dalam makan yang digorang bisa membuat terjadinya keracunan asam, sebab ginjal menolak mencernanya.

Penderita penyakit ginjal, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus saja. Itupun, tetap harus memperhatikan kadar mineral dalam makanan tersebut.

Betapa rumitnya jika menderita sakit ginjal, begitu banyak makanan pantangan yang harus dihindari. Kita yang sehat perlu menjaga baik-baik organ yang satu ini agar tetap sehat.

Sebaliknya, terdapat beberapa jenis makanan yang cocok untuk penderita gagal ginjal. Lebih konsumsi makanan rekomendasi tersebut dan menghindari makanan pantangan di atas. Demikian informasi singkat beberapa jenis makanan pantangan yang harus dihindari penderita penyakit ginjal, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar