Makanan Penyebab Asam Urat

Asam urat adalah sejenis artritis yang biasanya menyerang sendi perifer, yang paling sering diserang adalah jempol kaki, tapi juga bisa mempengaruhi lutut, siku, jempol atau jari. Minuman dan makanan adalah penyebab asam urat yang paling utama, terutama makanan yang memiliki kadar purin tinggi.

Asam urat disebabkan oleh endapan kristal asam urat di persendian, dimana asam urat adalah salah satu produk hasil metabolisme senyawa yang disebut purin.



Purin yang dipecah menjadi asam urat berasal dari dua sumber utama yaitu protein dan hasil metabolisme tubuh. Jadi konsumsi makanan yang mengandung purin merupakan salah satu penyebab asam urat tinggi dalam darah.

Begitupula, jika tubuh tidak bisa melakukan proses metabolisme secara sempurna maka sisa purin tidak akan dikeluarkan melalui urin tetapi mengendap di organ tubuh dan persendian.

Adapun faktor-faktor penyebab asam urat tinggi, meliputi:

  • Kelebihan berat badan – banyak pasien yang menderita asam urat juga memiliki masalah berat badan berlebih atau obesitas
  • Alkohol – Serangan asam urat akut seringkali disebabkan oleh terlalu banyak alkohol
  • Diet purin – Beberapa makanan penyebab asam urat tinggi diketahui mengandung purin
  • Diet ketat – Saat lapar kadar asam urat akan meningkat drastis
  • Penyakit ginjal – penyakit apapun, seperti gagal ginjal kronis, yang mencegah ginjal berfungsi dengan baik akan menyebabkan asam urat
  • Penyakit lain – penyakit seperti leukemia atau psoriasis dapat menyebabkan peningkatan produksi asam urat
  • Obat – senyawa kimia untuk mengobati hipertensi dan edema dapat menyebabkan serangan gout.
Makanan penyebab asam urat

Makanan penyebab asam urat

Bagaimana Makanan Menyebabkan Asam Urat

Purin secara alami berada di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan penyebab asam urat tinggi mengandung purin dan sulit dimetabolisme tubuh menyebabkan purin mengkristal di persendian dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.


 

Seringkali, seseorang mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin tinggi, tanpa menyadari bahwa kadar asam urat dalam darahnya semakin tinggi, karena tak mampu dikeluarkan secara tuntas oleh tubuh.

Sejatinya dalam kondisi yang normal, purin akan diproses oleh ginjal, sehingga tidak akan menyebabkan penyakit asam urat kambuh. Tetapi penderita asam urat biasanya memiliki masalah pada metabolisme tubuh terutama pada ginjal, yang membuat purin tiak bisa diolah sempurna dan bahkan mengkristal menjadi asam urat yang menyakitkan.

Untuk mencegah terkena serangan asam urat, ada baiknya kita mengenali jenis-jenis makanan penyebab asam urat tinggi. Begitu pula hal nya bagi orang-orang yang terlanjur memiliki masalah asam urat, sebaiknya menjaga pola makannya. Menghindari makanan-makanan yang mengandung purin tinggi, agar penyakit asam uratnya tidak semakin parah.

Sehingga untuk mencegah asam urat kambuh, penderita disarankan menghindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi. Dan karena itu di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan penyebab asam urat kambuh.

Jenis Makanan yang Mengandung Purin Tinggi

Berikut ini, berbagai jenis makanan penyebab asam urat karena mengandung purin yang sangat tinggi:

1. Daging Merah

Daging merah dan alkohol sebabkan asam urat meningkat

Daging merah dan alkohol sebabkan asam urat meningkat

Banyak orang yang tak menyadari atau kepikiran mengenai bahaya yang mengintai kesehatan di balik aneka olahan daging merah yang nikmat.

Memang daging merah mengandung sejumlah nutrisi  penting untuk tubuh, seperti protein, kalsium, vitamin B, zinc dan vitamin C. Namun, bukan berarti kita bisa mengkonsumsi daging merah secara berlebihan karena akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Kandungan lemak jenuh serta kolestrol pada daging merah, merupakan penyebab munculnya berbagai masalah kesehatan. Selain asam urat, penggemar daging merah juga berisiko mengalami masalah kardiovaskular seperti: jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

Jika anda penggemar protein hewani, anda bisa mengurangi konsumsi daging merah dan menggantinya dengan daging putih, seperti daging ayam untuk meminimalkan dampak buruk kesehatan.

2. Kacang-Kacangan

Semua jenis kacang-kacangan termasuk dalam jenis makanan penyebab asam urat. Hal ini karena purin banyak terkandung dalam kacang-kacangan yang merupakan sumber protein nabati.

Beberapa diantaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, melinjo dan tauge. Jangan menunggu terkena asam urat baru mengurangi jenis makanan ini. Bila sendi Anda mulai terasa sakit, sebaiknya kurangilah konsumsi kacang-kacangan tersebut.

3. Minuman keras

Minuman keras, seperti bir atau berbagai jenis minuman yang mengandung alkohol kecuali anggur, bisa memicu meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Orang yang rutin mengkonsumsi minuman keras, rentan menderita asam urat. Selain itu, minuman keras bisa memicu dehidrasi.

4. Makanan laut

Makanan laut sebabkan asam urat

Makanan laut sebabkan asam urat

Aneka jenis makanan yang dikenal sebagai seafood merupakan makanan penyebab kadar asam urat dan kolesterol karena memiliki kandungan purin yang tinggi.

Beberapa jenis seafood itu antara lain: ikan teri, tuna makarel, cumi-cumi dan sarden. Di samping itu, hewan laut bercangkang harus dihindari oleh penderta asam urat misalnya, kepiting, tiram, remis, lobster, kerang, dan udang harus dihindari.

Nah, mulai sekarang batasilah mengkonsumsi seafood untuk menghindari penyakit asam urat. Namun, bagi Anda penggila seafood yang bisa meninggalkan total makanan ini, mulai dengan mengurangi porsinya dan imbangi dengan olahraga rutin.

5. Minuman yang tinggi kadar gulanya

Semua jenis minuman bersoda atau minuman suplemen yang memiliki kadar gula tinggi sangat buruk bagi kesehatan dan merupakan pemicu meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

6. Obat-obatan

Obat-obatan sebabkan asam urat

Obat-obatan sebabkan asam urat

Mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti obat untuk menangani tekanan darah tinggi atau gagal jantung bisa memicu meningkatnya kadar asam urat.

Beberapa jenis obat-obatan yang dapat memicu serangan asam urat misalnya beta-blockers, diuretik, aspirin dan siklosporina. Oleh karena itu, bila Anda mengidap asam urat yang tinggi, penting untuk menyampaikan pada dokter sebelum meresepkan obat.

7. Makanan Olahan

Makanan olahan yang terbuat dari daging seperti abon dan dendeng, merupakan makanan yang bisa memiliki kadar purin tinggi dan bisa menyebabkan asam urat. Makanan jenis ini juga harus dihindari oleh penderita asam urat.


 

Sedang, bagi orang sehat harus membatasi mengkonsumsi jenis makanan ini, bila tidak ingin terkena asam urat. Makanan olahan di dalam kaleng juga mengandung kadar purin yang cukup tinggi, seperti ikan sarden, kornet sapi dan lainnya.

8. Makanan jenis lainnya

Di samping makanan jenis makanan di atas, masih ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, karena bisa menyebabkan asam urat. Beberapa jenis makanan itu adalah:

  • Gorengan atau makanan yang digoreng
  • Makanan bersantan
  • Produk olahan susu, seperti keju dan ice cream

Jika Anda pernah mengalami serangan asam urat atau memiliki asam urat tinggi dalam darah Anda (hiperurisemia), maka anda bisa mengurangi risikonya dengan menjaga pola makan yang sehat.

Prinsip dasar membatasi asupan makanan purin

Salah satu gejala asam urat yang paling umum adalah rasa sakit yang luar biasa pada persendian. Rasa sakit biasanya muncul sesaat setelah penderita mengonsumsi makanan pemicu.

Berikut ini beberapa tipa cara membatasi jumlah purin dalam darah:

  • Air – Minumlah air putih minimal enam gelas per hari dan pastikan Anda minuma segelas air sebelum tidur. Cara ini membantu menyingkirkan asam urat.
  • Tahu (bean curd) – Gunakan tahu sebagai sumber protein pengganti daging. Penelitian menunjukkan bahwa tahu meningkatkan sekresi asam urat.
  • Macronutrients – Lakukan diet tinggi karbohidrat (seperti roti, nasi dan pasta), protein yang sedang (misalnya tahu) dan rendah lemak.
  • Alkohol – Hindari atau batasi konsumsi alkohol.
  • Jaga Berat badan 

Ada bahaya asam urat yang mengintai jika penyakit ini tidak segera disembuhkan atau penderita kerap melawan pantangan seperti dijelaskan di atas.

Mengubah diet dapat membantu menurunkan risiko serangan gout di masa mendatang. Dokter menyarankan agar orang yang kelebihan berat badan dan menderita asam urat untuk melakukan diet dan rajin berolahraga serta mengatur asupan lemak dan kalori mereka.

Demikian informasi singkat jenis-jenis makanan penyebab asam urat yang harus dibatasi. Lakukan diet sehat dan aktif berolahraga agar tubuh dapat terbebas dari asam urat.

Tulis Komentar