16 Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Saat divonis menderita penyakit ginjal maka pada saat itu pula penderita harus mengubah pola makannya menjadi lebih sehat. Sebab beberapa makanan tertentu dapat memperparah penyakit ginjal yang diderita.

Pada dasarnya tujuan mengatur pola makan bagi penderita gagal ginjal kronis ada 2 yaitu:



  1. Untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh penderita.
  2. Untuk meningkatkan kesehatan penderita agar dapat beraktivitas normal.

Dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Selain dapat mengurangi beban kerja ginjal, makanan tersebut juga dapat membantu proses penyembuhan yang sedang dilakukan.

Untuk memahami mengapa penderita butuh makanan sehat, pertama kita harus memahami proses oksidasi dan radikal bebas. Oksidasi adalah proses normal di dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan merupakan bagian dari banyak perubahan kimia dalam tubuh Anda.

Namun, kadang-kadang dalam proses tersebut tercipta molekul yang disebut radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang memantul liar di di dalam tubuh Anda, merusak protein, gen dan membran sel.

Radikal bebas diyakini berkontribusi terhadap penuaan dan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit jantung dan penyakit Alzheimer.

Makanan super untuk penderita penyakit ginjal mengandung antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh.


 

Bahkan dalam jumlah yang relatif rendah, antioksidan dapat membantu memperlambat atau menghentikan laju oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Contoh antioksidan termasuk flavonoid, likopen dan vitamin C, E dan beta-karoten.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan semua penderita gagal ginjal kronis perlu mengonsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan tinggi.

Makanan sehat untuk penderita gagal ginjal kronis

Makanan sehat untuk penderita gagal ginjal kronis

Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Ginjal

Penderita penyakit ginjal umumnya lebih rentan mengalami peradangan dan memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang memiliki ginjal sehat.

Jika Anda misalnya menderita batu ginjal, sangat penting bahwa Anda berkonsultasi dengan ahli diet dan mengikuti pola diet ginjal. Termasuk mulai secara aktif mengonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan asupan nutrisi dan antioksidan dalam tubuh anda.

Jika saat ini anda sedang menjalani terapi dialisis atau cuci darah atau anda divonis mengalami penyakit ginjal kronis (CKD), informasi di bawah sangat penting bagi anda.

Berikut ini daftar 16 jenis makanan sehat untuk penderita gagal ginjal kronis dan batu ginjal:

  1. Apel

Apel adalah buah dengan serat tinggi dan memiliki sifat anti-inflamasi, apel membantu mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.

Apel sangat cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal baik itu dikonsumsi langsung ataupun dengan cara dihaluskan menggunakan juicer.

  1. Anggur Merah

Warna merah pada buah anggur merah berasal dari beberapa flavonoid. Buah ini sangat baik untuk menguatkan jantung karena dapat mencegah oksidasi dan mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah.

Salah satu flavonoid dalam anggur yaitu resveratrol dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yang bermanfaat untuk meningkatkan relaksasi otot di pembuluh darah untuk aliran darah yang lebih baik. Flavonoid juga membantu melindungi Anda dari kanker dan mencegah peradangan.

Makan buah anggur merah sebagai camilan sangat baik untuk penderita sakit gagal ginjal.

  1. Buah Ceri

Tidak hanya memiliki rupa yang hampir sama dengan anggur, ternyata buah ceri juga memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia yang tinggi dan sangat baik bagi jantung dan ginjal.

Maka dari itu, buah ceri juga memiliki fungsi yang sama seperti anggur, yaitu mengurangi resiko penyakit pada ginjal.

  1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal dengan aroma khasnya yang cukup menyengat sehingga tidak banyak orang yang menyukai bawang putih.

Namun, don’t judge the garlic from its taste, sebuah bawang putih terbukti mampu menurunkan resiko penyakit pada ginjal. Hal ini dikarenakan fungsi bawang putih, yaitu mencegah proses oksidasi dan pembekuan pada darah.

Sehingga, darah dapat tersaring dengan optimal ketika memasuki ginjal. Untuk memperoleh hasil yang baik, Anda disarankan mengkonsumsinya mentah-mentah.

  1. Kecambah/Touge

“Kecil kecil touge” mungkin sangat cocok ditujukan pada makanan sehat yang satu ini dikarenakan manfaat yang luarbiasa yang dimilikinya.

Selain baik dikonsumsi oleh penderita ginjal, kecambah juga mampu menyembuhkan pembentukan batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan mengkonsumsi kecambah secara mentah-mentah.

  1. Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga adalah jenis makanan sehat yang cocok bagi penderita batu ginjal. Cara terbaik mengonsumsinya adalah dengan makan mentah-mentah. Namun, konsumsi bawang merah juga baik jika dicampur ke dalam makanan.

  1. Paprika Merah

Paprika merah mungkin jarang dikonsumsi oleh orang Indonesia tapi sayuran ini termasuk jenis makanan sehat untuk penderita sakit gagal ginjal kronis.

Paprika juga sangat berguna bagi penderita batu ginjal. Maka dari itu, cobalah membuat masakan dengan bahan utama adalah paprika.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat, baik bagi kulit maupun organ dalam tubuh. Zaitun sendiri memiliki kandungan zat anti inflamasi, anti oksidan, dan asam lemak yang dapat membantu penyembuhan pada organ ginjal.

Tidak hanya itu, zaitun sangat bermanfaat untuk menyehatkan kondisi ginjal. Konsumsilah dengan cara menggunakannya sebagai minyak goreng.

  1. Kubis/Labu

Kubis yang biasa dijadikan menu lalapan ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal. Hal ini sangat berguna bagi seseorang yang sedang dalam proses pengobatan. Maka dari itu, cobalah untuk memakan kubis daripada membuangnya.

  1. Yoghurt

Produk olahan susu yang satu ini berfungsi untuk menghancurkan bakteri dan memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Tidak heran bila yoghurt menjadi andalan bagi para penderita penyakit ginjal.

Disarankan bagi setiap orang untuk memperhatikan takaran yang akan dikonsumsi per harinya, bila tidak, penderita dapat mengalami masalah pencernaan.

  1. Ikan

Ginjal memerlukan protein dalam jumlah yang cukup. Kekurangan protein akan mengakibatkan ginjal bekerja keras sehingga berpotensi mengalami radang ginjal.


 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan ikan, terutama ikan laut. Hal ini dikarenakan kandungan protein ikan laut sangat tinggi dibanding lainnya.

  1. Aneka Rempah-Rempah

Rempah-rempah berfungsi untuk menjaga kondisi ginjal dalam keadaan sehat dan melancarkan aliran darah. Oleh karena itu anda sangat disarankan saat memasak makanan campurlah dengan rempah-rempah. Selain masakan menjadi lebih harum dan enak, rempah-rempah juga dapat meningkatkan kesehatan ginjal.

  1. Raspberry

Buah yang kental dengan warna merah tersebut sangat cocok untuk menyembuhkan penyakit ginjal. Sebab, raspberry memiliki kandungan asam ellagic yang dipercaya dapat membantu meringankan penyakit ginjal seperti kencing batu hingga ginjal akut. Hanya saja hindari konsumsi berlebih supaya tidak memiliki efek samping.

  1. Stroberi

Kandungan dua fenol, anthocyanin dan ellagitannins membantu Anda untuk menjaga ginjal tetap dalam kondisi yang prima. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan buah stroberi. Jangan kalah dengan rasa kecut yang dimilikinya, Anda harus bisa mengambil manfaat yang besar dari stroberi.

  1. Bluberi

Buah yang satu ini memiliki kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi. Oleh karenanya, blueberi bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi penderita penyakit ginjal. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa menambahkan buah tersebut ke dalam masakan lainnya.

  1. Putih Telur

Putih telur mengandung asam amino yang baik bagi ginjal. Permasalahannya terdapat pada kesalahpahaman orang. Mereka mengira bahwa kuning telur memiliki kandungan yang lebih tinggi dibanding putih telur. Pada kenyataannya, Anda harus membuang kuning telur dan memakan putih telur sebagai gantinya.

Jika Anda peduli dengan kesehatan ginjal Anda, 16 jenis makanan sehat di atas wajib berada dalam keranjang belanjaan anda setiap hari.

Ketika membeli buah-buahan dan sayuran, usahakan untuk mendapatkan yang segar karena buah segar mengandung lebih banyak enzim dan gizi yang baik untuk kesehatan ginjal.

Demikian informasi singkat beberapa jenis makanan sehat untuk penderita sakit gagal ginjal kronis maupun penderita batu ginjal, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. nanda May 13, 2016
    • Ecko February 17, 2017

Tulis Komentar