6 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jenis kulit kering, normal, maupun kulit berminyak.

Karena perbedaan tersebut, para peneliti menciptakan produk-produk perawatan kulit yang berbeda pula, ada yang dibuat khusus untuk kulit kering dan ada untuk kulit berminyak.

Salah dalam mengeksekusi bisa berakibat alergi atau bahkan menimbulkan penyakit kulit yang sulit disembuhkan.

Pada kulit normal, mengkonsumsi banyak makanan tidak akan menimbulkan permasalahan yang serius pada kulit. Pasalnya, kulit mereka memang tidak begitu sensitif terhadap kandungan makanan maupun debu.

Sedangkan pada kulit kering, orang perlu mengkonsumsi lebih banyak buah, supaya terlihat lebih segar dan kencang.

Sementara orang dengan kulit berminyak, harus menghindari banyak makanan yang berminyak karena kulit mereka rentan terhadap tumbuhnya jerawat atau menempelnya kotoran.

Baca juga: 6 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Makanan Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

Selain itu, kebutuhan kulit berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Misalnya, kulit normal tidak perlu menggunakan masker ketika berkendara.

Kulit kering biasanya butuh pelembab untuk selalu menjaga kecerahan wajah. Sementara orang dengan kulit berminyak harus senantiasa membawa face tonic agar tidak mudah terserang jerawat dan tidak kusut ketika berhadapan dengan orang di sekitarnya.

Advertisement

Asupan Makanan untuk Kulit Berminyak

Disadari atau tidak, makanan berperan penting dalam membantu mengatasi permasalahan pada kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis makanan yang patut dicoba untuk menyelesaikannya.

Selain mengkonsumsi makanan di bawah ini, menjaga pola hidup hidup juga penting agar membantu mempercepat proses penyembuhan. Berikut kita simak ulasannya.

1. Mentimun

Minyak pada wajah memang perlu untuk menjaga kulit dari berbagai debu dan kotoran. Namun, memiliki minyak yang terlalu banyak akan menyulitkan racun keluar dari dalam tubuh.

Hasilnya, Anda mudah mengalami permasalahan jerawat. Selain itu, minyak pada kulit juga menyulitkan air yang keluar dari dalam tubuh melalui pori-pori.

Timun memiliki kandungan air sebanyak 95% yang berfungsi untuk mengurangi dehidrasi karena kekurangan air pada wajah.

Selain itu, air ketimun juga memiliki manfaat untuk membantu tubuh mengeluarkan racun-racun bagi tubuh, yang disinyalir dapat memicu terjadinya jerawat. Cara konsumsi dapat langsung dimakan seperti lalapan atau dicampur dengan cuka menjadi acar dalam menu masakan.

2. Jeruk

Selain membutuhkan banyak air, wajah Anda juga membutuhkan banyak vitamin C untuk menjaga kesegaran dan kecerahan pada wajah.

Kekurangan vitamin C pada kulit berminyak akan meningkatkan kadar minyak jenuh pada wajah dan menyebabkan racun tetap berkembang biak di dalam tubuh.

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kaya vitamin C. Hal ini menjadi angin segar bagi Anda yang mengalami kulit berminyak. Selain itu, jeruk juga memiliki sifat detoksifikasi, yaitu penangkal segala racun di dalam tubuh.

Hal tersebut tentu sangat membantu untuk menyehatkan dan menjaga kadar minyak yang normal pada wajah. Cara mengkonsumsinya bisa secara langsung dimakan, dibuat jus, atau dibuat olahan masakan lainnya.

3. Jus

Cara terbaik untuk menyingkirkan minyak yang berlebih adalah menggunakan air. Tetapi air butuh waktu yang lebih lama untuk mengurangi produksi mintak di wajah.

Jadi solusinya adalah dengan membuat jus dari berbagai macam buah dan sayuran.

Akan tetapi, untuk memilih jus jangan hanya melihat yang segar saja. Anda perlu mengetahui kandungan nutrisi yang berguna untuk mengusir minyak pada wajah. Misalnya, jus jeruk, jus jambu, atau jus sirsak.

Selain itu ada juga beberapa jus dari bahan sayuran seperti tomat yang memiliki vitamin C. Akan tetapi, cobalah untuk tidak mencampur antara buah dan sayuran karena akan mengurangi nutrisi yang mereka miliki.

4. Sayuran hijau

Serat juga memiliki fungsi baik dalam mengurangi jumlah minyak di dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat baik bila Anda rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Tidak perlu serat dalam jumlah banyak, namun yang terpenting adalah teratur dalam mengkonsumsi.

Makanan yang banyak memiliki serat adalah sayuran hijau. Misalnya brokoli, kacang panjang, atau bayam. Hanya saja Anda juga harus mengimbangi konsumsi sayuran tersebut, karena efeknya dapat menyebabkan penyakit asam urat. Imbangi dengan konsumsi banyak air putih.

5. Ikan

Kandungan omega 3 juga berperan aktif untuk mengatasi racun dan minyak pada tubuh Anda. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari depresi dan tetap menjaga kesegaran kulit. Anda perlu mengkonsumsi omega 3 secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Salah satu makanan yang kaya akan omega 3 adalah ikan salmon, terutama ikan laut. Ikan juga sangat baik untuk mengganti protein daging, seperti ayam, sapi, maupun kambing. Sebab daging ikan mengandung lebih banyak nutrisi dan mineral dibandingkan daging pada umumnya.

6. Makanan mentah

Pada umumnya mengonsumsi makanan mentah baik bagi kesehatan tubuh. Sebab, makanan yang mentah memiliki jumlah vitamin dan mineral yang maksimal, hal tersebut juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Anda juga dapat mempercepat penyembuhan dengan konsumsi makanan yang mentah. Maksudnya mentah di sini adalah tidak dimasak, tetapi sudah matang terlebih dahulu.

Misalnya konsumsi sayur sebagai lalapan atau buah-buahan sebelum makan. Anda juga bisa mengkombinasikan kedua hal tersebut dalam menu salad, tetapi jangan banyak menambahkan mayonaise. Perhatikan takaran sayur dan buah yang standar, sehingga tidak berlebihan dan menimbulkan penyakit baru.

Selain mengonsumsi jenis makanan di atas, membuat masker buah juga cocok untuk kulit berminyak karena nutrisi dapat langsung terserap ke bagian bawah kulit.

Sebagai alternatif dan tambahan, Anda juga bisa menggunakan produk pelembab wajah khusus kulit berminyak yang banyak dijual di pasaran. Harganya bervariasi tapi sangat baik dalam melindungi kulit dari kotoran dan minyak berlebih.

Demikian informasi singkat beberapa jenis makanan yang cocok untuk kulit berminyak, semoga bermanfaat.

 


Tulis Komentar