8 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kondisi agar tubuh selalu fit dan sehat. Kondisi ini lebih banyak dimainkan oleh protein khusus yang disebut dengan antibodi. Antibodi ini melindungi tubuh dari infeksi dan serangan mikro organisme seperti bakteri dan virus.

Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda, ada yang kuat dan ada yang lemah. Ada banyak yang mempengaruhinya tapi meski demikian sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi jenis makanan tertentu.



Terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan tubuh otomatis akan membuat antibodi dan sistem tubuh bekerja maksimal dalam meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai jenis bakteri dan virus yang berada di sekililing kita.

Untuk mudahnya, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

1. Jeruk

Buah jeruk adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C dan karenanya sangat ampuh dalam membentuk antibodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C akan memberikan pengaruh yang cukup kuat untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Jika Anda memiliki tubuh yang lemah dan sulit untuk bertahan dengan perubahan cuaca dan kondisi lainnya, maka anda perlu mengkonsumsi jeruk lebih sering karena jeruk banyak mengandung berbagai senyawa yang penting untuk kesehatan seperti zat fitonutrien dan bioflavonoid. Senyawa ini akan bereaksi dalam tubuh dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.


 

2. Wortel

Wortel adalah sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Sayangnya banyak orang yang tidak suka makan wortel karena rasa dan aromanya yang kurang menyenangkan padahal wortel memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan.

Wortel mengandung beta karoten yang bisa melindungi lapisan selaput lendir dalam tubuh. Zat ini penting untuk membuat saluran pernafasan dan usus bekerja dengan baik. Bahkan kandungan beta karoten bisa mencegah aliran bakteri yang masuk melalui darah.

Anda bisa mengolah wortel menjadi berbagai jenis masakan seperti sup atau salad. Atau lebih baik lagi jika anda membuatnya dalam bentuk jus murni dan diminum setiap hari. Wortel terbaik adalah yang berasal dari perkebunan organik karena jumlah enzimnya lebih banyak. Konsumsi wortel secara teratur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Jenis makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Jenis makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh

3. Kembang Kol

Kawan dari wortel adalah kembang kol, sayuran ini sering dimasak bersama-sama saat sedang makan besar. Kembang kol menjadi salah satu sayuran yang paling banyak ditemukan dalam olahan sup. Bentuknya memang mirip seperti kembang dengan warna putih yang menyenangkan.

Kandungan zat kolin dalam kembang kol sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena bisa membuat sistem pencernaan berjalan dengan baik. Bahkan kembang kol juga bisa mencegah tubuh dari kekurangan bakteri baik yang bekerja pada usus.

Kandungan lain yang ditemukan dalam kembang kol adalah seperti anti oksidan yang bisa melawan infeksi dari bakteri maupun zat radikal bebas. Secara rutin makan sayur kembang kol akan sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kuning Telur

Telur sering menjadi makanan yang banyak dihindari karena diduga dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih gemuk. Tapi makanan dengan sumber protein seperti kuning telur memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan.

Padahal kuning telur  kaya akan protein yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh terutama setelah habis bekerja berat atau kurang tidur karena begadang semalaman.

Kuning telur dapat mengatasi berbagai masalah kekebalan tubuh. Selain itu kandungan selenium dan seng di dalamnya adalah sumber mineral yang bisa mempertahankan kesehatan tubuh dalam berbagai kondisi.

Untuk menghindari bahaya kolesterol maka Anda bisa memasak kuning telur dengan cara direbus atau cara lain. Sementara itu bagian putih telur bisa digunakan untuk merawat wajah.

5. Jamur

Jamur adalah jenis makanan yang banyak mengandung seng. Seng adalah sumber mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai virus dan bakteri.

Jamur juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri dan virus dalam tubuh. Jika tubuh memiliki jumlah sel darah putih yang sesuai dengan kebutuhan maka tubuh bisa melawan berbagai sumber penyakit.

Beberapa jenis jamur yang sangat menguntungkan adalah seperti jamur shitake, jamur putih, jamur tiram dan jenis lainnya. Perhatikan untuk mengolah jamur dalam olahan yang tidak kaya minyak.

6. Kubis

Kubis memiliki bentuk dan rasa yang sangat menyegarkan. Kubis sering diolah dalam bentuk sup, salad atau sebagai lalapan. Kandungan zat terbaik yang ditemukan pada kubis adalah seperti vitamin C, anti oksidan, dan vitamin E.

Vitamin C penting untuk mencegah tubuh agar tidak mudah terkena berbagai penyakit. Sementara antioksidan penting untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh zat radikal bebas seperti kanker. Kubis juga mengandung asam folat yang penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil.


 

7. Semangka

Buah semangka adalah buah musiman yang biasanya banyak dikonsumsi saat masuk musim kemarau. Semangka mengandung banyak air dan memiliki rasa manis yang sangat menyegarkan.

Semangka mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Kandungan likopen dalam semangka bisa mengatasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena gangguan pernafasan, mencegah berbagai penyakit peradangan dan juga mengatasi penyakit yang disebabkan karena infeksi. Anda bisa mengkonsumsi semangka setiap hari tanpa ahrus khawatir dengan efek samping.

8. Kayu Manis

Kayu manis sering menjadi bumbu masakan atau taburan untuk berbagai jenis minuman. Kayu manis memiliki aroma dan rasa yang sangat kuat. Fungsi atau manfaat utama dari kayu manis adalah mencegah infeksi bakter.

Selain itu kayu manis juga penting untuk mencegah berbagai reaksi bahan pathogen yang bisa menyebabkan kanker. Konsumsi kayu manis dengan berbagai jenis minuman dan makanan akan mencegah tubuh dari serangan penyakit. Cobalah untuk mengkonsumsi kayu manis secara rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Sistem kekebalan tubuh adalah sebuah sistem di dalam tubuh makhluk hidup yang bekerja melindungi tubuh dari organisme penyebab penyakit. Selain kedelapan jenis makanan di atas anda juga bisa mengkonsumsi cokelat panas jika sedang lemah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan bakteri penyebab sakit.

Demikian 8 jenis makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Dengan secara rutin mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, Anda tidak butuh lagi berbagai suplemen dan obat-obatan yang harganya mahal.

Tulis Komentar