5 Manfaat Alpukat Untuk Rambut

Alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat alpukat bagi kecantikan adalah mencegah rambut rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Alpukat juga dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi rambut dengan menjadikannya sebagai pelembab alami khusus untuk rambut kering atau rambut bercabang dan mudah patah.



Alpukat pertama kali digunakan untuk kesehatan rambut di Mesir kuno. Setelah itu manfaat alpukat semakin banyak diketahui orang dan akhirnya berkembang dengan baik terutama di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Karena fruktosanya rendah alpukat digolongkan ke dalam kelompok sayuran meski beberapa masyarakat menyebutnya sebagai buah. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas manfaat alpukat bagi rambut dan bagaimana cara mengolahnya sendiri secara manual.

Baca juga: 7 Obat Tradisional Merawat Rambut Secara Alami

Bagaimana Alpukat Menyehatkan Rambut

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan rambut rontok atau pertumbuhannya sangat lambat. Alpukat mengandung vitamin B dan E, yang bekerja pada tingkat sel untuk melindungi dan memperkuat rambut.

Vitamin B sangat penting mempercepat pertumbuhan rambut sementara vitamin E sangat baik untuk memperbaiki kerusakan pada kulit kepala yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut.


 

Rambut sehat normalnya akan tumbuh sebanyak setengah inci setiap bulannya. Dengan secara rutin menggunakan alpukat sebagai kondisioner atau sebagai masker rambut akan mempercepat proses tersebut.

Manfaat alpukat bagi kesehatan rambut

Manfaat alpukat bagi kesehatan rambut

Manfaat alpukat untuk Rambut rontok

Rambut mengalami rontok bisa disebabkan karena faktor internal dan eksternal. Dari dalam, tubuh yang kekurangan vitamin akan menyebabkan rambut mudah rontok sementara faktor luar seperti polusi udara juga dapat merusak rambut.

Rambut rontok terjadi ketika rambut menjadi sangat kering dan rusak akibat paparan panas yang ekstrim seperti sinar matahari. Rambut juga bisa rontok akibat paparan zat kimia saat perawatan atau karena penggunaan alat pengering (hair drier) dalam jangka waktu yang lama.

Kondisioner dan masker alpukat adalah ramuan alami yang sangat efektif mengatasi rambut rontok dan dapat meningkatkan kondisi kesehatan rambut Anda.

Kondisioner alpukat untuk rambut kering

Salah satu manfaat alpukat yang luar biasa adalah mengatasi rambut kering. Dengan menggunakan kondisioner alpukat akan membuat rambut anda terasa lembut dan lebih elastis. Kandungan lemak yang tinggi pada alpukat membuat rambut tidak cepat kering dan tidak rentan terhadap kerusakan.

Setelah mencuci rambut dengan sampo, terapkanlah kondisioner alpukat pada rambut dan biarkan selama lima sampai 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Cara membuat kondisioner alpukat sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri. Tumbuklah satu buah alpukat sampai halus dan membentuk pasta, tambahkan air secukupnya dan ratakan. Kondisioner alpukat pun siap digunakan.


 

Masker rambut dari alpukat 

Jika anda memiliki rambut yang rusak berat atau sangat kering, cobalah menggunakan masker alpukat. Campurkan satu buah alpukat cincang dan satu butir telur dalam mangkuk. Tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta.

Basahi rambut anda lalu oleskan pasta tadi pada rambut anda, pijat rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan rambut selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Rambut

Manfaat kesehatan dari minyak alpukat berasal dari adanya lemak tak jenuh tunggal yang sangat banyak. Karena sifatnya sebagai pelumas, minyak alpukat dapat membuat rambut jadi lebih bersinar dan lebih kuat.

Berikut ini beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan rambut:

  1. Memberikan nutrisi pada rambut
    Untuk mendapatkan rambut indah dan kuat dibutuhkan nutrisi yang baik untuk rambut. Alpukat banyak mengandung senyawa turunan protein yaitu kerantin yang bertanggung jawab memberikan nutrisi pada rambut melalui masker alpukat.
  2. Manfaat alpukat untuk melembabkan rambut
    Selain mengandung nutrisi, masker alpukat juga mampu memberikan kelembaban yang sangat baik untuk rambut. Sehingga menjadi jalan keluar untuk anda yang sering mengalami rambut kering dan rusak.
  3. Melepaskan kotoran pada rambut
    Salah satu faktor penyebab rusaknya rambut adalah mudahnya kotoran menempel pada rambut. Karena alpukat mengandung vitamin C dan flavonoid maka masker alpukat sangat membantu untuk mencegah menempelnya kotoran pada rambut yang diakibatkan polusi udara dan cuaca yang buruk.
  4. Rambut menjadi lebih mudah diatur
    Salah satu manfaat buah alpukat yang lain adalah menghilangkan masalah rambut kusut. Rambut yang kusut akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, karena meski sudah di sisir rapi rambut kusut mudah menjadi tidak beraturan kembali. Jika anda memiliki masalah seperti itu, maka masker alpukat sangat baik untuk mengatasinya. Karena kandungan vitamin E mampu membuat rambut mudah diatur dan lembut.
  5. Rambut makin bersinar dan mencegah rambut rontok
    Semakin sering anda merawat rambut dengan kondisioner atau masker alpukat maka semakin sehat rambut anda. Maka jangan heran jika rambut anda akan terlihat semakin hitam bersinar dan tidak ada lagi rambut rontok. Semua hal ini berkat kandungan vitamin E dan protein yang diperoleh dari buah alpukat. Manfaat alpukat memang sangat besar untuk kesehatan rambut anda.

Rambut adalah salah satu bagian penting dari tubuh yang dapat membantu membangun kepercayaan diri. Sayangnya beberapa orang terutama mereka yang menjalani gaya hidup tidak sehat sangat rentan mengalami masalah pada rambut seperti rontok, sangat kering, menepis dan beruban.

Baca juga:

Dalam beberapa kasus, penggunaan pelembab yang tidak baik atau kondisioner yang tidak cocok juga dapat menyebabkan memburuknya kesehatan rambut.

Beruntunglah karena kita memiliki buah alpukat yang dapat kita olah sendiri menjadi kondisioner atau masker rambut. Demikian beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan rambut, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar