4 Manfaat Daun Dan Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Mengkudu adalah salah satu buah yang sangat terkenal karena rasanya yang pahit tapi memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Saking pahitnya banyak orang yang memilih menjadikan mengkudu sebagai makanan kesehatan terakhir jika metode lain sudah tidak ampuh.

Salah satu manfaat buah mengkudu adalah dapat menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit-penyakit keras seperti kanker dan pengeroposan tulang. Sejak dulu kala, buah ini sudah dipercaya oleh masyarakat di tanah air sebagai obat alami ketika ada sanak keluarga yang sedang sakit.



Umumnya, buah mengkudu yang masih muda memiliki warna hijau dengan bintik-bintik berwarna coklat kehitaman di seluruh permukaan badannya. Namun, buah mengkudu yang sudah tua warnanya akan berubah menjadi putih kekuningan.

Tidak hanya buahnya, daun mengkudu juga memiliki khasiat sebagai obat herbal. Khasiat daun mengkudu sudah dikenal sejak 2000 tahun yang lalu. Pada jaman itu, buah mengkudu dan daunnya dijadikan sebagai alternatif untuk obat pembersih internal dan sebagai obat nyeri sendi.

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, buah mengkudu saat ini telah disulap menjadi bahan untuk mengobati segala jenis penyakit guna mempertahankan kesehatan tubuh.

Kandungan Buah Mengkudu

Apa yang menyebabkan buah yang rasanya pahit ini begitu dipuja banyak orang sebagai obat penyembuh penyakit? tidak lain dan tidak bukan karena kandungan fitonutrien di dalamnya yang berjumlah sekitar 150.

Fitonutrien adalah zat tambahan yang sering ditemukan di tanaman selain vitamin dan mineral, tidak semua tanaman memiliki Fitonutrien, dan pada buah mengkudu jumlahnya sangat banyak.


 

Zat ini berperan sebagai anti inflamasi, anti virus dan anti bakteri. Selain itu, manfaat lain dari fitonutrien adalah dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat buah mengkudu yang lain adalah kemampuannya menjadi zat analgesik di dalam tubuh. Zat anelgesik berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh manusia dari berbagai macam jenis penyakit, khususnya kanker.

Selain itu, buah ajaib ini juga memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Kalium, Sulfur, Fosfor, Kalsium dan Asam amino yang sangat tinggi dan sangat penting bagi tubuh.

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan dan Kecantikan

Lantas, apa sajakah manfaat buah mengkudu yang bisa kita dapatkan apabila kita rutin mengkonsumsinya? Nah, berikut kami berikan ulasan informasinya kepada anda secara detail. Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan:

1. Mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat paling utama dari buah mengkudu adalah khasiatnya dalam membantu anda agar terhindar dari penyakit kanker. Karena kandungan di dalamnya yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak maka mengkonsumsi mengkudu dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Karena khasiatnya tersebut buah mengkudu juga mendapatkan julukan sebagai buah anti kanker. Adapun jenis kanker yang dapat diobati dan dicegah oleh buah mengkudu adalah kanker serviks, HIV/AIDS dan kanker payudara.

Selain mengkudu, anda juga bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati kanker.

2. Menjaga kesehatan tulang

Tidak hanya berperan untuk mengobati penyakit kanker, mengkudu juga berkhasiat menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan adanya kandungan morindone, metil asetil dan asam kapril di dalamnya yang terbukti bisa meningkatkan kekuatan tulang di dalam tubuh.

Anda bisa memanfaatkan buah mengkudu sebagai jus yang harus anda konsumsi setiap hari sebelum sarapan untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

3. Mengatasi kulit bersisik


 

Selain bermanfaat bagi kesehatan, manfaat mengkudu untuk kulit juga sangat bagus. Setiap orang tentunya tidak akan merasa nyaman dengan keadaan kulit yang kering dan bersisik. Buah mengkudu bisa anda manfaatkan sebagai obat alternatif alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosok-gosokan buah mengkudu pada bagian kulit yang bersisik secara merata, setelah itu diamkan selama 10 menit. Sesudah itu, bilas dan bersihkan dengan menggunakan kain yang telah dibasahi oleh air hangat. Metode ini terbukti dapat menghaluskan kulit yang kering dan bersisik.

4. Buah mengkudu mampu mengatasi nyeri haid saat PMS

Tidak hanya berfungsi untuk mengobati penyakit dan mengatasi masalah kulit yang kering saja, manfaat mengkudu untuk kesehatan wanita juga sangat penting, yaitu meredakan rasa nyeri saat haid atau menstruasi.

Disamping itu, buah mengkudu juga dipercaya bisa meminimalisir adanya perubahan hormon saat masa menstruasi sedang berlangsung. Buah mengkudu memiliki kandungan yang bisa mengatasi rasa sensitif, mood yang berubah-ubah dengan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh wanita.

Selain buahnya, daun buah mengkudu juga mempunyai manfaat yang sangat penting. Daun buah ini dapat digunakan baik sebagai bahan untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Daun buah mengkudu bisa anda konsumsi sebagai sayuran dan disantap saat makan.

Adapun khasiat yang terkandung di dalam daun mengkudu adalah untuk mengobati perut kembung pada anak, melancarkan pencernaan dan mengatasi ambeien. Sedangkan untuk dunia kecantikan, daun mengkudu bisa anda jadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat dan membantu melangsingkan tubuh.

Untuk melengkapi artikel ini, ada cuplikan video manfaat khasiat dari buah mengkudu :

Demikian informasi singkat manfaat buah mengkudu bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Jangan remehkan buah pahit ini, karena kandungan zat di dalamnya begitu besar dan bisa anda manfaatkan untuk kesehatan anda.

Tulis Komentar