6 Manfaat Daun Kemangi untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Daun kemangi adalah salah satu jenis tanaman perdu yang tumbuh tegak dan memiliki cabang banyak, pada setiap cabang tumbun daun-daun yang memiliki aroma kuat dan menyegarkan sehingga kerap dijadikan sebagai makanan lalapan.

Daun kemangi memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai sayuran lalapan yang dapat membuat nafsu makan meningkat. Daun ini juga sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan beberapa organ tubuh seperti matadan mulut.



Kemangi biasanya tumbuh saat musim hujan, daun kemangi berwarna hijau yang menandakan adanya klorofil yang banyak, ujung daun ada yang rata dan ada yang tajam, sementara bagian permukaannya bergerigi. Daun kemangi mengeluarkan aroma yang kuat seperti cengkeh dan jika dimakan rasanya pahit.

Rasa dan aroma khas dari daun kemangi ini sangat disukai setiap orang sehingga sering dimakan sebagai sayuran. Dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh.

Selain segar, daun lalapan ini juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

1. Sebagai Tips Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah sebagai obat untuk kesehatan mata. Daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang banyak, mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan mata kita.


 

Untuk mengkonsumsi daun kemangi ini bisa kita lakukan dengan menjadikannya minuman atau bisa juga langsung dimakan sebagai lalapan bersama irisan ketimun dan kubis.

Walaupun kandungan vitamin A dalam kemangi ini tidak sebanyak vitamin A yang ada pada wortel, jumlah kandungan dalam daun kemangi tersebut tetap masih cukup untuk digunakan untuk menjaga kesehatan mata.

2. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut tentu saja sangat mengganggu proses bersosialisasi kita dengan orang lain. Untuk mengatasi bau mulut anda bisa menggunakan beberapa obat semprot yang dapat mengharumkan mulut seketika.

Untuk anda yang ingin lebih hemat dan aman bisa juga menggunakan daun kemangi untuk menghilangkan bau mulut membandel. Caranya seperti di atas, bisa dengan mengunyah-ngunyah kemangi di mulut atau bisa juga dicampur dengan minuman.

Manfaat daun kemangi bagi kesehatan

Manfaat daun kemangi bagi kesehatan

3. Mengobati Batuk dan Pilek

Tidak saja mengatasi masalah luar, gangguan yang berada dalam tubuh juga bisa diatasi dengan daun kemangi. Salah satu manfaat daun kemangi yang jarang diketahui orang adalah mencegah sekaligus mengobati batuk dan pilek.

Daun kemangi memiliki kandungan zat yang dapat mematikan bakteri-bakteri penyebab batuk dan pilek. Konsumsilah daun ini secara teratur dengan menjadikannya sebagai lalapan saat makan.


 

4. Manfaat Daun Kemangi untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat daun kemangi bagi kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Bagaimana daun kemangi dapat dijadikan obat alternatif penyakit jantung? Karena kandungan betakaroten dan magnesium yang tinggi pada daun kemangi ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Untuk Menyembuhkan Keputihan

Para wanita yang mengalami masalah keputihan bisa mencoba menggunakan daun kemangi. Daun ini sudah dikenal sejak dulu dapat menyembuhkan keputihan abnormal akibat bakteri yang berkembang di alat vital.

Antibiotik yang ada pada daun kemangi dapat membunuh kuman yang menjadi penyebab keputihan. Itu sebabnya daun kemangi ini dapat mengobati keputihan dengan cara memakan daun kemangi mentah dengan nasi seperti biasanya.

Selain menyembuhkan keputihan, daun kemangi juga dapat mengharumkan organ reproduksi kita menjadi lebih wangi. Dengan daun kemangi ini, tentu anda akan menjadi percaya diri ketika berdekatan dengan pasangan.

6. Sebagai Tips Kesehatan untuk Anti Radang

Manfaat dari daun kemangi yang terakhir ini adalah sebagai obat anti peradangan. Kandungan zat cineole myrcene dan eugenol dalam daun kemangi berperan sebagai antibiotik alami dalam tubuh dan dapat berfungsi sebagai obat anti radang.

Demikian beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh. Daun yang mudah dan kadang disepelekan tersebut ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Olehnya itu mulai sekarang, jangan lupa menyajikan daun kemangi di meja makan agar tubuh selalu sehat.

Tulis Komentar