14 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun sirih adalah tanaman obat asli Indonesia. Manfaat daun sirih sebagai obat tradisional telah dikenal luas di masyarakat dan bahkan mancanegara. Di beberapa tempat di Indonesia, sirih juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Nama latin daun sirih adalah Piper Betle L. Pada umumnya tanaman ini tumbuh dengan cara merambat meski sebagian besar yang berkembang di Indonesia ditemukan dengan cara bersandar pada batang pohon di sekitarnya.



Manfaat daun sirih sangat banyak dan saat ini telah digunakan pada berbagai jenis merk obat ataupun kosmetik. Hal ini disebabkan kandungan daun sirih yang lengkap dan memiliki daya ampuh dalam melawan bakteri.

Kandungan Daun Sirih

Daun sirih juga dikenal sebagai ‘Paan Ka Patta’ dalam bahasa Hindi dan ‘Tamalapaku’ di Telugu ‘. Bentuk daunnya seperti hati, berwarna hijau dan memiliki aroma yang sangat khas. Daun sirih bermanfaat menyembuhkan penyakit karena kandungan zat di dalamnya.

Adapun kandungan daun sirih adalah sebagai berikut:

  • Minyak atsiri 4,2%
  • Fenol yaitu betelfenol atau aseptosol
  • Khavikol dan suatu seskuiterpen.
  • Diastase kadar 0,8% sampai 1,8%.
  • Zat penyamak
  • gula nabati

Daun sirih mengandung bahan-bahan tanin, chavicol, fenil propana, seskuiterpen, cineole, alkaloid, gula dan beberapa minyak esensial.

Karena kandungannya tersebut daun sirih memiliki sifat obat seperti aromatik, anti-bakteri, stimulan ringan, euforia-inducing, antiprotozoal, antijamur, appetizer, membantu pencernaan, ekspektoran, karminatif dan afrodisiak.


 

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Anda mungkin sudah mengenal daun sirih untuk dimakan mentah-mentah atau dengan mencampurnya dengan beberapa bahan lainnya. Biasanya, orang tua zaman dulu memakan daun sirih untuk menjaga kesehatan giginya.

Oleh karena itu, tidak heran jika gigi orang tua yang rutin memakan daun sirih masih kuat dan bersih. Padahal mereka jarang atau mungkin tidak pernah sikat gigi, dan hanya memakan tanaman herbal tersebut.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh:

1. Zat Analgesik

Manfaat daun sirih yang paling penting adalah kemampuannya dalam menghilangkan rasa sakit. Daun sirih adalah zat analgesik yang menakjubkan yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat luka, memar, ruam, inflamasi (internal maupun eksternal), gangguan pencernaan, sembelit, dan lain-lain.

Anda dapat membuat pasta daun sirih dan diterapkan langsung pada daerah yang memar sebagai pengobatan luar. Anda juga bisa mengunyah daun sirih atau minum jus sebagai pengobatan dari dalam (internal).

2. Menyembuhkan Sembelit

Daun sirih mengandung zat antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dari dalam tubuh dan mengembalikan kadar pH pada lambung menjadi normal. Akibatnya, sembelit akan sembuh.

Cara menyembuhkan sembelit dengan daun sirih cukup mudah. Kunyahlah daun sirih beberapa lama atau bisa juga dengan menjadikannya jus dan meminumnya saat perut kosong.

Cara lain adalah dengan mencincang daun sirih kemudian dicampur air dan simpan semalam. Minum air yang tersimpan saat perut kosong pada hari berikutnya.

Untuk anak-anak yang menderita masalah tinja keras, bisa menggunakan supositoria yang terbuat dari tangkai daun sirih dan dicelupkan ke dalam minyak jarak dan digunakan melalui rektum.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Salah satu manfaat daun sirih bagi kesehatan adalah membantu mengatasi masalah pencernaan. Daun ini membantu mengeluarkan gas dari perut, bersifat anti kembung. Minyak esensial dari daun sirih dapat dioleskan ke perut untuk membantu mengatasi masalah asam lambung.

Pada anak-anak yang menderita gangguan pencernaan, rebus daun sirih dengan sedikit merica dalam air. Saring, dan berikan dua sendok teh campuran ini ke anak-anak dua kali sehari.

Daun sirih juga meningkatkan metabolisme tubuh, memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap mineral penting dan nutrisi.

4. Meningkatkan nafsu makan

Salah satu manfaat daun sirih bagi pencernaan adalah meningkatkan nafsu makan terutama pada anak. Penurunan nafsu makan juga merupakan salah satu gangguan pencernaan dalam perut.

Tingkat pH normal akan memicu dikeluarkannya hormon lapar dalam jumlah yang optimal. Daun sirih sangat mampu memulihkan tingkat pH normal perut dengan menghilangkan racun. 

5. Meningkatkan kesehatan mulut dan gigi

Daun sirih bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, menyegarkan napas, melindungi gigi dari kuman, bakteri dan patogen mulut lainnya. Mengunyah daun sirih secara rutin akan membantu membersihkan mulut dan mencegah kerusakan gigi, memperkuat gusi dan gigi. Daun sirih juga mencegah perdarahan mulut.

Gunakan daun sirih dengan cara berkumur pada pagi dan malam hari, dengan cara teteskan minyak daun sirih ke dalam satu cangkir air hangat. Anda juga dapat merebus daun sirih dalam air dan menggunakannya untuk berkumur untuk mengobati sakit gigi.

7. Daun sirih berkhasiat mengatasi masalah pernafasan

Manfaat daun sirih juga ditemukan dalam kandungan zat di dalamnya yang dapat mengobati masalah pernapasan dan mengobati batuk akibat cuaca dingin. Tanaman obat ini juga bisa digunakan bagi mereka yang memiliki masalah pada dada, paru-paru dan mereka yang menderita asma.

Rebus beberapa daun sirih dicampur dengan kapulaga, cengkeh, kemukus dan kayu manis dalam dua gelas air. Paanaskan hingga 1 ½ gelas. Saring dan minum ramuan ini tiga kali sehari untuk mengatasi masalah pernafasan.

8. Manfaat daun sirih untuk kewanitaan

Daun sirih bisa dipakai bagi kaum wanita untuk menjaga organ intimnya agar selalu bersih. Cukup rebus beberapa helai daun sirih dalam air matang secukupnya.

Setelah mendidih, angkat dan saring. Diamkan beberapa saat sampai dingin. Selanjutnya, silakan gunakan air rebusan tersebut membersihkan bagian intim kewanitaan.

Dengan secara teratur menerapkan ramuan di atas anda akan memiliki organ intim yang sehat, bersih dan bebas dari keputihan.

9. Menjaga kesehatan organ jantung

Daun sirih juga berkhasiat untuk menjaga organ jantung agar tetap sehat. Jika jantung terjaga kesehatannya, maka Anda pun bisa beraktivitas sehari-hari dengan lancar. Pasalnya, jantung berfungsi untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh dari kepala hingga kaki.

Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun sirih secara teratur agar memiliki jantung yang sehat dan kuat. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda akan terbiasa melakukan pekerjaan berat yang dapat meningkatkan kerja jantung lebih cepat.

10. Menyembuhkan luka luar

Manfaat daun sirih lain yang tak kalah hebatnya adalah dapat membantu proses penyembuhan akibat luka luar. Misalnya, luka di hidung hingga mengeluarkan darah dari lubang hidung (mimisan), luka tergores, atau terjatuh.

Anda cukup membersihkan luka tersebut dengan tisu atau kain kassa. Selanjutnya, tempelkan beberapa helai daun sirih segar pada luka tersebut. Tunggu beberapa saat hingga luka tersebut kering dan tidak mengeluarkan darah lagi.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan dan kewanitaan

Manfaat daun sirih untuk kecantikan dan kewanitaan

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh

Selain sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, daun sirih juga berkhasiat sebagai bahan untuk kecantikan wajah dan tubuh. Daun ini telah digunakan oleh putri-putri keraton sejak dulu sebagai ramuan tradisional kecantikan alami.

11. Menghilangkan bau badan

Daun sirih mengandung atsiri dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan tidak enak yang biasa muncul di ketiak dan bagian tubuh lainnya.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu rebus beberapa helai daun sirih kemudian airnya diminum setiap hari. . Atau cara yang paling mudah adalah dengan membeli sabun mandi yang dibuat dari bahan daun sirih.

12. Mengobati jerawat


 

Masih jarang yang mengetahui bahwa daun sirih juga bermanfaat sebagai obat alami jerawat. Caranya, siapkan 10 helai daun sirih dan panaskan beserta 2 sendok garam dalam 1 liter air.

Dinginkan lalu basuh pada wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur dan dalam beberapa hari jerawat akan hilang tanpa bekas.

13. Mengatasi masalah kulit wajah berminyak

Daripada membeli pelembab wajah yang mahal anda bisa membuat pelembab alami dari bahan daun sirih. Ya, salah satu manfaat daun sirih untuk kecantikan adalah mengatasi masalah kulit wajah yang kelebihan minyak.

Rebus 1 liter air bersama 10 helai daun sirih lalu diamkan dan basuh seluruh wajah berulang-ulang. Lakukan secara rutin maka kadar minyak pada wajah akan berkurang.

14. Mengobati gatal-gatal pada kulit

Salah satu manfaat daun sirih yang luar biasa adalah mengobati gatal-gatal akibat jamur dan bakteri. Cara membuat ramuannya sangat mudah. Rebus daun sirih secukupnya dan diamkan sampai hangat-hangat kuku lalu gunakan air rebusan tersebut ke seluruh tubuh.

Orang-orang zaman dulu sudah sering memanfaatkan daun sirih untuk mengobati berbagai luka atau penyakit ringan. Bukan hanya itu daun ini juga telah digunakan sebagai bahan kosmetik untuk mempercantik kulit dan wajah.

Demikian informasi singkat manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar