15 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki manfaat sangat banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat jahe untuk kesehatan sudah dikenal orang sejak ribuan tahun lalu ketika teknologi kedokteran belum secanggih sekarang. Semua orang mulai dari bayi, anak kecil, hingga orang tua dapat memanfaatkan jahe untuk meningkatkan kesehatan seperti menyembuhkan flu dan batuk ringan.

Pada umumnya jahe digunakan sebagai campuran bumbu dalam masakan. Di beberapa tempat jahe juga menjadi bahan utama dari minuman tradisional yang enak rasanya. Manfaat jahe boleh dikatakan sangat banyak dan telah terbukti khasiatnya.

Beberapa orang bahkan memberi testimoni mendapatkan manfaat jahe untuk menurunkan berat badan mereka yang berlebih. Beruntunglah kita yang hidup di negara Indonesia yang bisa mendapatkan jahe dengan mudah dan murah.

Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan tubuh

Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan tubuh

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman jahe sebagian besar diambil di bagian akar atau rimpangnya. Tanaman ini sangat mudah ditanam atau dibudidayakan. Anda pun bisa menanam di halaman rumah menggunakan media pot atau polybag yang sudah diberi tanah secukupnya.

Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak informasi di bawah ini.

1. Jahe Mengandung Gingerol, Sebuah Senyawa Obat yang Kuat

Jahe adalah tanaman berbunga yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia. Jahe berasal dari keluarga Zingiberaceae (temu-temuan), dan memiliki kedekatan dengan kunyit, kapulaga dan lengkuas. Jahe disebut juga rimpang karena batangnya berada di bawah tanah dan umumnya digunakan sebagai bumbu.

Jahe memiliki sejarah yang sangat panjang dalam ilmu pengobatan tradisional atau alternatif. Tanaman ini biasa digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual dan membantu melawan flu dan pilek

Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk, minyak, minuman, dan bahkan jus. Banyak perusahaan kosmetik bahkan menggunakan jahe sebagai bahan dasar produknya. Beberapa dokter (terutama dokter homeopati) juga telah meresepkan jahe sebagai minuman kesehatan.

Advertisement

Aroma dan rasa jahe yang unik berasal dari kandungan alaminya yang disebut gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe, yang memberi khasiat pengobatan. Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan merupakan senyawa antioksidan yang kuat.

2. Manfaat Jahe Dapat Menyembuhkan Mual Terutama pada Ibu Hamil yang Mengalami Morning Sickness

Jahe banyak digunakan sebagai obat anti mabuk bagi yang sering melakukan perjalanan di laut atau di udara. Beberapa bukti empiris memperlihatkan manfaat jahe sama efektifnya dengan obat resep dokter dalam menyembuhkan mual dan muntah.

Jahe juga dapat meredakan perasaan tidak nyaman dan mual pasca operasi dan sangat bermanfaat bagi penderita kanker yang menjalani kemoterapi.

Ibu hamil juga adalah pihak yang mendapatkan manfaat jahe karena dapat menghilangkan beberapa gejala kehamilan awal seperti mual (morning sickness) dan pusing-pusing.

Hasil penelitian pada 12 studi yang mencakup total 1.278 wanita hamil, diketahui 1,1-1,5 gram jahe secara signifikan dapat mengurangi gejala mual pada wanita hamil.

Meskipun jahe dianggap aman, beberapa dokter merekomendasikan agar para Ibu hamil tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak karena jahe juga dipercaya dapat meningkatkan risiko keguguran, meski sampai saat ini tidak ada penelitian yang mendukung asumsi tersebut.

Jadi jika anda sering mengalami mabuk dalam perjalanan, sedang menjalani kemoterapi, sering mual pasca operasi atau sedang hamil, minumlah jahe sebanyak 1-1,5 gram untuk menghilangkan perasaan mual-mual.

3. Khasiat Jahe Sebagai Obat Kanker dan Tumor

Selain berkhasiat menyembuhkan penyakit ringan, salah satu manfaat jahe yang luar biasa adalah mengobati kanker ovarium. Sekelompok peneliti dari Universitas Michigan mengonfirmasi hal tersebut.

Para peneliti menyebut jahe dapat menghancurkan sel-sel kanker ovarium dengan cara memicu dua jenis kematian sel kanker yaitu apoptosis dan autophagy. Apoptosis adalah sel menghancurkan diri mereka sendiri (bunuh diri) sementara autopaghy adalah kondisi dimana sel akan menyerang diri mereka sendiri.

Jennifer Rhode, MD seorang onkolog dari Universitas Michigan menyebut jahe memiliki manfaat dalam mematikan sel sama besar atau bahkan lebih hebat dari kemoterapi.

Selain kanker ovarium, para peneliti juga menyebut jahe memiliki banyak manfaat dalam melindungi manusia dari kanker usus besar. Pihak Universitas menyebut jahe dapat menghambat perkembangan sel kanker kolorektal.

Sebuah percobaan yang dipublikasi oleh Journal of Clinical Oncology mengonfimasi hal tersebut. Orang yang rajin mengonsumsi jahe memiliki risiko yang lebih rendah mengalami peradangan usus. Penelitian lain menyebut jahe dapat menghambat perubahan tumor menjadi kanker akibat radiasi kimia.

Penelitian dari Universitas Georgia juga membuktikan manfaat jahe dalam mengobati kanker prostat. Para peneliti menyebut jahe dapat mengecilkan ukuran tumor prostat sampai 56% pada tikus percobaan.

4. Jahe Dapat Meredakan Nyeri Otot

Jahe telah terbukti efektif melawan nyeri otot akibat olahraga. Dalam satu studi, mengkonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, secara signifikan dapat mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

Jahe tidak memiliki dampak langsung, tetapi mungkin efektif dalam mengurangi nyeri yang semakin sakit setiap hari. Efek ini diyakini akibat zat gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Manfaat jahe sebagai zat anti inflamasi sangat membantu dalam mengurangi peradangan dan menghilangkan nyeri tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan kimiawi.

Minum jahe mengurangi nyeri otot akibat salah gerakan saat olahraga

Minum jahe mengurangi nyeri otot akibat salah gerakan saat olahraga

5. Jahe Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan Seperti Diare

Gangguan pencernaan kronis (dispepsia) ditandai dengan munculnya nyeri yang berulang dan rasa tidak nyaman di bagian atas perut. Kondisi ini diyakini sebagai akibat perut kosong yang menyebabkan masalah pencernaan.

Bagi Anda yang mengalami gejala diare, seperti perut sakit, mulas, dan sering buang air besar dengan bentuk kotoran encer. Sebaiknya segera mengonsumsi jahe untuk mengembalikan kesehatan anda. Pembuatan ramuannya sangat mudah.

Setelah meminumnya, Anda bisa beristirahat dengan santai. Biasanya, setelah meminum rebusan jahe ini beberapa orang mengeluarkan gas dari perut. Jangan malu karena itu pertanda bahan herbal jahe sudah mulai bekerja untuk menyembuhkan diare.

6.  Jahe Dapat Menghangatkan tubuh

Salah satu manfaat jahe bagi kesehatan adalah dapat menghangatkan tubuh dan menyembuhkan masuk angin. Apalagi di musim penghujan yang hampir tiap hari turun hujan, kondisi tubuh harus terus dijaga.

Jangan sampai stamina tubuh turun yang membuat Anda mudah terserang flu atau masuk angin. Oleh karena itu, Anda perlu menghangatkan tubuh agar stamina tetap terjaga.

Berikut ini beberapa cara mengolah jahe untuk menghangatkan badan dan menyembuhkan flu:

  • Siapkan 2 – 3 rimpang jahe
  • Bersihkan jahe
  • Potong jahe menjadi beberapa bagian
  • Rebus dengan air secukupnya
  • Setelah mendidih, angkat dan saring
  • Minumlah selagi hangat

Cara yang lain, yaitu geprek 2 rimpang jahe yang sudah dibersihkan. Masukkan ke dalam segelas air panas lalu diamkan beberapa saat. Minumlah selagi hangat dan tubuh Anda tidak akan kedinginan lagi.

7. Bubuk Jahe Berkhasiat Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri haid (dysmenorrhea) mengacu pada rasa sakit yang muncul selama siklus menstruasi wanita. Banyak wanita yang mengalami nyeri haid yang parah yang menghambat aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara mengobati nyeri haid secara alami adalah minum jahe hangat. Dalam satu studi, 150 perempuan diminta untuk mengonsumsi sebanyak 1 gram bubuk jahe setiap hari selama 3 hari pertama periode menstruasi mereka.

Hasilnya, jahe ternyata berkhasiat dapat mengurangi nyeri haid seefektif obat asam mefenamat dan ibuprofen. Jadi mulai saat ini jika anda mengalami nyeri saat haid, minumlah jahe, selain rasanya menyenangkan juga tanpa efek samping.

Manfaat jahe dapat membantu melawan infeksi

Manfaat jahe dapat membantu melawan infeksi

8. Jahe bermanfaat Menurunkan Kolesterol Jahat

Tingginya kadar lipoprotein LDL atau kolesterol jahat sangat berkaitan dengan munculnya beragam penyakit seperti jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kolesterol jahat berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Semakin banyak makan gorengan atau protein hewani maka semakin tinggi pula kolesterol dalam darah.

Jadi bagaimana menurunkan kadar kolesterol tersebut?

Dalam sebuah studi selama 45-hari terhadap 85 orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, diketahui 3 gram bubuk jahe dapat mengurangi secara signifikan kadar kolesterol penderita.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan pada tikus hipotiroid mendukung studi tersebut, di mana ekstrak jahe dapat menurunkan kolesterol LDL sampai batas yang sama seperti obat penurun kolesterol atorvastatin.

Kedua studi di atas juga memperlihatkan terjadinya penurunan total kolesterol dan trigliserida darah.

Jadi, beberapa bukti baik itu pada hewan atau manusia menyebut manfaat jahe sangat besar dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida darah.

9. Bahan Aktif Dalam Jahe Bermanfaat Melawan Infeksi

Gingerol, zat bioaktif dalam jahe segar, dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Bahkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri.

Jahe sangat efektif dalam melawan bakteri mulut yang terkait dengan penyakit inflamasi pada gusi, seperti gingivitis dan periodontitis.

Beberapa gram jahe segar juga sangat efektif melawan virus RSV, penyebab umum infeksi pernapasan.

10. Jahe Dapat Menurunkan berat badan

Manfaat jahe untuk kesehatan yang tidak kalah hebatnya adalah dapat menurunkan berat badan. Saat ini jahe banyak yang telah dikemas dalam bentuk bubuk jamu tradisional untuk membantu program diet.

Namun perlu diingat, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan praktisi kesehatan yang berkompeten di bidang ini agar tidak salah salam mempraktekkan diet mengkonsumsi ramuan jahe.

Jika dilakukan dengan aturan yang benar dan direkomendasikan, tentu saja berat badan akan turun dan kesehatan tetap terjaga.

Manfaat jahe untuk kecantikan kulit

Manfaat jahe untuk kecantikan kulit

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Selain memiliki manfaat dalam bidang kesehatan, jahe juga ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan wajah dan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat jahe untuk kecantikan:

11. Menghilangkan Bekas Luka

Karena memiliki sifat menyegarkan dan juga antioksidan, jahe dapat mengurangi munculnya bekas luka yang disebut hipopigmentasi (sebuah bekas luka yang meninggalkan bekas berwarna lebih putih dari kulit anda).

Oleskan sepotong jahe segar ke daerah kulit yang warnanya pudar tersebut dan biarkan sampai mengering. Lakukan sekali atau dua kali sehari dan dalam beberapa bulan bekas luka akan hilang dan tak terdeteksi lagi.

12. Meremajakan Kulit

Minum air jahe atau mengapikasikannya langsung pada kulit sama-sama memberi manfaat anti penuaan pada tubuh. Jahe memiliki 40 sifat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas. Jahe juga membantu meratakan warna kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Anda bisa membuat masker jahe untuk wajah sebagai berikut:

  • Siapkan jahe yang telah diparut atau jahe bubuk
  • Campur dengan madu dan lemon
  • Oleskan ke kulit atau wajah
  • Biarkan selama 30 menit
  • Bilas

13. Manfaat Jahe Untuk Menumbuhkan Rambut

Jahe sangat baik dalam meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin, mineral dan asam lemak dalam jahe membantu memperkuat rambut dan mengurangi risiko rambut rontok.

Buatlah masker jahe untuk kesehatan rambut dengan cara:

  • Siapkan bubuk jahe secukupnya
  • Campur dengan minyak jojoba
  • Pijat rambut dan kulit kepala
  • Biarkan selama 30 menit
  • Lalu bilas dan bersihkan dengan shampo

14. Menghilangkan Ketombe

Salah satu manfaat jahe untuk kecantikan adalah membantu menghilangkan gatal akibat ketombe di rambut. Jahe memiliki sifat antiseptik yang kuat yang dapat menyehatkan rambut dan menghilangkan parasit dengan mudah.

Pijatlah rambut dan kulit kepala menggunakan minyak jahe atau campuran dua rimpang jahe dengan tiga sendok minyak zaitun atau minyak wijen. Pijat kepala selama 15 sampai 25 menit dan lakukan dua kali seminggu maka rambut anda akan bebas ketombe.

15. Khasiat Jahe untuk Mengurangi Selulit

Selulit adalah lipatan-lipatan yang sering muncul di paha, lengan dan perut. Selulit sangat mengganggu penampilan dan mengurangi kecantikan.

Syukurlah jahe ternyata bermanfaat menghilangkan selulit-selulit tersebut secara alami. Seperti dijelaskan di atas jahe dapat merangsang sirkulasi darah dan membantu mengembalikan warna kulit anda.

Untuk menghilangkan selulit gunakan ramuan berikut:

  • Siapkan 1/2 cangkir gula
  • 1/4 cangkir minyak zaitun
  • 2 sendok makan jahe parut
  • 1 buah lemon

Campurkan semua bahan dan jadikan body scrub untuk menghilangkan selulit yang mengganggu.

Demikian informasi singkat manfaat jahe bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit, semoga bermanfaat dan jangan lupa Like dan Bagikan ke teman lain yang membutuhkan.

Tulis Komentar