8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya adalah tanaman obat yang luar biasa dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lidah buaya termasuk dalam family lily (Liliaceae), sama dengan bawang putih.

Manfaat lidah buaya sangat besar bagi kesehatan. Tanaman ini menghasilkan dua jenis zat yaitu gel dan lateks. Gel lidah buaya berbentuk seperti jelly yang terdapat di bagian dalam daun tanaman lidah buaya. Sementara lateks lidah buaya berasal dari bawah kulit aloe dan berwarna kuning.



Beberapa produk lidah buaya dibuat dengan menghancurkan keseluruhan daunnya sehingga produk tersebut mengandung gel dan lateks sekaligus.

Pengobatan menggunakan lidah buaya dilakukan dengan cara oral (mulut) atau dioleskan pada kulit.

Pada umumnya obat oral lidah buaya digunakan untuk menurunkan berat badan, diabetes, hepatitis, penyakit radang usus, osteoarthritis, sakit maag, asma, terkait radiasi luka kulit, demam, gatal-gatal dan peradangan, dan sebagai tonik.

Selain itu gel lidah buaya juga bisa dioleskan ke kulit untuk menyembuhkan jerawat, mengatasi inflamasi kulit yang disebut lichen planus, peradangan pada mulut, kerusakan kulit akibat radiasi, plak gigi, ruam, radang dingin, penyakit gusi, luka baring, kudis, ketombe, luka penyembuhan, wasir dan nyeri setelah operasi untuk menghilangkan wasir internal osteoarthritis, inflamasi, dan sebagai antiseptik.

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan


 

Bagaimana lidah buaya memberi manfaat bagi kesehatan

Bagian paling bermanfaat dari lidah buaya adalah gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel di tengah daun; dan lateks diperoleh dari sel yang berada tepat di bawah kulit daun.

Gel lidah buaya dapat menyebabkan perubahan pada kulit sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti psoriasis.

Aloe vera juga dapat mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah kematian sel di sekitar luka.

Lidah buaya juga diketahui memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah timbulnya penyakit yang berbahaya.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman lidah buaya sangat mudah ditanam dan dibudidayakan. Dan bahkan karena bentuknya yang unik banyak orang yang menanam lidah buaya di kebun untuk keindahan.

Disarankan untuk menanam lidah buaya di dalam pot atau polybag agar lidah buaya tidak cepat rusak karena terlindungi. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda bisa mengambilnya dengan mudah.

Di bawah ini beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan, baik sebagai obat oral maupun obat oles.

1. Detoksifikasi

Jus lidah buaya banyak mengandung asam amino, vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi salah satu pembersih alami yang paling efektif.

Manfaat lidah buaya yang paling penting adalah dapat dapat membantu memperkuat pencernaan dan membersihkan tubuh dari limbah jahat, sehingga bisa dikatakn lidah buaya membantu prses detoksifikasi tubuh secara alami.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Aloe vera mengandung polisakarida yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terlalu banyak peradangan dalam tubuh dapat menyebabkan masalah dalam sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan kondisi seperti asma, eksim dan penyakit Crohn.

Herbal yang dapat mencegah hal tersebut adalah lidah buaya dengan cara memperlambat inflamasi dan membantu menyusun ulang respon imun tubuh untuk mencegah kondisi tersebut terjadi.

3. Cepat mengeringkan luka luar

Manfaat lidah buaya yang ketiga yaitu dapat mengeringkan luka luar dengan cepat. Misalnya, Anda terjatuh, tertusuk, atau tergores benda tajam maka anda bisa mencegah darah terus mengalir dan mencegah infeksi dengan gel lidah buaya arah.

Anda cukup mengambil daging dari batang lidah buaya yang kenyal-kenyal seperti jelly dan warnanya bening. Oleskan pada bagian luka dan biarkan beberapa saat. Oleskan terus secara teratur hingga luka luar mengering dengan cara alami.

4. Menyembuhkan penyakit herpes

Manfaat lidah buaya berikutnya, yaitu menyembuhkan penyakit herpes. Herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang menular. Orang yang menderita herpes biasanya kurang menjaga kebersihan tubuhnya.

Penyakit ini seperti luka biasa di kulit, rasanya panas dan nyeri. Jika tidak segera disembuhkan maka herpes di kulit akan menyebar.

Anda cukup mengoleskan daging batang lidah buaya pada bagian kulit yang terkena herpes. Rasanya dingin saat dioleskan di kulit. Oleskan secara teratur hingga herpes nengering dan bekas lukanya mengelupas dengan sendirinya.

5. Menurunkan kolesterol dan gula darah


 

Ada beberapa bukti yang menunjukkan lidah buaya dapat menurunkan kolesterol dan memiliki efek positif pada kadar gula darah, yang berarti dapat berguna untuk mengobati diabetes dan obesitas.

6. Pertumbuhan rambut

Lidah buaya penuh dengan vitamin alami dan enzim yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

7. Baik untuk luka bakar, jerawat dan kulit kering

Lidah buaya dapat menenangkan kulit meradang dan meningkatkan kolagen dan asam hyaluronic untuk membantu meremajakan kulit. Tanaman ini juga sangat cocok digunakan sebagai pelembab untuk kulit kering.

8. Menyebuhkan panas dalam

Manfaat lidah buaya yang lain adalah menyembuhkan panas dalam. Caranya, Anda bisa membuat minuman berbahan lidah buaya.

Caranya, ambil daging lidah buaya lalu dicampur dengan agar-agar. Setelah matang, silakan makan agar-agar lidah buaya tersebut untuk meredakan gejala panas dalam di tubuh Anda.

Demikianlah informasi singkat mengenai manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar