7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Tomat adalah salah satu jenis buah yang sering dijadikan lalapan saat makan. Tomat identik dengan warna merah marum yang dapat membangkitkan selera makan. Beberapa orang mengkonsumsi buah ini sebagai lalapan, dan beberapa yang lain menjadikannya sebagai minuman segar atau jus.

Selain dijadikan sebagai lalapan dan sayuran, tomat ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan dan kecantikan kulit, hal ini disebabkan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat banyak dan dibutuhkan oleh kulit.


 

Berdasarkan fakta yang ada, buah tomat banyak mengandung jenis vitamin seperti vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol.

7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Cara paling umum mengkonsumsi buah mungil ini adalah dijadikan lalapan bersama cabai atau digabung dengan sayuran. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, konsumsilah tomat mentah organik dengan cara dijuicer secara teratur agar enzim-enzim di dalamnya tidak hilang.

Untuk lebih jelasnya berikut ini 7 manfaat tomat bagi kesehatan tubuh manusia:

  1. Melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Ini adalah salah satu kelebihan tomat karena merupakan sumber serat yang sangat diperlukan oleh tubuh anda. Seperti kita tahu kekurangan serat menyebabkan pencernaan terganggu, rajin mengkonsumsi tomat dapat mencegah kita kekurangan serat.
  2. Melindungi kulit wajah dan kulit tubuh. Buah ini sering dijadikan masker wajah karena manfaatnya yang sangat baik dalam mengencangkan kulit wajah. Tomat merupakan sumber likopen dan kandungan likopen dalam buah ini berfungsi untuk mencegah kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.
  3. Dapat memperkuat tulang pada tubuh. Ini dikarenakan buah tersebut merupakan sumber vitamin K yang berguna untuk mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis. Rajin mengkonsumsi buah tomat dapat mencegaj anda menderita osteoporosis di hari tua nani.
  4. Mencegah kanker secara efektif. Bagi anda yang ingin terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, dari sekarang mulailah rutin mengkonsumsi buah ajaib ini. Kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh dalam mencegah berbagai jenis kanker.
  5. Pencegah diabetes alami. Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh anda. Buah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.
  6. Menajamkan penglihatan anda. Sumber vitamin A yang ada berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mempertajam daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda yang ada di sekitarnya. Jadi bukan hanya wortel yang bisa bikin mata sehat, tapi tomat juga bisa untuk kesehatan mata.
  7. Memperkuat dan memperindah mahkota kepala anda. Sumber vitamin A yang ada di dalam tomat sangat baik untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala, mengkonsumsi buah ini secara teratur juga dapat memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.

Walaupun termasuk jenis buah-buahan tapi dalam prakteknya tomat lebih sering dianggap sebagai sayuran, itulah sebabnya buah ini lebih sering dikonsumsi sebagai lalapan saat makan. Rajin mengkonsumsi tomat sangat baik bagi kesehatan seperti dijelaskan di atas.

Perlu diperhatikan bahwa tomat adalah jenis buah yang banyak menerima asupan insektisida dalam proses pertumbuhannya untuk melawan hama penyakit tanaman. Bersihkan tomat dengan bersih agar bekas-bekas insektisida bisa hilang agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Demikian informasi singkat mengenai manfaat tomat bagi kesehatan tubuh. semoga bermanfaat.

Tulis Komentar