3 Manfaat Yogurt bagi Kesehatan Wanita

Yogurt adalah susu yang dibuat dari fermentasi bakteri yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Manfaat yogurt tidak hanya berkhasiat sebagai minuman yang menyegarkan tubuh tetapi juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan wanita, termasuk organ intimnya.

Wanita yang rajin mengonsumsi yoghurt akan memiliki sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat pada organ intimnya sebab yoghurt memiliki kemampuan mencegah bakteri penyebab infeksi hidup dan berkembang di sistem reproduksi wanita. Di area intim wanita yang lembab dan asam, bakteri bisa hidup dan mengganggu kesehatan.



Tingkat keasaman pada yogurt terhitung tepat sehingga dapat mencegah berkembangnya bakteri candida. Bakteri ini sangat berbahaya sebab dapat menyebabkan timbulnya keputihan pada wanita.

Meski disarankan untuk selalu dikonsumsi, para wanita harus menghindari yoghurt yang rasanya manis karena mengandung ragi yang berkembang dari gula.

Pilihlah yogurt yang terbaik adalah yang telah melewati proses fakturisasi untuk menghilangkan bakteri buruk dan proses inkubasi untuk memasukkan bakteri baik serta tahap akhir berupa fermentasi.

Sebanyak 150 mililiter yoghurt asam yang dikonsumsi perhari dapat menjaga keseimbangan kesehatan organ reproduksi dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam vagina.

Efek yang muncul adalah vagina akan terbebas dari gangguan seperti alergi, keputihan dan gatal-gatal. Demikian sekilas manfaat yogurt bagi kesehatan wanita.


 

Manfaat yogurt

Manfaat yogurt

Bagaimana Yoghurt Membantu Kesehatan Wanita

Ragi yang berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri baik dalam vagina terganggu. Jika hal ini terjadi, maka bakteri dapat menyebabkan infeksi pada vagina. Tentu saja hal ini akan merusak kesehatan organ seksual tersebut yang jika tidak diobati maka dapat mengganggu fungsi organ lain di sekitarnya.

Semua wanita mendambakan vagina yang sehat dan bersih, jauh dari bakteri berbahaya. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vaginanya, banyak wanita yang tidak segan melakukan berbagai perawatan, termasuk yang tidak masuk akal dan berbahaya. Beberapa metode perawatan tersebut bahkan menghabiskan biaya yang sangat besar.

Banyak wanita rela melakukan berbagai perawatan pada organ intimnya tersebut untuk menjaga kebahagiaan rumah tangga dan keharmonisan dengan pasangan. Sayangnya tanpa pengetahuan yang cukup, terkadang uang banyak melayang tapi hasil yang diinginkan nihil.

Yogurt adalah salah satu metode alternatif berbiaya murah untuk mendapatkan kesehatan organ seks wanita. Yogurt yang telah melewati proses fermentasi dengan menggunakan bakteri baik Strepcoccus thermopillus dan Lactobacillus bulgaricus aman dikonsumsi untuk wanita.

Bakteri baik ini akan menguraikan laktosa menjadi asam laktat sehingga yoghurt berasa asam.  Yogurt inilah yang ampuh dalam menjaga kesehatan wanita.

Sebuah penelitian pernah dilakukan di Long Island Jewish Medical Center di New York City, penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt secara rutin dapat melawan pertumbuhan jamur candida penyebab infeksi vagina.

Penelitian dilakukan terhadap 11 wanita yang mengalami infeksi akibat jamur candida. Mereka dimonitoring selama 6 bulan dan mengonsumi secangkir yogurt yang mengandung Lactobacillus dan bakteri baik.

Hasilnya, infeksi berangsur mulai hilang setelah 1 bulan rutin mengonsumsi yoghurt dan kondisi kesehatan wanita tersebut semakin membaik hingga bulan berikutnya.

1. Yogurt Baik Bagi Kesehatan Wanita Hamil dan Menyusui

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Wanita

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Wanita

Yogurt memberikan suntikan kalsium dan magnesium bagi ibu hamil. Seperti kita tahu, kebutuhan kalsium bagi ibu hamil meningkat tiga kali lipat dibandingkan wanita yang sedang tidak hamil.

Kalsium organik yang ada dalam yogurt merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan wanita hamil.


 

Kalsium untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk memperkuat tulang janin yang ada dalam kandungan. Namun, ibu hamil juga harus mendapatkan makanan empat sehat lima sempurna, menghindari alkohol dan rokok, istirahat teratur dan hindari stress.

Sedangkan bagi ibu menyusui, kalsium yogurt memiriki peranan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas air susu ibu (ASI).

2. Yogurt  Dapat Memperlancar Menstruasi Wanita

Saat mengalami menstruasi, wanita kemungkinan akan mengalami kekurangan kadar zat besi dan kalsium dalam darah. Jika konsumsi kalsium dalam darah berkurang, maka darah akan mengambil kalsium dari tulang. Itulah sebabnya banyak wanita yang sedang haid merasa lemas, lesu dan pucat.

Penelitian lain membuktikan bahwa nyeri haid akan berkurang sebanyak 30% jika wanita mengkonsumsi 1.200 mg kalsium setiap harinya. Dengan rajin mengonsumsi yogurt saat sedang haid, asupan kalsium akan tetap tercukupi.

Yogurt juga cocok dikonsumsi oleh wanita yang memiliki masalah menstruasi yang tidak lancar. Dari testimonial situs kesehatan di Eropa, banyak wanita merasakan bahwa periode mereka menjadi lancar setelah rajin mengkonsumi yogurt.

3. Yoghurt Membantu Wanita Pengidap Diabetes

Seperti disebutkan di atas, manfaat yogurt tidak hanya terbatas baik bagi pencernaan tapi juga membantu meningkatkan kesehatan pada organ kewanitaan. Manfaat lain dari yoghurt adalah minuman ini mampu mencegah terjadinya infeksi vagina akibat bakteri candida.

Kasus infeksi candida pada sebagian besarnya terjadi pada wanita pengidap diabetes. Hal ini disebabkan karena pengidap diabetes cenderung memiliki kadar asam yang lebih tinggi di area vaginanya yang memungkinkan berkembangnya berbagai jenis bakteri termasuk candida.

Bakteri candida biasanya menjadi biang timbulnya penyakit keputihan dan gatal pada miss v. Oleh sebab itu banyak dokter yang menganjurkan wanita terutama yang telah mengidap diabetes untuk rutin mengkonsumsi yoghurt.

Demikian artikel mengenai peranan yoghurt dalam menjaga kesehatan wanita. Melihat banyaknya manfaat yogurt untuk menyehatkan wanita, tidak ada salahnya jika anda mulai rutin mengonsumsi yogurt sejak sekarang.

Komentar dan Tanggapan

  1. amanda December 1, 2016

Tulis Komentar