Cara Membuat Masker Alami Untuk Merawat Wajah

Banyak cara untuk merawat atau memutihkan wajah. Salah satunya adalah Anda bisa menggunakan krim atau masker alami pemutih wajah yang banyak dijual di komplek pertokoan.

Hanya saja biasanya harga masker tersebut lebih mahal dan isi yang ditawarkan terbilang sedikit sehingga memakainya secara rutin adalah termasuk tindakan pemborosan apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.


 

Selain itu, Anda perlu mewaspadai efek ketergantungan terhadap produk tersebut. Beberapa orang yang terbiasa menggunakan krim dan mengalami ketergantungan akan berusaha membeli krim lain dengan harga yang lebih murah. Akibatnya, banyak yang terjerumus ke dalam krim-krim palsu dan berbahaya.

Jika hal tersebut dibiarkan, akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan kulit penggunanya. Sebab, krim dengan harga yang jauh murah biasanya mengandung bahan-bahan yang berbahaya, seperti merkuri atau pewarna tekstil lainnya.

Daftar Pemutih Wajah Alami Dari Bahan Tradisional

Cara membuat masker alami untuk merawat wajah

Namun jangan khawatir bila Anda sedang mengalami keterbatasan modal. Anda hanya perlu menggantinya dengan masker muka yang dibuat secara alami untuk wajah.

Selain harganya terbilang lebih murah, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan. Sebab, bahan yang digunakan untuk membuat masker alami berasal dari beberapa jenis sayur dan buah-buahan yang tentu menyehatkan.

Bagi Anda yang berminat untuk mencobanya, artikel ini akan sedikit membantu Anda dalam memilih dan meracik masker alami tersebut.

Kelemahan yang dimiliki dalam masker alami hanya pembuatan yang membutuhkan waktu tambahan, tidak seperti krim yang Anda dapatkan dan langsung digunakan pada kulit.

Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan dalam memilih masker alami untuk meerawat dan memutihkan wajah secara alami:

  1. Masker alami untuk kulit kering dan kusam

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kulit. Oleh karena itu, perempuan yang ingin mendapatkan kulit mulus disarankan untuk mengkonsumsi jus alpukat secara rutin.

Tidak hanya itu, alpukat juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering dan kusam dengan cara menjadikannya sebagai masker wajah alami.


 

Untuk membuatnya, pertama Anda perlu melumatkan atau menghancurkan alpukat yang sudah matang. Lalu, campurkan 1 sendok madu murni. Setelah itu Anda bisa langsung menggunakannya pada wajah. Diamkan sekitar 30 menit.

Masker kedua adalah masker dengan bahan dasar pisang. Pisang sangat baik bagi bayi, khususnya digunakan selama pertumbuhan gigi susu.

Kandungan yang baik tersebut digunakan oleh peneliti untuk melihat potensi yang ada bagi kesehatan kulit. Cara meraciknya adalah menghaluskan satu buah pisang.

Langkah selanjutnya adalah meneteskan minyak zaitun sebanyak 2-3 tetes. Diamkan beberapa saat kemudian oleskan pada wajah Anda.

Biarkan masker tersebut berfungsi pada wajah kira-kira 30 menit. Akhirnya, bilas wajah Anda dengan air dan bersihkan dengan handuk atau kain yang bersih.

Masker ketiga adalah masker tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang mampu menjaga kesegaran kulit Anda. Untuk membuatnya pertama mencampurkan 2 buah tomat segar.

Kemudian tambahkan air lemon yang telah disiapkan sebelumnya. Campur kedua bahan tersebut dan oleskan pada wajah Anda. Diamkan beberapa saat kemudian bilas wajah Anda dengan air.

  1. Masker alami untuk kulit berminyak

Masker buah terbukti ampuh merawat kulit berminyak, salah satu diantaraya adalah ketimun dan lemon. Caranya adalah menyiapkan satu buah masker timun yang masih segar (lebih disarankan setelah didinginkan di dalam kulkas).

Kupas semua kulitnya, kemudian hancurkan hingga didapati timun yang halus. Peras untuk mendapat airnya saja dan campurkan dengan 2-3 tetes minyak zaitun. Oleskan pada wajah Anda dan nikmati kesegarannya.

Selain menggunakan timun, masker lemon juga sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memeras kulit lemon dan kemudian oleskan pada wajah Anda.

Biasanya orang yang menggunakan masker lemon akan merasa seperti digigit semut dan masker tersebut sangat lengket di wajah. Namun, hasilnya sangat baik untuk merawat kulit yang berminyak.

  1. Masker alami untuk memutihkan wajah

Untuk memutihkan wajah, ada 3 masker yang dapat Anda buat dari 3 bahan yang berbeda. Pertama adalah masker dari pepaya. Caranya adalah memilih pepaya yang telah masak kemudian menghaluskan pepaya tersebut.

Untuk takarannya, Anda bisa mengambil 2-3 potongan pepaya ukuran sedang. Oleskan langsung pada wajah, diamkan sekitar 15-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Kedua adalah masker bengkoang. Tidak dipungkiri bengkoang menjadi masker yang favorit, terutama untuk keperluan kosmetik. Anda juga bisa membuatnya dengan mudah tetapi tidak kalah jauh dari menfaat yang ditemukan dalam kosmetik.

Caranya adalah parut satu buah bengkoang yang telah dikupas, parut, kemudian ambil airnya. Diamkan perasan tersebut sampai terdapat endapan. Setelah itu, masker yang dapat digunakan adalah endapan bengkoang. Oleskan pada wajah Anda.

Ketiga adalah masker pemutih wajah dari jeruk nipis dan oatmeal. Caranya adalah menyiapkan 2 sendok makan oatmeal dan air jeruk nipis sebanyak 100 ml.

Campurkan kedua bahan tersebut secara merata dan langsung oleskan pada wajah Anda. Diamkan sampai setengah kering ratakan kembali bagian yang belum mendapat masker. Tunggu selama 20 menit sebelum dibersihkan.

  1. Masker alami untuk wajah berjerawat

Permasalahan utama perempuan adalah jerawat, khususnya ketika sedang masa haid. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggunakan 2 masker, yaitu oatmeal, yoghurt dan lemon, dan campuran masker pepaya dan nanas.

Untuk masker yang pertama, Anda perlu menyiapkan 1 sendok makan oatmeal dan yoghurt. Campur kedua bahan tersebut dan teteskan air lemon ke dalamnya. Segera oleskan pada wajah Anda, lalu diamkan sekitar 20 menit sebelum membersihkannya.

Campuran masker yang kedua dapat dibuat dengan cara mencampur pepaya dan nanas secukupnya. Setelah merata, Anda cukup mengoleskannya pada wajah dan diamkan beberapa saat. Jika sudah terasa kering dan keras, segeralah untuk membersihkan masker tersebut dengan air hangat.

Demikian beberapa cara membuat masker alami untuk merawat wajah, baik itu untuk memutihkan wajah ataupun untuk merawat wajah berminyak agar terhindar dari jerawat.

Tulis Komentar