5 Masker Buah Untuk Kulit Berminyak

Masker buah untuk kulit berminyak

Masker buah untuk kulit berminyak

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang paling rentan mengalami gangguan dan salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami minyak berlebih adalah wajah.


 

Produksi minyak berlebih pada wajah dapat menjadi penyebab mengendapnya kotoran yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan jerawat.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat akibat minyak berlebih seperti menggunakan pelembab alami khusus kulit berminyak atau menggunakan masker buah.

Seperti kita tahu, vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit dan wajah. Dan karena itu melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas lima jenis masker buah yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah.

Tapi sebelum itu kita perlu juga sedikit membahas mengapa kulit bisa berminyak. Kulit berminyak disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Pola Makan tidak sehat
  • Kosmetik yang tidak cocok
  • Pola Hidup
  • Faktor Keturunan
  • Hormon
  • Sel-Sel Kulit Mati
  • Bakteri

Dengan memperhatikan apa-apa saja faktor penyebab kulit berminyak di atas maka kita bisa mencegah atau mengurangi kadar minyak yang dihasilkan tubuh.

Baca juga: 5 Cara Paling Ampuh Merawat dan Mengatasi Kulit Kering

Masker Buah Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Ada banyak  cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan kulit dan wajah yang cantik. Anda bisa membeli produk kecantikan atau bahkan melakukan tindakan operasi untuk mempercantik diri.

Tapi metode-metode tersebut tentunya tidaklah murah, artinya tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Beruntung karena alam memberi kita produk alami untuk mempercantik diri, diantaranya adalah aneka jenis buah-buahan. Salah satu cara meramu aneka buah-buahan tersebut adalah dengan membuat masker wajah.

Berikut ini lima jenis masker buah terbaik untuk kulit berminyak:


 

1. Pisang

Selain enak dikonsumsi, pisang juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Pisang mengandung vitamin A, B, dan E yang sangat baik untuk kulit.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan adalah mampu mengurangi kram saat haid, sedangkan untuk kecantikan, pisang mampu mencegah penuaan dini.

2. Lemon

Lemon yang banyak mengandung vitamin C ini, sangat baik untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Cara membuat masker buah lemon adalah sebagai berikut:

  • Peras lemon
  • Campur air perasan lemon dengan 1 sdt madu.
  • Oleskan pada setiap bagian wajah anda.

Untuk mendapatkan hasil optimal anda juga harus meminum air lemon hangat yang dicampur madu untuk membersihkan kulit dari dalam.

3. Apel

Kandungan antioksidan dari buah apel sangat baik untuk melawan radikal bebas pada wajah. Masker buah apel sangat baik dalam mencegah kerusakan sel pada kulit.

Cara membuat masker buah apel, yaitu:

  • Blender apel hingga halus
  • Campur dengan madu dan air.
  • Oleskan ke wajah
  • Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air bersih.

4. Pepaya

Mirip dengan apel, pepaya juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit. Selain itu pepaya juga memiliki zat bernama papain yang mampu menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

5. Mangga

Buah yang mampu membuat air liur menetes ini selain enak juga memiliki banyak manfaat. Hampir sama dengan buah lainnya, mangga juga memiliki kandungan vitamin A dan bersifat antioksidan.

Masker buah mangga sangat baik untuk meremajakan kulit, mencegah penuaan dini dan mengencangkan kulit.

Masih banyak jenis buah lain yang sangat baik digunakan untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah seperti tomat dan alpukat. Dengan menerapkan masker buah tersebut pada wajah secara rutin maka wajah akan terlihat lebih cerah dan bebas jerawat.

Demikian informasi singkat beberapa jenis masker buah untuk mengatasi kulit berminyak, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar