5 Tips Paling Ampuh Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang kerap datang ketika usia tidak muda lagi, meski demikian bukan berarti mereka yang masih muda aman dari penyakit ini. Penyakit asam urat ditandai dengan rasa sakit dari ringan sampai berat yang muncul di persendian.

Ada banyak metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan asam urat, anda bisa ke dokter untuk meminta obat asam urat atau anda juga bisa menggunakan beberapa obat alami asam urat yanng tentu saja lebih aman. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips untuk mengatasi asam urat.

Asam urat terjadi ketika kita mengkonsumsi zat purin secara berlebihan sehingga kristal-kristal purin tersebut berkumpul di dalam sendi dan akhirnya menimbulkan rasa sakit.

Penyebab purin menumpuk adalah karena jumlahnya sangat banyak sehingga ginjal tidak lagi bisa mengeluarkannya. Sehingga untuk mengatasi asam urat berlebih terjadi adalah dengan mengurangi kadar purin yang masuk ke dalam tubuh.

Mengatasi asam urat secara alami

Kurangi konsumsi kacang-kacangan untuk mengatasi asam urat secara alami

Beberapa Tips Untuk Mengatasi Asam Urat

Zat purin penyebab asam urat banyak terdapat di dalam makanan, baik itu tumbuhan maupun hewan. Mengkonsumsi makanan tersebut berarti memasukkan zat purin ke dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung banyak purin adalah tempe, kembang kol, bayam, udang, ikan sarden, kepiting, udang, jeroan, dan daging merah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda praktekkan untuk mengatasi penyakit asam urat secara alami:

1. Menjaga berat badan

Lakukan pola diet sehat yang diimbangi dengan olahraga, sehingga kandungan asam urat yang berlebihan bisa larut dan dibuang oleh tubuh. Mencapai berat badan yang proporsional adalah salah tips dalam mengatasi asam urat yang ampuh.

Anda bisa mengkonsumsi oats atau gandum utuh untuk menu sarapan anda, serta mengganti nasi putih dengan nasi merah. Jangan makan dalam kondisi makanan masih panas, diamkan hingga makanan hangat atau dingin.

Advertisement

Selain mengatur dan memilih makanan, anda juga perlu melakukan olahraga. Banyak jenis olahraga ringan yang bisa anda lakukan secara rutin seminggu sekali atau setiap hari, seperti berjalan kaki, jogging, berenang, dan bersepeda.

2. Kurangi konsumsi gula

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis memang sangat lezat. Tapi anda perlu memperhatikan takarannya. Tentu saja boleh, namun harus dibatasi. Pemanis buatan dan kandungan fruktosa yang tinggi seperti dalam minuman bersoda atau minuman kemasan patut anda hindari.

Anda juga bisa mengganti gula pasir anda dengan gula rendah kalori. Biasakan minum jus buah-buahan tanpa pemanis buatan. Kurangilah kadar gula dalam diet harian anda untuk menyembuhkan atau mengatasi asam urat secara alami.

3. Perbanyak minum air putih

Siapa saja yang terkena asam urat harus banyak-banyak minum air putih, minimal 8 sampai 10 gelas sehari sangat dianjurkan agar proses penumpukan purin dalam tubuh bisa terhambat sehingga asam urat dapat diatasi.

Minum air putih banyak-banyak dapat membantu melancarkan aktivitas ginjal dan kandung kemih sehingga banyak zat purin yang keluar dari tubuh. Ginjal anda pun akan sehat karena kandungan yang berbahaya di dalamnya bisa dikeluarkan melalui urine.

4. Kurangi kandungan purin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan purin terdapat dalam beberapa jenis makanan seperti kembang kol, bayam, ikan sarden, daging merah, kepiting, kuning telur, tempe, dan tahu. Sebagai gantinya, anda bisa mengkonsumsi protein murni seperti ikan salmon, ikan tuna, dan putih telur.

5. Hindari alkohol

Terserang atau tidak terserang asam urat, sangat baik bagi anda untuk menghindari minuman beralkohol karena dapat merusak organ dalam termasuk menimbulkan asam urat.

Hal ini dikarenakan oleh tingginya kadar purin dan lemak yang terkandung dalam minuman beralkohol. Oleh sebab itu, cobalah mulai dari sekarang untuk menghindari minumal beralkohol agar diet alami ini dapat berjalan dengan lancar .

Demikian beberapa tips cara mengatasi dan menyembuhkan asam urat secara alami. Untuk asam urat yang sudah parah sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Namun gangguan ini masih di tahap awal maka ada baiknya anda mengikuti tips sehat di atas terlebih dahulu, yaitu dengan perbaikan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. Yang paling penting untuk anda ketahui adalah jangan sampai membuat kadar purin berlebihan di dalam tubuh.

Gejala asam urat itu sendiri adalah nyeri sendi pada malam dan pagi hari setelah bangun tidur, kesemutan dan linu, juga sendi terlihat bengkak, kemerahan, dan panas.

Jika anda mengalami gejala ini, cepatlah mengatasinya sebelum bertambah parah. Ikuti tips cara menyembuhkan dan mengatasi asam urat di atas dengan disiplin untuk mengurangi kadar purin dalam tubuh anda.

Komentar dan Tanggapan

  1. syaf bancin April 8, 2016

Tulis Komentar