Tips Menghilangkan Bekas Luka Yang Ada Di Kulit

Cara menghilangkan bekas luka di kulit

Cara menghilangkan bekas luka di kulit

Luka pada tubuh bisa muncul karena berbagai macam penyebab, baik itu luka ringan maupun luka berat. Tapi baik ringan atau berat kadang-kadang membuat kita jengkel jika setelah luka sembuh meninggalkan bekas luka di kulit yang mengganggu penampilan.


 

Seperti halnya bekas jerawat yang sulit hilang di wajah, bekas luka juga selalu meninggalkan aneka macam bentuk tak sedap di mata. Bagi beberapa orang bekas-bekas guratan luka tersebut sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri.

Dan karena itu melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips bagaimana cara menghilangkan bekas luka di kulit atau menyamarkannya sehingga tidak begitu nampak jika dilihat sekilas.

4 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka di Kulit

Bagi anda yang merasa tidak nyaman dengan bekas luka, baik itu di wajah atau di bagian tubuh lainnya bisa menggunakan empat bahan alami di bawah ini untuk membuat kulit jadi mulus kembali atau menyamarkan bekas guratan luka pada kulit.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas-bekas luka yang muncul di kulit:

1. Gunakan madu

Cara pertama menghilangkan bekas luka di kulit adalah menggunakan madu alami. Madu bermanfaat merangsang pertumbuhan sel, menghilangkan rasa nyeri, mendinginkan suhu tubuh, mengatasi kulit kering dan yang perlu anda ketahui madu ternyata juga dapat menghilangkan bekas luka yang ada di kulit.

Madu yang baik adalah madu asli, bukan sintetis atau sudah dicampur dengan pemanis buatan. Paling baik lagi jika madu yang didapatkan langsung dari peternakannya atau madu liar.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka adalah cukup balurkan sedikit madu ke bekas luka di manapun tempatnya, diamkan selama setengah sampai satu jam kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk atau kain yang bersih.

2. Teh hijau

Selain memiliki rasa yang nikmat teh hijau juga memiliki beberapa manfaat diantaranya dapat menumbuhkan rambut dan menghilangkan bekas luka yang ada di tubuh kita.


 

Caranya pun cukup mudah, bersihkan luka terlebuh dahulu kemudian obati agar darah tidak terus mengalir. Setelah luka bersih siapkan handuk kecil halus atau kapas lalu kita celupkan ke teh hijau yang sudah kita campurkan dengan air kemudian kompres bekas luka tersebut.

3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang banyak dicari oleh orang selain karena tanamannya yang cantik, lidah buaya juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh misalnya untuk mempertebal rambut kita, untuk menghitamkan rambut, dan juga masih banyak lainnya yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan khususnya pada kulit dan rambut.

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk membersihkan bekas luka yang ada di kulit, caranya sangat mudah:

  • Ambil beberapa lidah buaya
  • Kupas kulitnya dan ambil isinya
  • Balur isi lidah buaya ke bekas luka di kulit

Cara ini akan mempercepat proses penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka yang biasanya berwarna hitam.

4. Mentimun

Selain rasanya enak dan sering dikonsumsi bersama rujak, mentimun juga dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas luka yang menghitam di kulit.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Kupas mentimun
  • Haluskan mentimun menggunakan alat seperti blender
  • Oles luka menggunakan mentimun yang sudah diblender tersebut

Lakukan secara disiplin dan berkali-kali agar luka pada kulit bisa hilang dengan cepat. Selain dapat menghilangkan bekas luka, mentimun juga bermanfaat untuk merawat wajah agar terlihat putih bersinar.

Bekas luka biasanya di sebabkan karena kecelakaan, cacar, jerawat dan lain-lainnya. Merawat kulit dengan benar membuat penampilan terlihat lebih keren dan memikat.

Demikian beberapa tips bagaimana cara menghilangkan bekas luka di kulit menggunakan cara alami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin menghilangkan bekas luka di kulit.

Tulis Komentar