Kondisi Rambut Cermin Kesehatan Tubuh

Kondisi rambut adalah cermin kesehatan

Kondisi rambut adalah cermin kesehatan

Kesehatan rambut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh yang sangat penting. Bila Anda pernah mendengar bahwa kuku juga menjadi indikator kesehatan, maka kondisi rambut juga bisa dinilai sama pentingnya seperti kuku.


 

Tanpa kita sadari sebenarnya rambut menunjukkan berbagai perubahan sesuai dengan arah kesehatan. Berbagai jenis masalah rambut sering dilihat sebagai pengaruh yang sangat besar untuk kecantikan. Karena itu banyak orang merawat rambut agar terlihat menarik.

arena itu menilai penampilan dan kondisi rambut sangat penting dilakukan oleh semua orang. Berikut ini adalah beberapa indikasi penting untuk menilai rambut.

1. Rambut Rontok

Rambut rontok sering dilihat sebagai masalah yang biasa. Banyak orang menilai bahwa rambut rontok adalah kondisi yang sangat umum dan bisa diatasi dengan memakai produk untuk kesehatan rambut.

Namun jika rambut rontok dalam jumlah yang sangat banyak, misalnya lebih dari 100 helai per hari maka segera lakukan evaluasi kesehatan sebab ada kemungkinan ada kondisi medis tertentu yang sedang terjadi di dalam tubuh tanpa disadari.

Konsumsi berbagai jenis obat tertentu menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Jenis obat yang bisa memicu adalah seperti obat kontrasepsi, obat jerawat dan obat penurun panas.

Pemakaian berbagai jenis obat ini dapat menyebabkan kematian folikel rambut sehingga rambut lebih mudah rontok. Penyebab lain dari masalah rambut rontok adalah faktor emosional seperti tekanan dan stress, sedih, cemas dan konsumsi obat untuk lambung yang berlebihan.

2. Rambut Tipis dan Kusam

Rambut tipis dan kusam bukan hanya disebabkan oleh perawatan yang kurang tepat atau terlalu sering melakukan berbagai aplikasi obat pada rambut. Masalah kesehatan yang terkait dengan rambut kusam dan tipis adalah produksi kadar hormon yang tidak seimbang.

Hormon estrogen pada wanita yang berusia antara 20 hingga 30 tahun biasanya memang sangat tinggi. Hormon ini bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau dan tebal. Sementara wanita yang berusia lebih dari itu sering memiliki rambut yang tipis dan kusam.


 

Jika kondisi ini terus berlanjut maka cari tahu apa yang terjadi dengan kondisi hormon dalam tubuh Anda yang bisa dilihat dari kesehatan rambut.

3. Kepala Botak

Banyak orang yang mengalami rambut rontok parah namun hanya pada bagian tertentu saja, seperti pada bagian depan atau dekat dahi. Hal ini akan menyebabkan kepala menjadi terlihat botak. Penipisan pada rambut menunjukkan gejala yang harus mendapatkan perhatian serius.

Penyebab utama dari penipisan rambut adalah tekanan pikiran yang berat dan stres. Stress menyebabkan kadar hormon tertentu dalam tubuh juga meningkat dan memberikan efek yang sangat berat untuk folikel rambut.

Ketika folikel rambut bermasalah maka rambut menjadi lebih mudah rontok bahkan kadang rambut berjatuhan sendiri meski tidak disisir. Jika kondisi ini terjadi, maka Anda bisa melakukan beberapa cara untuk membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat seperti melepas stress.

4. Rambut Pecah dan Tipis

Rambut pecah dan tipis akan membuat penampilan Anda menjadi tidak menarik. Namun tanpa disadari ternyata rambut pecah memang bisa menjadi masalah yang sangat serius untuk kesehatan.

Rambut pecah dan tipis menunjukkan tubuh kekurangan protein dan berbagai jenis mineral seperti magnesium, seng dan kalium. Bahkan jika Anda kekurangan vitamin B maka bisa ditunjukkan dengan gejala rambut yang peah-pecah.

Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti protein, mineral dan vitamin.

5. Perubahan Warna Rambut

Perubahan warna rambut yang tidak normal menandakan masalah yang sangat penting untuk kesehatan. Kondisi ini perlu diperhatikan terutama jika tidak ada garis keturunan dengan masalah rambut yang sama.

Kerusakan yang paling sering terjadi ini disebabkan karena DNA tidak mampu mengatur warna alami rambut yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Bahkan kerusakan ini juga bisa terjadi jika Anda kekurangan berbagai zat penting untuk tubuh.

Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi makanan sehat dan mencoba melakukan pemeriksaan kesehatan.

Tips Menilai Rambut Sehat

Rambut yang sehat memang menunjukkan beberapa tingkat kesehatan yang sangat penting untuk tubuh. Tidak semua jenis masalah rambut terjadi karena kondisi kesehatan, karena itu sangat penting untuk menilai kesehatan dengan cara yang benar.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menilai kesehatan tubuh dari kondisi rambut.

  1. Jika Anda merasa berbagai gejala yang tidak normal seperti tubuh lemah, demam, nafsu makan menurun dan berbagai masalah lain maka kondisi rambut bisa dijadikan penilaian.
  2. Jika Anda merasakan ada beberapa perubahan yang penting pada rambut dan terjadi secara drastis maka Anda bisa melakukan pemeriksaan di pusat medis.
  3. Nilai rambut Anda dengan berbagai faktor seperti apakah Anda memakai produk perawatan rambut yang menyebabkan kerusakan, bagaimana pola makan Anda, dan bagaimana kondisi perubahan tubuh yang Anda rasakan.

Jadi meskipun kondisi rambut menunjukkan adanya perubahan, anda tidak boleh memvonis diri anda sendiri tanpa ada pemeriksaan yang sesuai standar medis oleh dokter. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah mengunjungi dokter untuk melakukan cek up kesehatan.

Demikian beberapa kondisi rambut yang mencerminkan kesehatan tubuh secara umum. Periksa rambut anda dan cek kesehatan anda.

Komentar dan Tanggapan

  1. dwinandha legawa July 11, 2015
  2. Andhika bahari July 11, 2015

Tulis Komentar