Cara Meningkatkan Nafsu Makan Secara Alami

Menambah nafsu makan agar badan tambah gemuk

Menambah nafsu makan agar badan tambah gemuk

Tidak memiliki nafsu makan adalah masalah yang kadang membuat frustasi orang-orang kurus atau orang yang ingin menggemukkan badan dengan cepat.


 

Tapi bagaimana bisa bertambah gemuk jika nafsu makan rendah, padahal kita tahu makanan adalah sumber utama nutrisi yang seharusnya dapat meningkatkan berat badan kita.

Jika anda melihat orang dengan badan kurus, umumnya mereka adalah orang-orang yang tahan lapar dan tidak tertarik dengan makanan enak sekalipun.

Berikut ini beberapa alasan mengapa mereka tidak lapar:

  • Nafsu makan kurang karena efek samping dari obat yang dikonsumsi,
  • Tidak lapar karena efek dari perasaan mental seperti cemas dan depresi,
  • Tidak nafsu makan karena makanannya memang tidak menggugah selera,
  • Anda sibuk dan tidak menghiraukan rasa lapar, atau
  • Anda malas memasak, malas belanja dan akhirnya membiarkan rasa lapar hilang begitu saja

Tidak peduli apapun alasannya, jika Anda memiliki badan yang kurus, maka untuk menggemukkan badan, anda harus mulai dengan menambah nafsu makan Anda. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips bagaimana menambah nafsu makan secara alami.

Tips Gemuk Dengan Cepat, Tingkatkan Nafsu Makan

Berikut adalah empat cara untuk membantu meningkatkan nafsu makan:

1. Pilihlah makanan kaya nutrisi

“Tinggalkan makanan yang berbahaya bagi kesehatan seperti semua jenis makanan yang dipanggang, digoreng seperti keripik, dan minuman soda,” kata Zelman.

Seiring dengan usia anda yang semakin bertambah maka anda membutuhkan makin sedikit kalori tapi butuh gizi yang lebih banyak. Jadi anda hanya perlu makanan bergizi tinggi dengan kalori rendah.

“Ini berarti anda harus makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak dan membatasi makanan tinggi lemak dan gula, ” lanjut Zelman.

2. Jangan lupakan sarapan pagi


 

Anda pasti sudah tahu bagaimana pentingnya sarapan di pagi hari. Sarapan dibutuhkan untuk memulai metabolisme tubuh anda setelah melalui malam yang panjang tanpa makanan apapun.

  • Sarapan akan memberi energi lebih banyak agar bisa aktif sepanjang hari. Beberapa jenis makanan yang bisa anda pilih untuk sarapan adalah sarapan buah sebanyak 3-4 jenis dan dilakukan secara repetitif.
  • Jika anda ingin meningkatkan jumlah kalori saat sarapan, anda bisa menambahkan dengan selai kacang, roti gandum atau roti panggang

3. Makan Sedikit Tapi Sering

Orang kurus biasanya memiliki masalah dengan nafsu makan apalagi jika melihat porsi yang besar. Maka jangan heran jika melihat orang kurus makan hanya sedikit dan terlihat seadanya.

Untuk menyiasati kondisi ini, makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering. Dengan cara ini maka porsi yang didapat akan sama dengan makan dengan porsi besar sekaligus.

Makan dalam jumlah sedikit juga dapat mencegah masalah perut membuncit setelah makan. Cobalah makan dalam porsi kecil sebanyak 4-6 kali setiap hari.

4. Siapkan Cemilan Sehat

Makanlah cemilan sehat jika anda bermasalah dengan porsi besar saat makan. Pilihlah cemilan sehat yang mengandung gula alami dan lemak sehat seperti pisang, alpukat, kacang-kacangan, dan popcorn.

Meski demikian anda perlu mengetahui bahwa cemilan tersebut bukanlah makanan pengganti. Hindari waktu ngemil terlalu dekat dengan jam makan anda agar selera makan tetap terjaga.

Jika anda ingin gemuk maka anda harus mengonsumsi banyak kalori dan protein untuk menjaga jumlah energi dan massa otot.

Jika saat ini anda terlalu kurus maka tujuan awal yang harus menjadi fokus anda adalah meningkatkan berat badan sebanyak 1/2 sampai 1 kg per minggu. Jumlah sebanyak itu biasanya bisa diperoleh dengan makan setidaknya 250-500 kalori lebih banyak dari yang biasa anda lakukan

Demikian informasi singkat bagaimana meningkatkan nafsu makan secara alami agar tubuh jadi lebih gemuk, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Liez June 9, 2016

Tulis Komentar