Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Rutinitas di Pagi Hari

Menjaga kesehatan tubuh sejatinya dimulai di pagi hari ketika tubuh masih bugar dengan menjalani beberapa rutinitas yang sehat. Olahraga dan konsumsi makanan sehat di pagi hari akan membantu kita tetap bugar sepanjang hari.

Jika kesehatan terjaga dengan baik, maka tubuh juga akan terasa lebih fit dan lebih maksimal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa rutinitas pagi hari yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan mood kita sepanjang hari.



Tidak banyak orang yang menyadari bahwa menjalankan rutinitas sehat setiap pagi akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, sebagian besar orang malah menghabiskan waktu emas itu dengan bermalas-malasan seperti menonton tv dan update status di media sosial.

Pagi hari adalah awal yang baik untuk membangun mood dan juga kebugaran tubuh dalam menjalani aktivitas seharian. Awalilah pagi dengan memberinya siraman rohani dan dilanjutkan dengan sedikit olahraga dan konsumsi makanan sehat.

Rutinitas Sehat di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Ada sangat banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan di pagi hari untuk menjaga kesehatan, berikut ini beberapa rutinitas yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda di pagi hari:

1. Minum air putih

Aktifitas ini adalah pilihan yang sangat tepat dan wajib dilakukan saat bangun tidur di pagi hari. Saat tidur tubuh kita kehilangan banyak cairan sehingga dapat menyebabkan dehidrasi, air putih yang kita minum akan membantu tubuh untuk mendapatkan cairan tubuh yang hilang.


 

Selain itu air putih juga bermanfaat untuk metabolisme dan juga detoksifikasi secara alami, dengan demikian racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh dapat dihilangkan. Air putih juga akan membantu tubuh merangsang pertumbuhan sel darah merah lebih cepat.

Minum air putih di pagi hari juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebaiknya minumlah air putih hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis sebanyak satu gelas setiap bangun pagi yang berfungsi untuk membersihkan lendir dan menciptakan kondisi basa dalam tubuh.

2. Sarapan

Jangan lupakan sarapan karena tubuh butuh asupan nutrisi yang cukup untuk beraktifitas sampai siang hari. Sarapan adalah rutinitas pagi hari yang harus anda prioritaskan supaya Anda mendapatkan asupan gizi yang banyak agar bisa menjalankan aktivitas dengan lebih maksimal.

Sarapan terbaik adalah sarapan buah di pagi hari. Kombinasikan beberapa buah segar sebagai sarapan anda dan makanlah secara repetitif, artinya jika merasa lapar makan lagi satu atau dua buah-buahan.

Buah-buahan mengandung nutrisi yang banyak yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh, dan tentu saja tidak memberatkan fungsi pencernaan yang harus beristirahat setelah semalaman bekerja.

Menjaga kesehatan tubuh di pagi hari

Minum jus buah di pagi hari dapat menjaga kesehatan tubuh

3. Buang air besar

Tubuh memiliki jam biologis yang mengatur berbagai aktifitas organ tubuh termasuk sistem pencernaan. Buang air besar jam delapan pagi adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme.

Buang air besar normalnya dilakukan setiap hari atau dua hari sekali, melakukan aktifitas ini secara rutin di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama sistem pencernaan.

4. Olahraga ringan

Beberapa jenis olahraga sederhana akan membangkitkan mood tubuh dan menjadikan kita lebih bersemangat untuk beraktifitas. Olahraga secara rutin di pagi hari juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan akan terjaga dengan baik.

Jenis olahraga ringan yang cocok di pagi hari adalah joging, aerobik, atau yoga. Lama waktunya sekitar 10 sampai 15 menit. Jika punya waktu lebih, anda bisa melakukan olahraga pagi dengan waktu yang lebih panjang.

5. Bersantai dengan keluarga

Setelah olahraga dan mandi, anda kini siap-siap ke kantor atau menjalankan aktifitas rutin. Luangkanlah waktu sekitar 15 menit untuk duduk santai bersama anggota keluarga yang lain. Rutinitas ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan ikatan antara sesama anggota keluarga dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rohani.


 

Hal ini juga dikemukakan oleh seorang ahli saraf yang menyebutkan bahwa hormone cinta berada pada level tertinggi di pagi hari dan dapat membawa efek yang sangat positif terhadap kesehatan.

Makanan Sehat Untuk Sarapan

Poin ini sangat penting sehingga perlu di bahas tersendiri. Anda perlu memperhatikan dengan baik asupan makanan terutama sarapan anda. Makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Buah pisang

Buah ini sangat dianjurkan sebagai menu sarapan karena teksturnya lembut dan juga rasanya manis. Selain itu pisang mengandung karbohidrat yang mana akan membantu perut menjadi kenyang lebih lama. Kandungan potassium dalam pisang juga akan membantu untuk menurunkan tekanan darah.

2. Telur

Telur adalah sumber protein hewani yang sangat tinggi. Telur sebagai sarapan bisa anda goreng atau rebus dan bisa anda makan bersama sayuran sebagai pelengkap.

3. Secangkir teh

Teh mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang sangat berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih setiap hari karena air putih juga sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Demikian beberapa tips bagaimana menjalankan rutinitas di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan bugar beraktifitas seharian di kantor, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Sinta December 25, 2016

Tulis Komentar