7 Tips Menjaga Kesehatan bagi Kaum Wanita

Sudah tidak diragukan lagi bahwa menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, baik dia pria maupun wanita. karena apabila tubuh tidak terjaga dengan baik maka tubuh jadi lemah dan mudah sakit.

Kondisi tubuh manusia berbeda-beda, ada yang mudah sakit dan ada pula lebih tahan terhadap kondisi di sekitarnya. Begitu pula dengan jenis kelamin, pria dan wanita memiliki struktur tubuh dan hormon yang berbeda yang memicu tingkat kekebalan tubuh terhadap penyakit.



Bagi anda kaum wanita cobalah untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, terutama apabila usia sudah di atas 40 tahun. Hal ini karena di usia tersebut hormon estrogen sudah tidak diproduksi dengan lancar dan gangguan-gangguan kesehatan lebih mudah datang.

Melakukan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik sejak usia masih muda tentu sangat baik dan membantu tubuh lebih kuat saat usia tua nanti.

Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips menjaga kesehatan khusus untuk wanita, meski demikian kaum pria pun boleh mempraktekkannya.

1. Makanan

Agar bisa kuat menahan gempuran bakteri dan virus dari luar tubuh perlu diberi asupan nutrisi yang cukup. Kekurangan atau kelebihan nutrisi sama buruknya, karena itu semua wanita perlu mengetahui dengan pasti seberapa banyak makanan yang perlu dikonsumsi dan jenis makanan apa yang terbaik bagi tubuhnya.


 

Makanan berupa sayuran dan buah-buahan terutama dari bahan organik jauh lebih bermanfaat ketimbang makanan dari protein hewani seperti daging, ayam dan ikan. Perbanyak sayuran dan kurangi makan daging akan membuat tubuh lebih sehat dan segar.

2. Olahraga

Olahraga berguna untuk melatih fungsi kardiovaskular dan otot tubuh. melakukan olahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Jenis olahraga yang baik sesungguhnya tidak harus mahal, anda bisa jogging atau bersepeda setidaknya 3-4 kali seminggu.

3. Jangan stres

Stres menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar, ujung-ujungnya bisa stroke atau sakit jantung. Lakukan manajemen stres jika anda termasuk orang yang hidup atau bekerja dalam lingkungan penuh tekanan.

Anda bisa memilih yoga, meditasi atau mungkin melakukan senam pernafasan untuk menghindari stres. Melakukan aktifitas tersebut adalah salah tips menjaga kesehatan yang cocok dilakukan kaum wanita.

Tips menjaga kesehatan bagi kaum wanita

Tips menjaga kesehatan bagi kaum wanita

4. Hindari asap rokok


 

Asap rokok berbahaya bagi kesehatan. Secara rutin mengisap rokok dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada jantung dan paru-paru. Di usia tua nanti para perokok biasanya mengalami masalah pada paru-parunya. Karena itu hindari rokok sejak anda berusia muda.

5. Tidur lebih awal dimalam hari

Sering begadang membuat tubuh bekerja ekstra setiap malam dan membuat organ vital di dalam tubuh tidak beristirahat. Biasanya orang yang sering begadang kekurangan oksigen dan pada umumnya menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Tidur cepat di malam hari dan bangun cepat di pagi hari sangat baik bagi kesehatan. Paru-paru mendapat asupan oksigen yang masih segar, apalagi jika melakukan olahraga.

6. Rutin periksa ke dokter

Salah satu cara menjaga kesehatan bagi kaum wanita adalah secara rutin memeriksakan diri ke dokter. Karena medis adalah salah satu alternatif penting untuk benar-benar mengetahui kondisi anda saat ini, karena berbagai macam gejala penyakit bisa saja menghampiri tanpa disadari. Maka dari itu rutinlah periksa kedokter .

7. Hindari sinar matahari

Resiko kanker kulit akan meningkat apabila tidak ada perlindungan terhadap kulit, hal ini terutama pada mereka yang memiliki aktifitas kerja di luar ruangan. Jadi jika memang harus berakfitias di luar maka gunakan pelindung sinar matahari.

Demikian tujuh tips menjaga kesehatan khusus untuk wanita, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Indah Dunia July 27, 2016
  2. Saran Cantik February 1, 2017

Tulis Komentar