4 Tips Paling Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit gaya hidup yang berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan kardiovaskular dan stroke. Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Salah satu gejala tekanan darah tinggi adalah terjadinya tekanan darah yang terus meningkat secara kronis dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini biasanya disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit akibat adanya tumpukan-tumpukan lemak di sepanjang pembuluh.



Menurut kesepakatan ahli medis tekanan darah normal harusnya berada di kisaran 120/80 mmHg, jika lebih dari itu, contohnya 140/90 mmHg maka dapat dipastikan pasien menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Bagaimana cara mengetahui tinggi rendah tekanan darah? Cara yang paling mudah adalah dengan memeriksa darah ataupun mengkontrol darah ke dokter menggunakan alat tensimeter yang akurat. Selain itu ada juga bisa membeli alat tensimeter manual atau digital untuk memeriksa tekanan darah sendiri di rumah.

Hipertensi pada dasarnya bukan penyakit tersendiri seperti jenis penyakit lainnya, melainkan sebuah kondisi atau gejala penyakit di dalam tubuh yang dapat memicu timbulnya penyakit lain seperti jantung, gagal ginjal atau stroke.

Dengan mengetahui dampak dari tekanan darah yang terlalu tinggi secara permanen maka kita perlu mengetahui bagaimana cara menurunkan tekanan darah agar terhindar dari dampaknya.

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi


 

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Menjadi Normal

Meski kadang hipertensi muncul tanpa gejala, beberapa penderita biasanya mengalami keluhan sakit kepala dan pusing terutama saat bangun tidur namun akan hilang beberapa jam kemudian.

Jantung juga kadang berdetak lebih kencang dari biasanya, apalagi ketika kalian akan tidur maka nafas menjadi tidak beraturan. Penderita tekanan darah tinggi juga sering menunjukkan sikap emosional yang tidak stabil seperti mudah lelah, marah, dan juga sering sakit pinggang.

Berikut ini beberapa tips cara menurunkan tekanan darah tinggi berlebih secara alami:

1. Memperhatikan faktor usia, gen dan juga keturunan

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa 9 dari 10 kasus hipertensi disebabkan karena faktor keturunan. Orang tua yang memiliki sejarah tekanan darah tinggi biasanya juga akan melahirkan anak dengan keluhan yang sama.

Begitu juga dengan usia, bertambahnya usia juga memiliki resiko yang tinggi mengidap tekanan darah tinggi, hal ini disebabkan karena sifat elastis pembuluh darah akan mengalami penyempitan seirin dengan usia yang semakin bertambah.

Faktor keturunan dan usia adalah hal yang sulit dihindari tapi bisa diminimalisir. Caranya dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat sejak usia muda.

2. Kurangi makan garam

Salah satu tips menurunkan tekanan darah tinggi adalah menjaga pola makan sehat, salah satunya dengan menghindari atau mengurangi konsumsi garam. Konsumsi garam berlebih dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan pembulun darah pada area ginjal menyempit.

Selain garam, hindari juga makanan yang bersodium rendah dan semua makanan yang memiliki rasa asin.


 

3. Mengkonsumsi makanan yang berserat dan juga makanan yang mengandung omega 3

Tips menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan berserat dan juga terdapat omega 3 didalamnya.

Sayur-sayuran hijau, kacang panjang dan juga brokoli dapat menjadi daftar menu makanan sehat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Tips menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan sehat sangat perlu, karena menu makan sehat memiliki banyak manfaatnya.

4. Menggunakan Seledri

Kita tahu bahwa seledri sudah menjadi obat tradisional di negara China sejak dari dulu karena kemampuannya menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri dapat diolah menjadi jus dan diminum setiap hari agar tekanan darah menjadi normal.

Kandungan kalium, mineral dan juga antioksidan pada seledri dapat membantu meregangkan otot-otot pada dinding arteri sehingga darah pun dapat mengalir dengan lancar.

Bagi anda yang belum tau cara pembuatannya, berikut ini cara membuat seledri untuk diolah menjadi obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

  • Ambil seledri secukupnya
  • Tambahkan segelas air yang sudah masak dan masukkan ke dalam blender
  • Blender sampai halus dan lembut lalu angkat
  • Hasil blender disaring lagi sebelum diminum

Waktu terbaik minum jus seledri adalah di pagi setelah sarapan. Setelah melakukannya selama 1-2 minggu, sebaiknya cek tekanan darah lagi ke dokter untuk mengetahui hasilnya.

Demikian beberapa tips bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Semoga tips kesehatan ini bermanfaat untuk anda yang menderita tekanan darah tinggi.

Tulis Komentar