Cara Merawat Wajah Menggunakan Mentimun

Mentimun adalah salah satu jenis buah yang sering dijadikan lalapan atau sayur saat sedang makan. Mentimun memiliki kadar air yang sangat tinggi sehingga sangat menyejukkan. Saat ini banyak orang yang menjadikan buah mentimun untuk merawat wajah sebagai pelembab alami.

Perawatan wajah dengan bahan-bahan alami makin marak akhir-akhir ini, selain harganya murah, juga khasiatnya yang tidak kalah hebat dengan berbagai jenis krim dan suplemen kecantikan yang banyak dijual di apotik dan toko kesehatan.

Manfaat mentimun untuk wajah sudah diketahui sejak dulu kala, bahkan sebelum produk-produk kecantikan bertaburan seperti saat ini. Komposisinya yang mengandung banyak air membuat buah ini sangat nyaman dijadikan masker wajah dan mata untuk menyehatkan kulit dan menjaga kelembaban wajah.

Salah satu contoh bahan alami lain yang juga kerap digunakan untuk merawat wajah adalah madu. Beberapa orang bahkan mencampur madu dan mentimun sekaligus untuk dijadikan perawatan muka yang handal.

Cara Merawat Wajah Dengan Menggunakan Mentimun

Cara Merawat Wajah Dengan Menggunakan Mentimun

Cara Merawat Wajah Dengan Menggunakan Mentimun

Buah mentimun diketahui memiliki sifat diuretik, kaya akan vitamin A, B dan C. Saat ini ada banyak produk kecantikan yang menggunakan mentimun sebagai bahan dasarnya. Ini dikarenakan buah yang sering disebut sayur ini juga mengandung mineral seperti mangan, silika, kalium dan magnesium yang sangat dibutuhkan kulit wajah.

Selain harganya murah, buah jenis labu-labuan ini juga mudah didapatkan. Dengan harga berkisar Rp 500 sampai Rp. 2000 anda sudah bisa membelinya di toko-toko tradisional.

Dan yang pasti menjadikan mentimun sebagai bahan untuk merawat wajah tentunya tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Kulit wajah anda tidak akan rusak jika anda rajin menggunakan mentimun di wajah.

Lalu bagaimana cara menggunakan buah mentimun untuk merawat wajah? perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama dalam melakukan tips merawat wajah yaitu dengan memilih dua buah mentimun yang cukup besar dan juga segar. Segar disini maksudnya adalah tidak layu atau yang sudah lama berada dibawah terik matahari karena jika anda menggunakan mentimun yang sudah layu kandungan airnya akan berkurang dan dikhawatirkan tidak bisa bekerja dengan maksimal.
  • Jika anda tidak suka kulitnya yang agak kasar, anda bisa mengupasnya terlebih dahulu namun jika tidak masalah dengan kulitnya maka anda bisa langsung mencucinya dengan air.
  • Setelah itu parutlah dua buah mentimun tadi dengan perlahan dan jika sudah selesai anda bisa mengambil tempat kecil untuk mewadahinya.
  • Sebelum mengoleskan kewajah anda harus mencuci muka terlebih dahulu.
  • Kemudian jika sudah dikeringkan maka anda bisa mengoleskan mentimun tadi keseluruh muka dan tunggu sampai setengah jam lamanya.
  • Jika sudah selesai maka cuci muka anda dengan menggunakan air bersih.

Mudah bukan membuat masker wajah dari mentimun untuk merawat kulit. Untuk hasil yang maksimal Anda sebaiknya melakukan perawatan ini dua ata tiga kali dalam seminggu, semakin sering semakin baik.

Advertisement

Menjadikan mentimun sebagai perawatan wajah tentu akan menghemat biaya anda dan tentu saja anda bebas dari risiko alergi kulit. Mungkin kelemahan dari metode ini adalah hasilnya yang tidak instan seperti saat anda menggunakan bahan-bahan kecantikan lainnya.

Selain mentimun, anda pun bisa menggunakan putih telur untuk merawat muka anda agar terlihat bersih bersinar dan bebas dari jerawat. Padanan putih telur dan mentimun sangat berkhasiat dalam merasat kulit muka.

Demikian beberapa tips bagaimana merawat wajah menggunakan mentimun. Anda bebas menggunakan ramuan ini kapan saja anda mau, bisa pagi, sore atau malam sebelum tidur, yang penting adalah lakukan secara teratur.


Tulis Komentar