7 Jenis Obat Alami Diabetes Melitus Terbaik

Penyakit diabetes melitus adalah salah satu penyakit gaya hidup yang cukup berbahaya. Penyakit ini bila tak segera diobati akan menimbulkan risiko munculnya komplikasi penyakit berbahaya lainnya. Untuk mencegah komplikasi tersebut, penderita perlu menggunakan obat alami diabetes selain menggunakan obat resep dari dokter.

Pengobatan diabetes tergantung dari jenis dan tipe diabetes melitus yang diderita. Teknik untuk mengobati diabetes melitus juga bervariasi, bisa dengan menggunakan obat resep yang diberikan dokter, atau bisa juga dengan memanfaatkan obat alami diabetes melitus yang ada di sekitar kita dan meraciknya sendiri di rumah.



Sayangnya obat dokter diabetes melitus yang ada sekarang belum bisa menyembuhkan penyakit ini sampai tuntas. Penderita yang divonis kencing manis wajib mengonsumsi obat kimia dan menerima suntikan insulin seumur hidup mereka.

Itulah sebabnya banyak penderita yang beralih menggunakan obat-obatan alami seperti herbal dan tanaman obat. Apalagi dengan banyaknya testimoni mantan penderita diabetes yang mengaku sangat terbantu dengan obat-obatan alami tersebut.

Jenis-Jenis Tanaman Obat Alami Diabetes Melitus

Ada beberapa obat alternatif yang bisa dimanfaatkan penderita sebagai obat alami yang ampuh untuk mengobati diabetes melitus. Harganya pun bervariasi, dari yang berbentuk obat herbal yang harganya mahal sampai berupa tanaman obat yang diracik sendiri sebagai obat alternatif.

Berikut ini beberapa jenis tanaman obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit diabetes melitus secara alami:

1. Daun Sirsak


 

Daun sirsak adalah salah satu jenis obat alami diabetes yang bermanfaat untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Di samping itu, daun sirsak juga sangat baik untuk mengurangi stres. Seperti diketahui, stres merupakan salah satu faktor penyebab penyakit diabetes melitus yang utama.

Ada dua cara meracik daun sirsak untuk mengobati diabetes secara alami, anda bisa memilih mana yang lebih mudah untuk anda, yaitu:

  1. Siapkan 10 lembar daun sirsak muda dan masih segar. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum ramuan daun sirsak dalam keadaan hangat secara rutin; segelas pagi dan segelas sore.
  2. Jemur 10 lembar daun sirsak di bawah terik matahari, hingga betul-betul kering. Kemudian giling atau blender sampai daun sirsak halus seperti tepung. Selanjutnya, seduh dengan air panas agar rasanya lebih enak dan tambahkan sedikit madu murni. Minum secara teratur 2 kali sehari; 1 gelas pagi dan 1 gelas sore.

2. Kunyit

Kunyit cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Bahan ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati diabetes secara alami.

Cara meraciknya pun sangat gampang, berikut ini caranya:

  • Satu rimpang kunyit direbus bersama 1 liter air, campurkan dengan sesendok garam. Biarkan airnya mendidih hingga tinggal setengah bagian. Saring air rebusan tersebut, lalu dinginkan. Minum secara teratur dua kali dalam satu minggu, cukup setengah gelas saja.

Karena manfaatnya itu, kunyit sangat dikenal di masyarakat sebagai obat alami diabetes tanpa efek samping. Menggunakan tanaman obat ini, kadar gula darah penderita akan stabil, sehingga dapat mencegah komplikasi penyakit lainnya.

Obat alami diabetes melitus

Obat diabetes alami

3. Buah dan Ekstrak Kulit Manggis

Zat xanthone yang terkandung dalam kulit manggis bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kronis, salah satunya diabetes melitus.

Selain memanfaatkan kulit manggis yang diekstrak, buah manggis ternyata juga bisa dikonsumsi untuk pengobatan alami diabetes. Buah manggis bisa membantu menormalkan tekanan darah, menurunkan kadar gula yang berlebih dalam tubuh serta banyak hal baik lainnya.

4. Minyak Zaitun

Kasiat minyak zaitun sangat banyak, dari mengatasi masalah kecantikan hingga menyembuhkan penyakit kronis. Dan, ternyata minyak zaitun juga ampuh mengobati diabetes.

Salah satu cara memanfaatkan minyak zaitun untuk pengobatan alami diabetes adalah mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun bisa memberikan nutrisi dan energi yang cukup untuk tubuh penderita diabetes. Di samping itu, minyak zaitun bermanfaat sebagai sumber gizi yang sehat pada masakan yang dimasak dengan minyak zaitun.

Bagi orang sehat, menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan juga sangat dianjurkan. Cara ini merupakan solusi pencegahan penyakit diabetes.

5. Mengkudu


 

Kandungan proxeroni dalam buah mengkudu bisa membentuk alkaloid. Fungsi alkaloid membuka pori-pori sel sehingga nutrisi lebih mudah terserap ke dalam tubuh.

Inilah mengapa, mengkudu sangat baik dimanfaatkan sebagai obat diabetes melitus alami. Mengkudu bisa dibuat jus untuk mengobati diabetes, caranya sebagai berikut :

  • Kupas hingga bersih, buang bijinya, kemudian cuci bersih lalu potong kecil-kecil buah mengkudu matang.
    Siapkan apel merah, cuci bersih, potong kecil-kecil
  • Blender potongan mengkudu dan apel bersamaan. Tambahkan gula rendah kalori dan madu murni untuk menghilangkan aromanya.
  • Minum 2 kali sehari-pagi dan malam hari, kira-kira setengah jam sebelum atau dua jam setelah makan. Ini dimaksudkan agar penyerapan esktrak buah mengkudu bisa sempurna

6. Buncis

Buncis, salah satu obat herbal diabetes kering yang cukup efektif. Kandungan B-sitosterol pada buncis bisa mempercepat produksi insulin di dalam tubuh, dan menjaga insulin tetap normal. Buncis juga ampuh mengurangi gula darah jika diolah dengan benar, caranya sebagai berikut :

  • Cuci bersih ½ kg buncis, rebus dengan 2 gelas air. Setelah mendidih angkat buncis, saring ke dalam gelas. Minum air rebusan buncis pagi dan malam sebelum tidur.
  • Bisa juga dengan memakan buncis secara mentah, atau buncis dibuat jus tapi tanpa gula.

7. Daun kemangi

Daun kemangi biasa digunakan sebagai lalapan, atau ditambahkan ke dalam sambal saat menyantap ikan bakar. Namun, ternyata kegunaan daun kemangi tak sampai di situ saja. Daun kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami diabetes mellitus.

Daun kemangi memiliki kandungan yang bisa membantu proses sekresi insulin pada tubuh, sehingga kadar gula darah tetap stabil. Caranya, cukup dimakan sebagai lalapan. Pastikan saja kebersihannya terjaga, karena dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Sebenarnya penyakit ini bisa dihindari dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sekaligus memperhatikan gejala awal diabetes yang mungkin saja sudah dialami tapi tidak disadari.

Demikian beberapa jenis obat alami diabetes melitus yang bisa diracik sendiri di rumah, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar