7 Obat Batuk Tradisional untuk Menyembuhkan Batuk Secara Alami

Batuk adalah salah satu gangguan di sistem pernafasan akibat adanya iritasi di tenggorokan atau sebagai gejala timbulnya penyakit. Salah satu cara ampuh meredakan batuk adalah dengan mengkonsumsi obat batuk tradisional.

Banyak orang yang salah mengartikan batuk sebagai serangan bakteri atau virus sehingga minum obat batuk anti biotik untuk menyembuhkannya. Padahal sejatinya batuk dapat reda dengan sendirinya setelah gangguan di tenggorokan hilang atau penyakit yang diderita sudah sembuh.



Indonesia adalah negara tropis yang dikaruniai Tuhan dengan aneka macam tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah obat tradisional untuk menyembuhkan batuk-batuk dan pilek.

Obat Batuk Tradisional Lebih Aman dan Murah

Ada banyak jenis obat batuk yang bisa anda beli di apotik, baik itu secara bebas maupun menggunakan resep dokter. Sebisa mungkin hindari menggunakan obat kimia atau antibiotik untuk mengobati batuk. Cukup buat ramuan tradisional di bawah ini dan konsumsilah secara teratur:

1. Sirih Merah

Sirih merah bukan hanya tumbuhan merambat yang cantik jika digunakan untuk tanaman hias. Sirih merah juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk jika diolah dengan benar.

Cara membuatnya cukup mudah.


 

  • Ambil 5 lembar daun sirih merah.
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan satu gelas air.
  • Minum ramuan ini dua kali sehari secara teratur.

2. Jahe Merah

Jahe merah bisa juga menjadi salah satu alternatif obat batuk tradisional alami. Resep tradisional ini sudah dipercaya sejak dulu kala sebagai obat alternatif jika badan pegel, terserang flu dan juga batuk.

Cara pembuatannya:

  • Ambil beberapa ruas jahe
  • Kemudian bakar di atas api hingga kecoklatan dan keluar aroma harum
  • Kemudian geprek dan rebus dengan 2 gelas air
  • Rebus hingga menyisakan 1 gelas air saja
  • Tambahkan gula merah
  • Setelah uap panas hilang, segera minum selagi hangat

Jahe merah cukup banyak digunakan di banyak daerah di Indonesia untuk menyembuhkan flu, pilek dan batuk. Rasanya cukup enak apalagi jika diminum ketika udara dingin.

Obat Batuk Tradisional untuk Menyembuhkan Batuk Secara Alami

Obat Batuk Tradisional untuk Menyembuhkan Batuk Secara Alami

3. Kencur

Kencur tidak hanya enak untuk dijadikan bumbu masakan tapi juga manjur dijadikan sebagai obat batuk tradisional. Caranya cukup mudah. Kencur bisa diramu dengan jahe untuk dibuat minuman. Perpaduan kencur dan jahe akan membuat obat batuk alami dengan rasa yang enak.

4. Jeruk Nipis

Dari puluhan tahun yang lalu, jeruk nipis dipercaya sebagai salah satu obat batuk yang alami. Cukup ambil satu buah jeruk nipis, kemudian peras airnya.

Campur perasan air jeruk nipis dengan kecap manis. Minum seperti kita minum sirup obat batuk. Lakukan hal ini secara teratur. Maka, dalam jangka waktu yang tidak lama, sakit batuk akan segera sembuh.

5. Campuran Madu dan Lada Putih

Lada adalah tumbuhan yang banyak ditemui di Indonesia. Selain enak untuk digunakan bumbu masakan, lada juga dipercaya ampuh untuk mengobati batuk.


 

Ambil satu sendok madu dan campur dengan sedikit lada bubuk. Minum rutin 2-3 kali sehari. Maka, tidak akan lama lagi keluhan batuk bisa diatasi.

6. Kunyit

Kunyit adalah salah satu tumbuhan rimpang yang mengandung antibiotik. Manfaat kunyit sangat banyak terutama bagi kesehatan dan kecantikan.

Untuk mengobati batuk secara alami menggunakan kunyit, campur satu sendok kunyit bubuk dengan satu sendok lada bubuk. Seduh dengan segelas air kemudian minum selagi hangat. Lakukan rutin sehari 2-3 kali agar batuk yang kita derita segera sirna.

7. Asam Jawa

Selain enak digunakan untuk bahan minuman, asam jawa juga enak untuk digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk secara alami.

Caranya sangat mudah. Ambil 10 buah daging asam jawa, seduh dengan air panas. Tambahkan dengan sedikit gula agar rasanya tidak terlalu asam. Minum teratur 2-3 kali sehari.

Jika batuk tidak kunjung sembuh selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan padahal sudah minum obat baik itu obat resep maupun obat batuk tradisional, maka kemungkinan anda menderita batuk kronis. Sebaiknya kunjungi dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Demikian beberapa obat tradisional untuk menyembuhkan batuk secara alami, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Arni Hanura October 28, 2016

Tulis Komentar