7 Obat Herbal Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Banyak penderita menggunakan obat herbal diabetes selain mengonsumsi obat medis dari dokter untuk menyembuhkan penyakit diabetes melitus yang diderita. Saat ini telah ada beberapa merk obat diabetes herbal yang dijual bebas dan mendapat lisensi dari BPOM.

Pada umumnya obat herbal diabetes bekerja dengan cara meningkatkan daya tahan dan metabolisme tubuh secara bertahap dan membantu organ pankreas dalam memproduksi insulin.



Di Indonesia, penggunaan obat tradisional ini sudah sangat meluas karena khasiatnya yang betul-betul ampuh. Bagi orang Indonesia, penyakit diabetes melitus memang harus mendapat perhatian khusus, sebab dari hasil penelitian, Indonesia merupakan satu dari 10 negara dengan penderita penyakit diabetes terbanyak.

Diabetes, merupakan penyakit yang disebabkan kegagalan pankreas memproduksi hormon insulin, yang berfungsi mengendalikan kadar glukosa dalam darah, agar tak melambung tinggi.  Ketidakmampuan pankreas untuk menghasilkan insulin disebabkan beberapa faktor, antara lain : faktor genetik, pola makan yang salah, faktor usia dan sebagainya.

Secara umum, diabetes memiliki 3 jenis, yaitu diabetes tipe 2, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui gejala awal diabetes dan melakukan langkah pengobatan sedini mungkin.

Biasanya, diabetes tipe 1 memiliki gejala yang berlangsung dengan sangat cepat, sedangkan diabetes tipe 2 cenderung pelan-pelan. Sehingga, kebanyakan orang tak menyadari bahwa dirinya telah menderita diabetes tipe 2.

Beberapa gejala umum penyakit diabetes, adalah:


 

  • Buang air kecil secara terus menerus, terutama pada malam hari;
  • Sering merasa haus, meski sudah meminum berbagai minuman;
  • Mudah merasa lelah;
  • Luka yang tak kunjung mengering, meski sudah cukup lama;
  • Tanpa alasan yang jelas, berat badan turun mendadak.
Obat herbal diabetes melitus

Obat herbal diabetes melitus

Daftar Obat Herbal Diabetes Melitus

Penyakit diabates melitus dikenal juga sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula di masyarakat. Seseorang yang telah mengetahui dirinya menderita diabetes, penting untuk melakukan langkah pengobatan sedini mungkin.

Dan untuk mengobati diabetes dapat menggunakan beberapa jenis tanaman yang telah terbuktik khasiatnya.

Berikut ini daftar beberapa jenis obat tradisional dan obat herbal diabates:

1. Kumis Kucing

Sesuai namanya, tanaman ini memiliki bunga dengan ciri khas menyerupai kumis kucing. Ada beberapa kandungan kumis kucing yang membuatnya ampuh untuk mengatasi diabetes, yaitu :

  • Mengandung senyawa myoinotisol, minyak atsiri, serta saponin yang akan mengaktifkan sel beta pankreas, sehingga selalu menjaga kesehatan kinerja pankreas untuk memproduksi insulin.
  • Kandungan sapofonin, kalium, atau sinensetin berfungsi sebagi sebagai anti-inflamasi untuk menyembuhkan luka dan peradangan yang tak kunjung sembuh akibat diabetes

Cara memanfaatkan kumis kucing sebagai obat herbal diabetes sangatlah mudah, yakni: rebus 15 helai daun kumis kucing ke dalam 2 gelas air, rebus hingga mendidih. Saring  dan minum setelah dingin. Minumlah secara teratur setiap hari.

2.   Pare

Di balik rasanya yang pahit, sayuran ini memiliki manfaat untuk mengobati diabetes. Pare mampu meregenerasi sel-sel aktif dalam tubuh yang berguna untuk menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

Selain itu, kandungan zat-zat dalam  pare berperan untuk merangsang sekresi insulin di pankreas. Untuk memanfaatkan pare sebagai obat diabetes, caranya sederhana saja, yaitu : blender pare menjadi jus atau dengan memerasnya, lalu minum.

Namun, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi jus atau perasan pare ini, karena dapat menyebabkan perut sakit dan mual-mual terutama oleh mereka yang memiliki masalah pencernaan atau perut sensitif.

3.   Mengkudu

Proxeroni yang banyak terkandung dalam buah mengkudu, merupakan zat yang bisa membentuk alkaloid.  Alkoloid ini berguna untuk membuka pori pori sel, sehingga nutrisinya dengan mudah menyerap ke dalam tubuh.

Itulah mengapa, mengkudu baik untuk mengobati diabetes. Caranya, blender 1 buah mengkudu dan peras airnya lalu minum. Tambahkan sedikit madu bila tak tahan dengan baunya.

Ada banyak obat herbal diabetes yang memiliki bahan dasar mengkudu. Jadi buah ini diolah dan diekstrak sampai kadar tertentu lalu diminum oleh penderita secara rutin.

4. Buncis

Kandungan senyawa pada buncis terbukti mampu meningkatkan insulin dalam darah. Cara mengolah buncis menjadi obat diabates alami sangat mudah sekali, cukup memasak sayuran berbahan buncis dan jadikan makanan harian bagi penderita diabetes.

5. Daun kemangi

Untuk mengatasi diabetes, daun kemangi merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dipergunakan untuk mengatasi penyakit diabetes. Kemangi yang biasanya dikonsumsi sebagai lalapan, memiliki kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, sehingga kadar gula menjadi stabil.


 

Untuk memanfaatkan daun kemangi sebagai obat herbal diabetes, cukup mudah: cukup digunakan sebagai lalapan dan konsumsi bareng dengan makanan lain sehari-hari.

6. Daun Salam

Daun salam juga adalah salah satu obat herbal diabetes yang banyak digunakan. Manfaatnya sangat besar, selain dimanfaatkan untuk menambah aroma berbagai macam masakan, ternyata daun salam bisa dipergunakan untuk mengatasi penyakit kulit dan diabetes.

Kandungan tannin, eugenol dan flavonoid daun salam, sangat ampuh dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara cepat.

Cara memanfaatkan daun salam untuk obat diabetes cukup mudah, yaitu:

  • Rebus 5-7 helai daun salam bersama 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas saja
  • Minuman air rebusan daun salam secara teratur 2 kali sehari.

7. Kunyit

Kunyit yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita ini, bisa dijadikan obat herbal untuk mengobati penyakit diabetes. Caranya dengan merebus 1 liter air bersama 1 rimpang kunyit dan setengah sendok garam, hingga mendidih.

Biarkan hingga dingin dan minumlah air rebusan kunyit tersebut setengah gelas saja. Minum secara teratur dua kali seminggu, agar kadar gula darah penderita diabetes  menjadi stabil. Ramuan ini juga bisa mencegah komplikasi penyakit lainnya.

Demikian informasi singkat mengenai beberapa jenis obat herbal diabetes yang dapat mengobati penyakit ini dengan cepat dan tanpa efek samping.

Tulis Komentar