Daftar Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Obat herbal kolesterol bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah secara alami. Seperti diketahui obat herbal memiliki khasiat yang tidak kalah hebat dari obat farmasi, bahkan memiliki kelebihan yakni lebih murah dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Itulah sebabnya di masyarakat ada banyak penderita kolesterol tinggi yang lebih memilih mengkonsumsi obat herbal ketimbang obat kimia.



Saat ini terdapat beberapa jenis obat herbal kolesterol yang telah dikemas dalam bentuk pil ataupun bubuk dan diperjualbelikan tanpa resep dokter.

Seperti diketahui kolesterol tinggi dapat menyebabkan impotensi pada pria dan memicu terjadinya penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, dan diabetes.

Dengan mengkonsumsi obat tradisional ataupun obat herbal kolesterol maka kemampuan, stamina dan kesehatan akan menjadi lebih baik.

Setiap penderita kolesterol tinggi terutama yang telah menderita penyakit lain seperti diabetes dan impotensi perlu berkonsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal untuk kolesterol tinggi sebab beberapa jenis obat herbal tersebut bereaksi terhadap obat kimia tertentu jika dikonsumsi bersamaan.

Banyak penelitian dan studi yang telah dilakukan untuk meneliti kehebatan obat herbal kolesterol. Beberapa diantaranya menemukan kandungan obat herbal tersebut terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.


 

Untuk lebih jelas, berikut ini daftar beberapa jenis obat herbal yang terbukti ampuh mengatasi kolesterol tinggi.

Obat herbal kolesterol tinggi

Daftar obat herbal untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam darah

1. Bawang putih

Menurut beberapa penelitian, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol beberapa persen, sayangnya penurunan tersebut berlangsung sebentar saja atau dalam jangka pendek.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat memperpanjang perdarahan dan menyebabkan terjadinya pembekuan darah.

Itulah sebabnya baik bawang putih ataupun suplemen yang mengandung bawang putih tidak boleh dikonsumsi sebelum operasi atau dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah seperti Coumadin.

2. Guggulipid

Guggulipid adalah getah dari pohon mukul mur (dupa). Getah ini telah digunakan selama lebih dari 3.000 tahun lalu dalam sistem pengobatan Ayurdevic di India. Dalam studi klinis diketahui bahwa Guggulipid secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Beberapa peneliti meragukan studi klinis tersebut dan menyebutnya tidak memenuhi kriteria untuk mendapatkan validitas ilmiah. Meski demikian penggunaan Guggulipid sebagai obat herbal kolesterol tetap diterima di masyarakat.

3. Beras merah

Sebuah studi menyebutkan bahwa ragi beras merah dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Beras merah diketahui memiliki kadar karbohidrat yang lebih sedikit dibandingkan beras putih tetapi memiliki nilai energi yang jauh lebih besar. Beras merah juga lebih kaya protein yang membuatnya lebih berkhasiat dibandingkan beras putih.

Semua penderita kolesterol tinggi seharusnya mulai mengganti beras putih dengan beras merah untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit-penyakit lain seperti diabetes dan impotensi.

4. Policosanol

Policosanol diketahui sangat efektif menurunkan kolesterol LDL dalam darah. Obat herbal kolesterol ini berasal dari tebu yang banyak tumbuh di benua Amerika. Policasonal telah lulus uji klinis dan dapat digunakan sebagai obat herbal penurun kolesterol yang aman dan juga efektif.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai obat herbal kolesterol. Tumbuhan kunyit bermanfaat untuk melancarkan darah dan menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah.

Meramu sendiri kunyit menjadi obat kolesterol sangat mudah, anda cukup menyiapkan 10 gram kunyit segar kemudian bersihkan dan iris sampai tipis.


 

Lalu rebus kunyit tersebut bersama 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan kemudian saring dan minum sekaligus. Lakukan selama 3 bulan, 3 kali sehari.

Obat Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ada banyak jenis obat farmasi yang sering diresepkan dokter untuk menurunkan kolesterol, sayangnya kebanyakan dari obat tersebut menimbulkan efek samping seperti pusing dan kelelahan.

Itulah sebabnya kebanyakan penderita kolesterol tinggi lebih senang meramu sendiri obat tradisional untuk menurunkan kolesterol mereka.

Salah satu obat tradisional paling mujarab yang memiliki khasiat sebagai penurun kolesterol adalah daun salam. Daun ini sering digunakan di dapur sebagai pengharum dan meningkatkan cita rasa makanan. Sebagai obat herbal kolesterol, daun salam dapat diolah menjadi minuman tradisional.

Bahan:

  • 7 lembar daun salam
  • Air biasa 600 cc

Cara pembuatan:

Cuci bersih daun salam kemudian rebus bersama dengan 600 cc air sampai air tersisa 300 cc. Konsumsi setiap hari secara teratur maka kadar kolesterol akan turun dengan cepat.

Masih banyak obat tradisional lainnya yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah seperti alpukat, kubis, akar manis, labu siam dan sambiloto. Perlu diperhatikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan pengobatan yang diambil.

Demikian ulasan singkat mengenai daftar obat tradisional dan obat herbal kolesterol untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Komentar dan Tanggapan

  1. Andy February 15, 2016

Tulis Komentar