4 Jenis Obat Herbal (Tradisional) Untuk Menyembuhkan Sakit Ginjal

Jenis Obat Herbal (Tradisional) Untuk Menyembuhkan Sakit Ginjal
Salah satu cara ampuh menyembuhkan penyakit ginjal adalah menggunakan obat herbal atau tanaman tradisional.

Pemilihan metode ini bukan tanpa sebab. Selain karena biaya pengobatan ginjal yang mahal terutama jika penderita wajib cuci darah (dialisis), efek samping dari pengobatan kimia juga berbahaya dalam jangka panjang bagi tubuh.


 

Dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa obat herbal dari tanaman tradisional untuk menyembuhkan penyakit ginjal secara alami.

Obat Herbal Penyakit Ginjal

Memiliki masalah pada ginjal akan menghambat aktivitas sehari-hari. Pada orang yang mengalami gagal ginjal akut harus menjalani perawatan sehari-hari seperti cuci darah dan menghindari pekerjaan berat.

Belum lagi potensi efek samping akibat penyakit tersebut. Beberapa orang bahkan sampai pingsan ketika mengetahui kencingnya berubah warna seperti darah. Hal tersebut sering dialami oleh orang yang kurang konsumsi air.

Hal-hal tersebut menyebabkan banyak orang yang berusaha mencari obat alternatif penyakit ginjal selain yang telah disediakan oleh dokter

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis obat herbal penyakit ginjal yang perlu diketahui:

Daun keji beling

Mungkin Anda tidak memiliki gambaran yang jelas tentang daun ini.

Daun keji merupakan daun dari tumbuhan perdu yang tumbuh dan ada di Madagaskar dan kemudian merambah Indonesia, serta Malaysia.

Ukurannya tidak begitu besar, hanya saja setiap dahan diperkirakan mampu menurunkan resiko penyakit ginjal yang sangat kuat.

Pada umumnya daun tersebut digunakan sebagai anti diabetes, anti oksidan, anti mikroba, dan antisipilis.


 

Cara menggunakannya adalah dengan membuatnya menjadi teh dari daun keji. Selain memiliki rasa yang menarik, teh daun keji juga sangat fleksibel digunakan sebagai teman bekerja atau saay melakukan tugas di rumah. Harapannya bisa mengatasi masalah ginjal lebih cepat.

Selain dibuat menjadi teh, daun keji juga sering digunakan dalam bentuk obat tradisional. Meskipun tidak sesegar ketika meminum teh keji, manfaat yang dihasilkan dalam bentuk obat lebih besar untuk mengatasi masalah ginjal.

Obat ini juga secara efektif bekerja pada batu ginjal dengan cara menghancurkan kandungan batu yang terdapat pada ginjal seseorang.

Untuk membuatnya, Anda harus mencampurkan dengan beberapa resep, yaitu 7 lembar daun keji beling, 40 lembar daun kumis kucing, 5 batang meniran dan juga akarnya serta satu potong rimpang kunyit.

Bersihkan semua bahan yang telah disiapkan dan rebus dengan 4 gelas air. Biarkanlah beberapa saat agar air menyusut hingga 3 gelas. Selamat, obat herbal sakit ginjal kini dapat Anda rasakan manfaatnya.

Daun dadap

Jenis Obat Herbal (Tradisional) Untuk Menyembuhkan Sakit Ginjal3

Daun dadap erat hubungannya dengan masalah kewanitaan, seperti memperbanyak jumlah kandungan ASI ketika mengasuh bayi dan memperlancar proses haid.

Bagi Anda yang memiliki masalah tidur, daun ini juga memiliki khasiat yang baik untuk diterapkan.

Ternyata sejumlah penelitian menemukan fakta lainnya, bahwa daun dadap juga dapat menyembuhkan batu ginjal.

Untuk membuatnya, biasanya daun dadap dicampur dengan beberapa resep masakan atau menjadi menu utama untuk sebuah sayuran.

Kedua cara tersebut menguntungkan setiap konsumen, karena masih dapat dinikmati dengan sejumlah sayuran dan makanan. Selain dicampur dengan bahan masakan, daun dadap juga bisa digunakan sebagai obat herbal.

Cara memasaknya adalah Anda harus menyiapkan 5 lembar daun dadap dengan 3 lembar daun cocor bebek serta 3 potong rimpang kunyit untuk kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus.

Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya, minimal 2 kali sehari. Cara ini sangat efektif ketika Anda memiliki gangguan ginjal yang masih bisa menggerakkan dirinya.

Daun gempur batu

Daun gempur batu

Daun ini memiliki kandungan zat kalium yang sangat efektif untuk menghancurkan batu ginjal. Bernama latin Borreria hispida Schum, daun gempur batu diklaim sebagai daun yang paling efektif memerangi penyakit ginjal, baik ringan maupun berat. Terlebih lagi , masih banyak yang berobat dengan daun tersebut juga merupakan bukti yang sangat kuat orang tersebut.

Untuk konsumsi pada umumnya, daun gempur batu memang tidak dicampur dengan bahan makanan apapun. Namun, khasiat yang dimiliki sangat besar bagi penyembuhan penyakit ginjal. Biasanya dalam waktu sekitar 2 bulan kurang seseorang sudah terlepas dari permasalahn pada ginjal. Oleh karena itu, daun ini khusus dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Car membuatnya tidak sulit. Pertama Anda membutuhkan 7 lembar daun gempur batu, 7 lembar daun kembang buang, dan 30 gr semanggi hitam, jangan lupa air sebagai organ yang penting dalam membuat obat herbal.

Campurkan semua bahan tersebut, kemudian rebus hingga air rebusan menyusut menjadi setengahnya dari keadaan semula. Untuk proses penyembuhan yang paling efektif, biasakan meminum 2 kali sehari.

Daun alpukat

Daun alpukat

Selain buahnya, ternyata alpukat memiliki daun yang berguna untuk penyembuhan penyakit ginjal.

Memang daun alpukat tidak begitu terkenal karena tidak bisa dicampur oleh masakan apapun, sementara ukuran nya cukup besar. Anda harus membuat obat herbal untuk merasakan khasiat terdalamnya.

Untuk membuatnya, cobalah sediakan beberapa resep sebagai berikut :

7 lembar daun alpukat dengan 100 ml air panas, seduh daun alpukat dengan air panas. Tunggu beberapa saat hingga air terlihat mendidih. Setelah itu, Anda bisa menjalankan setiap 2 kali sehari.

Obat herbal merupakan jalan alternatif bagi penderita penyakit ginjal. Selain harganya murah, efek yang dirasakan juga lebih besar daripada hanya mengkonsumsi obat yang mendapat rujukan dari dokter.

Namun, Anda juga harus berhati-hati, agar tidak mengkonsumsi terlalu banyak, karena tidak akan berpengaruh bagi tubuh Anda nantinya.

Komentar dan Tanggapan

  1. sani January 3, 2017

Tulis Komentar