Jenis Obat Untuk Jerawat Ringan, Sedang dan Parah

Jerawat adalah salah satu gangguan kulit paling mengganggu yang sering muncul di berbagai bagian tubuh seperti wajah, punggung dan dada.

Pengobatan jerawat tergantung dari jenis jerawat yang diderita, apakah masuk kategori ringan, sedang atau parah.

Dokter yang menangani kadang mengkombinasikan pengobatan untuk mendapatkan hasil terbaik dan untuk menghindari bakteri berkembang karena mengalami resisten (kekebalan) terhadap obat yang diberikan.

Adapun jenis obat jerawat yang paling umum diberikan kepada pasien adalah lotion atau gel yang dioleskan ke wajah berjerawat. Selain itu, terkadang ada juga obat yang diminum berbentuk pil atau tablet, tapi jenis pengobatan ini sebaiknya dikonsumsi dengan resep dokter.

Meskipun tidak ada cara pasti bagaimana mengkategorikan jenis jerawat, kebanyakan orang (termasuk dermatologists) mengklasifikasikan gangguan kulit ini menjadi tiga jenis yaitu jerawat ringan, sedang, dan berat.

Obat jerawat ringan, sedang dan berat

Obat jerawat ringan, sedang dan berat

1. Jerawat ringan

Jerawat ringan adalah bentuk paling ringan dari jerawat. Penderita biasanya memiliki beberapa benjolan dan komedo dan muncul papula sesekali atau pustule, tapi tidak luas atau tidak sampai meradang.

Pada umumnya jerawat ringan tidak menimbulkan noda hitam pada wajah sehingga tidak ada bintik atau kista. Adapun yang termasuk jenis jerawat ringan adalah whiteheads, komedo, atau jerawat.

Cara mengobati jerawat ringan:

  • Bersihkan wajah dengan air hangat dan sabun ringan, seperti Dove atau Cetaphil
  • Terapkan benzoil peroksida (seperti Brevoxyl atau Triaz)
  • Aplikasikan asam salisilat (seperti Propa pH atau Stridex)

Jika perawatan ini tidak bekerja, Anda sebaiknya mengunjungi dokter. Dokter akan memberikan resep berupa lotion yang kuat atau krim. Dokte rjuga kemungkinan memberi anda resep berupa lotion antibiotik.

Advertisement

2. Jerawat sedang

Seperti namanya, jerawat moderat atau sedang tidak termasuk jerawat ringan tapi juga tidak parah dan tidak sampai meradang. Meski demikian jerawat ini jelas terlihat dan biasanya sangat mengganggu penderita.

Penderita biasanya memiliki beberapa papula dan pustula dan bahkan mungkin beberapa nodul. Penderita kemungkinan memiliki banyak komedo tertutup (berbentuk benjolan pada kulit) dan komedo. Meski demikian tidak semua jerawat moderat memiliki komedo.

Jerawat moderat bisa diderita oleh siapa saja pada rentang usia kapan saja. Pada remaja, jerawat moderat biasanya diiringi dengan munculnya komedo dan peradangan.

Jerawat sedang memerlukan perawatan dengan obat yang lebih kuat atau kombinasi dengan terapi. Karena adanya kista maka jenis ini lebih sering meninggalkan bekas luka. Karena itu dokter biasanya memberikan antibiotik yang diminum.

Pengobatan jenis jerawat moderat meliputi:

  • Menggunakan benzoil peroksida
  • Pengeringan jerawat besar dan kista oleh dokter
  • Menerapkan resep gel antibiotik, krim, atau lotion
  • Menerapkan resep retinoid
  • Menerapkan asam azelaic
  • Mengambil antibiotik oral yang diresepkan dokter
  • Konsumsi retinoid oral dengan resep dokter seperti isotretinoin/li>

3. Jenis jerawat parah (berat)

Jerawat yang meradang adalah bentuk paling parah dari jerawat. Kadang disebut jerawat kista, jerawat batu, jerawat nodular atau jerawat nodulocystic. Tidak peduli apa namanya, jerawat parah harus ditanggapi dengan serius. Kabar baiknya, jenis ini dapat diobati dengan metode tertentu.

Awalnya, penderita mengalami jerawat ringan dan akkhirnya menjadi parah dan mengalami peradangan. Penderita mengalami banyak papula, pustula dan komedo. Penderita juga memiliki nodul atau kista. Jenis jerawat ini dapat terjadi pada siapa saja, baik pada pria maupun wanita.

Ciri-ciri jerawat parah

Berikut ini beberapa tanda dan ciri jerawat parah (berat) yang perlu anda ketahui:

  • Jerawat tersebar secara merata dan luas pada wajah
  • Kulit pada wajah menjadi kemerahan dan meradang
  • Banyak jerawat yang dalam, meradang dan menyakitkan
  • Timbul jaringan parut
  • Obat jerawat biasa tidak mampu menyembuhkannya

Jerawat parah mudah menyebabkan jaringan parut, jadi penderita perlu segera mendapatkan pengobatan. Sayangnya jerawat jenis ini tidak mempan dengan obat OTC yang banyak di apotik. Sehingga penderita sebaiknya mengunjungi dokter kulit sebab jerawat parah harus ditangani secara agresif dengan obat tertentu.

Pengobatan untuk bekas jerawat

Ada banyak prosedur untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti laser resurfacing dan dermabrasi. Beberapa bekas luka dapat menyusut dan memudar seiring waktu yang berjalan. Tapi jika bekas luka cukup mengganggu penampilan anda, konsultasikan dengan dokter untuk kemungkinan anda mendapat rujukan ke dokter kulit atau ahli bedah plastik.

Kebanyakan perawatan untuk jerawat berat membutuhkan waktu yang cukup lama sampai sembuh total. Pada umumnya dibutuhkan 6 sampai 8 minggu sampai jerawat membaik. Beberapa obat dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih parah sebelum akhirnya sembuh.

Jika jerawat Anda masih belum membaik setelah beberapa kali mencoba dengan pengobatan lainnya, dokter mungkin menyarankan Anda mengambil retinoid oral, seperti isotretinoin. Dokter meresepkan obat ini sebagai jalan terakhir, karena memiliki beberapa efek samping yang jarang namun serius dan mahal.

Selain menggunakan obat apotik untuk menyembuhkan jerawat seperti dijelaskan di atas, anda juga bisa memilih obat jerawat alami untuk mengatasi gangguan ini secara permanen.

Tulis Komentar