5 Jenis Obat Medis Asam Urat yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang mengalami serangan penyakit asam urat, disarankan untuk banyak beristirahat dan jika perlu mengonsumsi obat medis asam urat yang diresepkan oleh dokter.

Untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul, Anda bisa mengikuti tips berikut ini :



  • Angkat tungkai Anda dan usahakan jangan sering terbentur.
  • Kompres sendi yang nyeri selama 20 menit dengan sekantong es.

Harap diingat, jangan mengompres lebih dari waktu tersebut dan menempelkan es secara langsung, karena bisa merusak kulit. Selain itu, segera minum obat yang diresepkan dokter, begitu Anda mengalami serangan nyeri sendi.

Ada beberapa obat yang umumnya dipergunakan untuk meredakan serangan radang dan nyeri akibat serangan asam urat, di antaranya :

  1. Obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS)

Kelompok obat anti inflamasi nonstrroid, antara lain indometasin, diclofenac, naproxen, dan etoricoxib. Namun, golongan obat tersebut juga memiliki efek samping, yaitu bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan sakit maag.

Bila serangan asam urat belum reda, penderita harus terus mengkonsumsi obat dan harus mengikuti anjuran yang disarankan dokter.

  1. Colchicine

Apabila setelah mengkonsumsi obat OAINS,  asam urat tak kunjung mereda, dokter biasanya akan memberikan resep obat medis asam urat lainnya, seperti Colchicine.


 

Obat ini, berkhasiat sebagai penghilang rasa nyeri dan mencegah pembengkakan. Efek samping yang ditimbulkan colchicine umumnya meliputi diare, sakit perut, dan mual. Efek samping obat ini biasanya akan timbul hanya jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

  1. Kortikosteroid

Selanjutnya, bila colchicine belum bisa meredakan serangan asam urat, alternatif lainnya, dokter akan meresepkan kortikosteroid, yang berbentuk tablet atau bisa dalam bentuk suntikan untuk memberikan efek lebih cepat meredakan.

Kortikosteroid jarang menimbulkan efek samping bila dikonsumsi dalam dosis rendah. Tetapi, penggunaan jangka panjang dan dosis tinggi, bisa menyebabkan penipisan tulang, kulit mudah memar serta berat badan akan semakin naik dan otot mudah lemas.

Obat medis asam urat

Obat medis asam urat

Obat Medis Asam Urat Generik

  1. Allopurinol

Allopurinol, banyak dijual di apotek. Cara kerja obat ini adalah menurunkan kadar asam urat, dengan mengubah zat purin menjadi asam urat.

Biasanya dosis  allopurinol akan mengalami pengingkatan tiap 3 hingga 4 minggu, tergantung kepada hasil pemeriksaan darah hingga asam urat menurun di bawah 360 umol/L. Asam urat pada umumnya akan benar-benar hilang hingga jangka waktu 1 sampai 2 tahun.

Allopurinol merupakan obat generik asam urat yang terbilang populer karena harganya yang murah. Pesaingnya barangkali hanya obat herbal, namun itupun kalau bahannya mudah diperoleh dan racikan tidak ribet.


 

Tetapi di balik harganya yang murah, obat ini memiliki efek samping.  Efek samping yang mungkin saja timbul ketika menggunakan allopurinol, antara lain sakit kepala, gangguan pencernaan, diare, dan ruam kulit.

Khusus ruam kulit, segera temui dokter jika Anda mengalaminya, sebab bisa jadi itu merupakan tanda alergi allopurinol.

Allopurinol, menjadi obat paling populer bagi penderita asam urat. Meski begitu, obat ini tidak bisa langsung menyembuhkan penyakit asam urat.

Fungsi utamanya adalah sebagai zat aktif yang bekerja untuk menurunkan produksi asam urat, dengan cara menghambat kerja enzim xantin oksidase yang memproduksi asam urat. Allopurinol berguna untuk terapi jangka panjang dalam mencegah timbulnya kembali serangan asam urat.

Selama mengkonsumsi allopurinol, serangan asam urat terkadang akan muncul. Ini disebabkan karena kristal yang ada pada tulang rawan sendi mulai menyusut. Namun, tak perlu cemas, rasa nyeri akan perlahan menghilang ketika kristal natrium urat sudah benar-benar bersih dari tubuh penderita.

  1. Probonecid

Cara kerja obat ini adalah dengan meningkatkan kemampuan ginjal, sehingga lebih mudah membuang asam urat.  Sedangkan efek samping penggunaan obat ini, adalah resiko penyakit batu ginjal, sakit perut, dan ruam kulit.

Mencegah penyakit asam urat dengan vitamin C

Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata vitamin C bisa dikonsumsi untuk mengatasi penyakit asam urat.  Vitamin C bekerja mengatasi asam urat, dengan cara meningkatkan kinerja ginjal dalam membuang asam urat yang ada di tubuh manusia.

Untuk mengatasi asam urat, dosis vitamin C yang dianjurkan adalah 500 miligram per hari. Konsumsi berlebih vitamin C juga bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan.

Namun untuk amannya, sebelum penderita mengkonsumsi vitamin C untuk mengatasi asam urat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Ini untuk mencegah masalah kesehatan penderita asam urat semakin parah, atau pengobatan yang sedang dijalaninya tdak boleh digunakan bersamaan dengan suplemen vitamin C. []

Tulis Komentar