7 Obat Tradisional Paling Ampuh Untuk Sembuhkan Sakit Gigi

Pernah mengalami sakit gigi? Bagaimana rasanya?  Yang pernah merasakan sakit tentu tahu kalau sakitnya tidak sebatas pada gigi dan gusi tapi juga sampai di kepala dan kadang emosi juga jadi tidak terkontrol.

Banyak sekali obat anti nyeri yang dijual di pasaran untuk meredakan keluhan sakit gigi. Namun sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi obat anti nyeri menjadi salah satu sebab terjadinya penyakit gagal ginjal.



Untuk itu, agar pengobatan tidak menimbulkan masalah di belakang hari, cobalah untuk menggunakan obat tradisional alami sakit gigi. Obat jenis ini tentu saja lebih aman dan kadang lebih murah harganya.

Bagi yang belum tahu, di bawah ini ada beberapa obat tradisional yang bisa kita coba untuk meredakan keluhan sakit gigi kita.

1. Minyak Batok Kelapa

Kedengarannya memang sedikit membuat dahi berkerut. Namun tahukah anda bahwa minyak batok kelapa cukup ampuh untuk meredakan nyeri karena sakit gigi.

Cara membuatnya cukup mudah, yakni:


 

  • Ambil batok kelapa
  • Bakar batok kelapa tersebut hingga mengeluarkan minyak
  • Ambil minyak tersebut dengan menggunakan kapas
  • Tempelkan minyak pada gigi yang berlubang

Reaksi obat tradisinal dari batok kelapa ini sangat cepat untuk mengatasi keluhan nyeri karena sakit gigi.

2. Bawang Putih

Bawang putih selain enak untuk digunakan sebagai salah satu bumbu masakan, juga ampuh digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Cara mengolah bawang putih menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan sakit gigi adalah sebagai berikut:

  • Kupas satu siung bawang putih yang cukup besar
  • Kemudian kunyah bawang putih mentah beberapa saat
  • Lalu buang kunyahan bawang putih tersebut.

Mengunyah bawang putih mentah berfungsi mengangkat bakteri yang tersimpan dalam gusi, dan memuntahkannya untuk membuang bakteri tersebut di luar.

3. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah salah satu obat tradisional alami untuk sakit gigi. Caranya ambil setetes minyak cengkeh dengan cotton bud atau kapas. Kemudian oleskan pada gigi yang berlubang selama kurang lebih 15-30 menit. Baru berkumur dengan air hangat.

Obat tradisional sakit gigi

Obat tradisional sakit gigi

4. Biji Alpukat

Buah alpukat diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya dagingnya yang enak dimakan, bijinya pun memiliki manfaat terutama untuk mengobati sakit gigi yang parah.

Cara membuat ramuan obat sakit gigi alami dari biji alpukat adalah sebagai berikut:

  • Ambil satu buah biji alpukat
  • Keringkan atau sangrai sampai kering
  • Lalu tumbuk hingga halus

Gunakan tumbukan biji alpukat tersebut untuk mengobati sakit gigi dengan cara menaruh taburan bubuk pada gigi yang berlubang.

5. Cabe Rawit

Cabe rawit mungkin hanya dikenal sebagai bumbu masakah yang rasanya pedas dan bikin masakan jadi gurih. Selain sebagai bumbu, cabe rawit ternyata dapat dimanfaatkan menjadi obat tradisional sakit gigi.

Cara mengolahnya cukup mudah, tumbuk cabe rawit hingga halus dan seduh dengan sedikit air. Ambil kapas kemudian colekkan pada cabe dan segera tempelkan pada gigi yang berlubang.


 

Bila anda tidak kuat dengan rasa pedasnya, lebih baik jika air seduhan tersebut digunakan untuk berkumur saja.

6. Getah Jarak

Memang cukup pahit membuat herbal sakit gigi dari getah jarak tapi khasiatnya sangat ampuh. Ambil sedikit getah jarak dengan kapas. Kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Dan rasakan keampuhan getah jarak tersebut. Rasa sakit pada gigi akan segera hilang.

7. Sereh

Sereh cukup mudah di dapatkan di pasar atau di kebun rumah. Caranya, ambil batang sereh bagian putihnya, kemudian geprek. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur tiap hari hingga rasa sakit pada gigi tidak ada lagi.

Sakit gigi pada umumnya tidak berbahaya tapi jika kambuh sakitnya luar biasa.

Untuk menyembuhkan sakit gigi anda bisa datang ke dokter gigi untuk menambal atau mencabutnya. Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi anda bisa mencoba obat tradisional atau herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan di sekitar kita.

Selain lebih murah dan lebih mudah diolah, obat alami ini tidak memiliki efek samping bagi kesehatan meski digunakan dalam jangka panjang.

Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat obat tradisional sakit gigi dari bahan tumbuh-tumbuhan, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Manfaat Buah Buahan February 26, 2016

Tulis Komentar